Teknologi

Siap-Siap Ganti Profesi, 10 Pekerjaan Ini Akan Digantikan Robot

Perkembangan pesat teknologi belakangan ini telah banyak mengubah cara manusia dalam bekerja. Proses pekerjaan memang menjadi lebih mudah. Namun ternyata, tak sedikit pula sejumlah pekerjaan yang selama ini dilakukan oleh manusia, sekarang sudah bisa dikerjakan mesin. Berikut ini 10 pekerjaan manusia yang telah dan akan digantikan oleh tenaga robot.


10Karyawan pabrik

Dari tahun ke tahun, jumlah pekerja pabrik dalam industri manufaktur terus menurun tajam. Berbagai pekerjaan yang selama ini dilakukan karyawan pabrik memang telah digantikan oleh keberadaan mesin, yang mampu menyelesaikan tugas-tugas berat. Makanya, tak heran jika ada pabrik di China yang telah mengganti 90 persen pekerja manusianya dengan robot.


9Penjaga pintu tol

Kebijakan otomatisasi gerbang tol belum lama ini membuat puluhan ribu penjaga pintu tol di Indonesia terancam kehilangan pekerjaan. Hal ini terjadi karena pemerintah memberlakukan transaksi nontunai untuk pembayaran penggunaan tol. Sebagai ganti tenaga kerja manusia ini, dimanfaatkanlah mesin-mesin yang mendukung pembayaran dengan uang elektronik.


8Petugas pos

Perkembangan telepon, hingga kemudian surat elektronik, dan berlanjut pada ponsel cerdas yang mendukung layanan pesan singkat dan chatting, membuat kegiatan surat-menyurat terus semakin ditinggalkan masyarakat. Alhasil, petugas pos yang selama ini mengantarkan surat-surat dan kartu pos terancam kehilangan pekerjaan, dan alih profesi jadi kurir barang.


7Agen perjalanan

Kemunculan berbagai aplikasi pemesanan tiket pesawat, kamar hotel, hingga tiket kereta api yang dapat digunakan melalui ponsel cerdas, perlahan tapi pasti telah membuat keberadaan para agen perjalanan mulai tergantikan. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, masyarakat tidak perlu lagi repot dan membuang waktu untuk keluar atau singgah ke kantor agen perjalanan.


6Kasir

Di Indonesia, teknologi pembayaran otomatis dalam transaksi belanja memang belum terlalu familiar. Namun, di negara-negara Eropa, kehadiran teknologi ini telah memaksa para kasir di berbagai mal dan supermarket harus rela mencari pekerjaan baru. Setiap pelanggan bisa melakukan pembayaran self-service lewat mesin yang telah disediakan untuk belanjaannya.


5Operator telepon

Kecanggihan teknologi mesin penjawab saat ini telah mampu melayani para penelepon, dan kemudian menyambungkannya ke bagian atau pihak yang akan dituju. Tanpa disadari, peran operator telepon pun semakin terpinggirkan. Meski begitu, keberadaan mereka memang masih tetap diperlukan, sebagian besar biasanya akan ditugaskan menjadi customer service.


4Pekerja konstruksi

Siapa yang menyangka, sebuah sistem bernama SAM (Semi Automated Mason) telah hadir, dengan kemampuan hingga menggantikan dua sampai tiga pekerja kontruksi. Kemampuan utamanya, mesin robot ini dapat meletakkan 1.200 batu bata dalam sehari dengan kualitas lebih baik. Sedang pekerja manusia normal hanya bisa meletakkan 300-500 batu bata saja.


3Bintang film

Para penikmat film-film Hollywood tentu sudah mulai mengenal teknologi CGI yang canggih. Dengan teknologi, maka sosok-sosok yang selama ini hanya ada dalam khayalan, maka bisa menjadi sosok nyata dalam sebuah film. Bahkan, ‘menghidupkan’ kembali bintang film yang sudah meninggal, seperti Peter Cushing dalam film ‘Rogue One: a Star Wars Story’ (2016).


2Komposer musik

Sebuah robot bernama ‘Shimon’ telah diciptakan oleh seorang peneliti dari Georgia Tech, dengan kemampuan menyusun dan memainkan musik sendiri. Robot berlengan empat ini mampu menuliskan lagunya sendiri setelah mendengarkan permainan musik marimba yang berasal dari dirinya sendiri pula. Kehadirannya pun bisa menggantikan komposer musik.


1Sopir

Selama bertahun-tahun, sudah banyak perusahaan ternama, termasuk Google dan Delphi yang mengembangkan dan menguji mobil tanpa sopir. Belakangan, mobil tanpa sopir ini pun sudah ada yang mulai beroperasi dan disambut baik orang banyak. Dengan kelebihan bisa meningkatkan efisiensi dan keamanan, teknologi ini tentu akan mulai menggusur para sopir.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry