Dunia & Peristiwa Tragedi

Seram! Ini 10 Kecelakaan Kapal Paling Tragis Sepanjang Masa

Pernahkah Anda mendengar mengenai kisah kecelakaan kapal paling tragis dalam sejarah? Kecelakaan ini bukanlah kecelakaan kapal biasa, melainkan tragedi yang memilukan. Di mana, ratusan bahkan ribuan nyawa melayang dalam satu waktu. Ada banyak penyebab kecelakaan, mulai dari faktor alam hingga kelalaian manusia. Namun, yang jelas, kecelakaan kapal paling tragis selalu menjadi kenangan buruk bagi mereka yang ditinggalkan. Sementara bagi pihak penyedia kapal, kecelakaan menjadi tamparan agar lebih baik.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui kisah selengkapnya, simak sederet kecelakaan kapal paling tragis di bawah ini.


10Lancastria

Tenggelamnya kapal Lancastria merupakan tragedi paling mengerikan dalam sejarah. Kapal yang mengangkut pengusis Perancis dan mengevakuasi pasukan Inggris ini tenggelam akibat bom yang dijatuhkan pesawat milik Jerman. Peristiwa memilukan ini terjadi pada 17 Juni 1940. Sedikitnya, 4.000 jiwa, yang terdiri dari 3.000 tentara dan 1000 warga sipil tewas. Tak heran jika kecelakaan ini dicap sebagai kecelakaan kapal paling tragis.


9SS Oria

Tenggelamnya SS Oria di bulan Februari 1944 di Cape Sounion ini tercatat sebagai salah satu bencana terburuk di Laut Mediterania. Pada saat kecelakaan, kapal SS Oria yang tengah digunakan untuk Konvoi di Perang Dunia II tak hanya membawa rakyat sipil, melainkan juga membawa 4.200 tahanan Italia, 60 tahanan Jerman, dan 30 penjaga dari Rhodes ke Piraeus. Faktor alam menjadi penyebab utama kecelakaan. Di mana kapal tenggelam setelah dihantam badai. Sebanyak 4.415 orang tewas dalam tragedi ini.


8Tamatsu Maru

Kapal yang diciptakan oleh Mitsubishi Heavy Industries ini tenggelam di laut lepas saat bertugas untuk operasi militer Jepang. Kala itu kapal tengah dalam perjalanan menuju Manila. Kecelakaan terjadi setelah kapal terpisah dari pengawalan konvoi dan diterjang hujan serta angin kencang dari arah selatan dan timur. Dalam peristiwa ini, 4.755 penumpang tewas. Tenggelamnya kapal Tamatsu Maru menjadi salah satu bencana terburuk selama Perang Pasifik.


7SS Ryusei Maru

Kapal SS Ryusei Maru yang tengah dalam perjalanan menuju Ambon dari Surabaya dan membawa sebanyak 6.600 tentara Angkatan Darat Kekaisaran Jepang tenggelam terkena tembakan torpedo milik kapal selam Amerika Serikat Rasher (SS-269). Peristiwa ini menewaskan sekitar 5.000 jiwa.


6Cap Arcona

Cap Arcona tenggelam bersama dengan Thielbek dan kapal peumpang SS Deutschland di laut Baltik pada bulan Mei 1945. Kecelakaan kapal ini menewaskan 5.000 penumpang.


5Toyama Maru

Toyama Maru yang digunakan sebagai kapal transportasi pasukan Jepang selama Perang Dunia II tenggelam dalam perjalanan menuju Okinawa. Saat tenggelam, kapal ini mengangkut lebih dari 6.000 personel dari Independent Mixed Brigade 44 dan menewaskan 5.400 jiwa.


4Junyo Maru

Kapal Junyo Maru tenggelam setelah  dihantam torpedo kapal selam Inggris HMS Tradewind di lepas pantai barat Sumatera, Samudera Hindia pada September 1944. Sedikitnya 5.620 orang tewas dalam peristiwa ini.


3Armenia

Tenggelamnya kapal Armenia menewaskan lebih dari 5.000 penumpang. Kejadian ini terjadi di tahun 1941, saat kapal yang mengangkut tentara Soviet yang terluka dan warga sipil dari Yalta ke Gurzuf dihantam dua torpedo dari pesawat pembom Jerman Heinkel HE-111H.


2Goya

Kapal Goya tenggelam karena kelebihan beban dan terhantam dua torpedo dari kapal selam Soviet L-3. Goya hancur menjadi dua bagian dan tenggelam dengan cepat sekitar tujuh menit setelah serangan pertama. Kecelakaan ini merenggut 6.700 jiwa dan tercatat sebagai bencana maritim terburuk sepanjang sejarah angkatan laut dunia.


1Wilhelm Gustloff

Tenggelamnya kapal Wilhelm Gustloff di bulan Januari 1945 di Laut Baltik menjadi kecelakaan kapal paling tragis sepanjang masa. Di mana, kapal ini tenggelam setelah terkena tembakan tiga torpedo dari kapal selam Uni Soviet S-13. Tragedi ini menewaskan lebih dari 7.000 jiwa.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of