Budaya & Literatur

Sisi Lain Nusantara, Inilah 10 Desa Unik di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan lebih dari 74 ribu desa tersebar di seluruh penjuru wilayahnya. Setiap desa tentunya memiliki keunikan tersendiri baik itu budaya, kebiasaan, maupun masyarakatnya sendiri. Dalam upaya untuk menghargai perbedaan dan mengulik sisi unik dari Indonesia, berikut daftar 10 desa unik yang ada di Indonesia.


10Ponorogo: Desa Keterbelakangan Mental

Anda tentu sudah dapat menebak seperti apa desa ini, bukan? Fenomena unik yang dapat dilihat dari desa ini terletak pada banyaknya penduduk yang mengalami keterbelakangan mental. Desa  ini dapat Anda temui di Desa Patihan, Desa Pandak, serta Desa Sidoharjo yang ketiga-tiganya berada di Ponorogo.


9Bone: Desa Kepiting

Jika Anda mengira desa ini disebut Desa Kepiting karena merupakakan wilayah penghasil kepiting maka Anda telahsalah. Desa ini dijuluki Desa Kepiting karena keunikan dari penduduknya yang hanya memiliki dua jari yang menyerupai capit kepiting akibat kurang gizi sejak di dalam kandungan.


8Bali: Desa Trunyan

Di desa Trunyan Anda dapat menemukan banyak tengkorak manusia yang tersebar di mana-mana. Jika pada umumnya penduduk Bali mengkremasi tubuh orang yang telah meninggal, penduduk di Desa Trunyan membiarkan tubuh orang yang meninggal untuk membusuk di atas tanah dan uniknya, mereka yang telah berkunjung mengakui bahwa mereka tidak mencium bau busuk. Hmm..


7Toraja: Desa Kete Kesu

Serupa dengan Desa Truyan, di Toraja Anda juga dapat menemukan banyak tengkorak di desa Kete Kesu. Akan tetapi, di desa ini, tengkorak-tengkorak tersebut disusun rapi di sisi tebing di dekat desa tersebut. Semakin tinggi derajat seseorang yang meninggal tersebut, maka semakin tinggi jasad mereka akan diletakkan di tebing.


6Flores: Desa Wae Rebo

Di Flores, terdapat satu desa yang penduduknya masih tinggal di rumah tradisional bernama Mbaru Niang-Bundar. Desa tersebut adalah Desa Wae Rebo. Mbaru Niang-Bundar merupakan rumah adat yang terbuat dari alang-alang dengan bentuk kerucut dan tingginya dapat mencapai sepuluh meter.


5Jakarta Timur: Kampung Kembar

Kampung Kembar yang terletak di Kelurahan Malaka, Duren Sawit, Jakarta Timur ini memiliki 15 pasang kembar. Di kampung ini, Anda dapat menemukan kembar yang berusia 3 tahun hingga yang mereka yang telah berusia 49 tahun. Jadi, jangan heran jika Anda akan melihat banyak orang-orang dengan kemiripan yang sangat identik.


4Madura: Kampung Kasur Pasir

Di Madura, Anda dapat menemui tiga desa dengan sebutan Kampung Kasur Pasir. Julukan ini diberikan karena penduduk desa ini terbiasa tidur di atas pasir. Mereka meyakini bahwa dengan tidur di atas pasir, penyakit seperti pegal linu maupun rematik akan dapat sembuh.


3Yogyakarta: Desa Teletubbies

Desa Teletubbies atau kompleks rumah dome merupakan sebuah desa dengan rumah-rumah yang berbentuk dome yang menyerupai rumah teletubbies. Pada awalnya rumah berbentuk dome ini dibangun untuk warga pascagempa, namun saat ini telah dimanfaatkan sebagai kawasan objek wisata.


2Papua: Kampung Hujan

Desa Kwatisore yang terletak di Papuan ini dijuluki sebagai Kampung Hujan karena pada setiap sore, desa ini kerap diguyur hujan, bahkan pada saat musim kemarau. Oleh karena keunikan inilah, banyak orang yang datang berkunjung untuk membuktikan kebenarannya.


1Banten: Desa Baduy

Sewaktu Anda mengunjungi Desa Baduy, Anda dapat merasakan sensasi kembali ke masa di mana listrik belum ditemukan. Anda juga dapat menemui sungai-sungai yang jernih serta hutan yang lebat karena pada dasanya suku Baduy merupakan suku yang setia menjaga kelestarian alam.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda serta memberi gambaran mengenai desa-desa unik di Indonesia yang tentunya patut dikunjungi. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan salah satu desa unik ini sebagai destinasi wisata Anda selanjutnya ya!

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry