Horror Sejarah

Seram! Berani Kunjungi 10 Penjara Bawah Tanah di Indonesia Ini?

Penjara mungkin bukan sebuah tempat yang asing untuk kita ketahui lagi. Namun bagaimana dengan penjara bawah tanah? Saat ini rasanya tidak mungkin pihak kepolisian menggunakan penjara ini untuk memberikan hukuman kurungan pada pelaku kejahatan yang sudah divonis penjara. Namun meski tidak lagi digunakan, bukan berarti di Indonesia tidak ada penjara bawah tanah seperti yang sering kita lihat di film-film. Mau tahu penjara bawah tanah terseram yang ada di Indonesia?


10Penjara Bawah Tanah Benteng Vastenburg, Solo

Pada jamannya, Benteng Vastenburg ini adalah sebuah bangunan yang megah yang berfungsi sebagai pusat hubungan kota Semarang dan Solo. Bangunan ini juga pernah berfungsi sebagai pusat perdagangan serta landmark perkembangan kota kolonial. Hingga akhirnya termakan zaman dan waktu yang kemudian menjadikannya sebagai bangunan tua tak terurus. Di bawah benteng ini ternyata ada sebuah bungker luas yang difungsikan sebagai penjara bawah tanah pada zamannya.


9Penjara Bawah Tanah Benteng Pendem, Cilacap

Kota kecil nan relatif sepi seperti Cilacap ternyata memiliki warisan sejarah berupa gedung penjara bawah tanah di Benteng Pendem. Benteng Pendem sendiri sebenarnya bukan hanya ada di Cilacap, di kota kecil seperti Ngawi, Jawa Timur, pun juga terdapat Benteng Pendem. Karena dijadikan obyek wisata, penjara bawah tanah di Benteng Pendem Cilacap dilengkapi berbagai fasilitas wisata untuk pengunjung.


8Penjara Bawah Tanah Benteng Malborough, Bengkulu

Mungkin tempat ini memang tergolong sebagai salah satu obyek wisata, namun perlu Anda tahu bahwa Penjara Bawah Tanah Benteng Malborough di Bengkulu ini juga terkenal sebagai salah satu penjara bawah tanah terseram yang ada di Indonesia. Suasana semakin mencekam tatkala penjara bawah tanah ini didesain untuk bisa berada pada keadaan gelap selalu.


7Penjara Bawah Tanah Benteng Fort Rotterdam, Makassar

Tidak hanya di Pulau Jawa, penjara bawah tanah yang relatif seram yang ada di Indonesia ternyata juga tersebar sampai ke Makassar. Penjara Fort Rotterdam ini merupakan benteng yang dibangun dan berfungsi pada jaman kerajaan Gowa. Banyak kisah kelam tersimpan dalam bangunan ini, salah satunya adalah kisah ketika Pangeran Diponegoro harus rela mendekam di balik sel penjara bawah tanah benteng ini.


6Penjara Kalisosok, Surabaya

Bangunan satu ini memang dikenal sebagai bangunan tua yang dibangun pada masa pemerintahan Belanda. Penjara Kalisosok tergolong sebagai penjara tua yang angker dengan cerita sejarah yang memilukan karena penjara ini merupakan saksi bisu penyiksaan terhadap para pejuang kemerdekaan negara ini. Sampai sekarang, penjara ini dipercaya sebagai salah satu tempat terseram yang ada di Surabaya.


5Penjara Sukamiskin, Bandung

Penjara Sukamiskin yang ada di Bandung ini ternyata merupakan bangunan peninggalan Belanda yang pada sejarahnya pernah digunakan untuk mengurung presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Bangunan yang dibangun pada tahun 1918 ini memiliki setidaknya 552 ruang sel penjara. Ruang penjara bawah tanahnya khusus digunakan untuk penjahat yang tergolong berbahaya.


4Gedung Polwiltabes, Surabaya

Gedung Polwitabes di Surabaya adalah gedung kedua yang dikenal memiliki penjara bawah tanah. Setelah direstorasi, area bawah tanah yang merupakan bunker sebagai penjara bawah tanah ini tidak lagi dibuka untuk umum, termasuk untuk kunjungan umum yang ingin mengetahui area ini.


3Gedung Merdeka, Bandung

Satu lagi bangunan seram yang ada di Bandung, yaitu penjara bawah tanah yang ada di Gedung Merdeka. Gedung ini diwarnai oleh banyak tanda tanya mengenai cerita-cerita mistis yang menyelimuti, salah satunya adalah keberadaan penjara bawah tanah yang diyakini ada di bawah gedung ini.


2Museum Fatahillah, Jakarta

Museum satu ini lebih banyak dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta alias Museum Batavia. Dulunya, museum ini digunakan sebagai bangunan Balai Kota. Nuansa angker dan kepercayaan mistis tentang gedung ini ternyata sudah tersebar. Bangunan ini juga dikenal memiliki penjara bawah tanah.


1Gedung Lawang Sewu, Semarang

Pesona angker gedung ini memang sudah terkenal sampai pelosok negeri. Lawang Sewu yang dikenal sebagai gedung administrasi pada jaman kolonial Belanda sebenarnya berdiri di atas penjara bawah tanah yang sekarang benar-benar terabaikan dan dihuni oleh makhluk tak kasat mata. Tak heran jika wisata penjara bawah tanah di Gedung Lawang Sewu ini harus didampingi oleh guide khusus.


Sepuluh bangunan bersejarah di atas merupakan bukti bahwa negeri kita juga memiliki warisan budaya yang semestinya dijaga dan dilestarikan. Nilai-nilai sejarah di balik label angker seharusnya tak pudar dan menjadikannya sebagai tempat yang terabaikan.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!