Flora & Fauna Unik & Aneh

Sssst… Ternyata 10 Binatang Ini Sering Dijadikan Brand Sebuah Produk, Lho!

Binatang tidak hanya makhluk hidup yang dijadikan sebagai sumber pangan, pelindung, dan penjaga keseimbangan alam belaka. Berbagai macam binatang yang sering kita temui masing-masing memiliki keunikannya. Baik perilaku dalam mencari makan, beradaptasi, hingga cara berkembangbiak masing-masing tidak sama dan memiliki caranya tersendiri.

Kehidupan binatang yang beriringan dengan kehidupan manusia menyebabkan binatang – binatang tersebut memiliki kesan-kesan dan nilai tersendiri bagi manusia. Beberapa diantaranya berasal dari akumulasi budaya, kepercayaan, hingga pengamatan akan insting dan perilaku binatang yang ternyata dapat kita teladani bersama.

Perilaku, cara berkembang biak, hingga sifat binatang sebenarnya menyiratkan makna tersembunyi didalamnya. Setiap fenomena alam yang terjadi sebenarnya mengajarkan kepada manusia akan banyak hal. Binatang saja memiliki sifat-sifat yang dapat diteladani, bagaimana dengan manusia?

Perilaku dan sikap unik binatang seringkali dijadikan sebagai simbol sekaligus pelajaran hidup bagi manusia. Simbol-simbol binatang yang dijadikan sebagai filosofi hidup sudah terjadi sejak zaman dahulu kala. Hingga di era modern kini, ternyata binatang banyak digunakan sebagai brand sebuah produk, lho.


10Gajah

hewanbrand10

Seperti kita ketahui bersama bahwa gajah adalah seekor binatang bertubuh besar dengan belalai yang panjang. Ukuran tubuhnya yang dapat dikatakan raksasa ternyata menyiratkan makna tersembunyi didalamnya. Tidak seperti spesies langka lainnya, gajah adalah salah satu binatang yang mudah ditemui dan tersebar di berbagai penjuru dunia.

Sejak zaman kuno, gajah telah lama dijadikan simbol beraneka macam kepercayaan. Misalnya lukisan gajah, ornamen gajah, dan patung gajah. Sejak zaman dahulu gajah memiliki aura yang magis dan tak tertandingi, terutama di wilayah Asia.

Coba Anda amati bangunan-bangunan lawas di Indonesia. Anda pasti dengan mudah menemukan dua sosok patung gajah pada sisi kiri dan kanan pintu masuk. Gajah dipercaya memiliki kekuatan yang ampuh untuk menangkal energi negatif dan ketidakberuntungan.

Gajah juga seringkali dijadikan sebagai sebuah simbol di dunia pendidikan. Dikalangan penganut agama Hindu, Ganesha (dewa berkepala gajah) merupakan dewa ilmu pengetahuan dan dihormati. Filosofi gajah hingga kini dijadikan sebagai simbol kebijaksanaan, pengetahuan, dan keberuntungan.

Tentu kita tidak asing melihat gajah dijadikan sebagai simbol institusi pendidikan. Misalnya saja simbol gajah yang digunakan oleh beberapa bimbingan belajar dan universitas.


9Kuda

hewanbrand9

Jika suatu saat Anda ditanya mengenai apa manfaat kuda, maka secara spontan Anda akan menjawab bahwa kuda dapat dimanfaatkan dalam hal tenaganya. Pada zaman dahulu pun masyarakat sudah memanfaatkan kuda sebagai alat transportasi. Kuda sering diidentikkan dengan kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan.

Kuda juga dikaitkan dengan simbol kegagahan dan kelincahan. Image kuda sebagai sesuatu yang gagah, kuat, tangkas, dan lincah membuat simbol kuda digunakan sebagai branding berbagai macam produk. Salah satunya adalah penggunaan kuda sebagai logo pada sebuah merk mobil ternama.

Kuda juga memiliki aura tersembunyi yang lain. Salah satunya adalah image kuda sebagai simbol keperkasaan pria. Tentu Anda tidak asing mendengar produk ‘susu kuda liar’ dari Sumbawa, bukan? Konsumen diharapkan akan mengasosiasikan produk susu dengan keperkasaan dan kekuatan bagaikan kuda. Dijamin, setelah minum susu kuda liar konsumen akan merasa menjadi laki-laki yang garang dan terdepan.


8Beruang

hewanbrand8

Beruang adalah binatang bertubuh gendut dengan rambut-rambut halus dan tebal yang menyelimuti seluruh tubuhnya. Beruang diidentikkan dengan keibuan, kehangatan, keberanian, sekaligus sebagai ‘apoteker alam’ bagi anak-anaknya.

Tentu Anda tidak asing melihat sosok beruang dijadikan sebagai figur yang dekat dengan anak-anak. Selain itu, figur beruang juga dijadikan sebagai brand sebuah produk susu kemasan siap minum yang cukup populer di Indonesia.


7Rubah

hewanbrand7

Rubah adalah salah satu jenis hewan karnivora yang berukuran kecil. Secara fisik, rubah memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan anjing. Rubah erat dikaitkan dengan kecepatan, kecerdasan, dan sosok ‘pemberi’. Selain itu, rubah adalah pelari yang cepat dan handal. Tak heran jika rubah dijadikan sebagai logo sebuah internet browser.


6Humming Bird

hewanbrand6

Hummingbird (dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan burung kolibri) adalah burung berukuran kecil yang sebagian besar hidup di daerah Amerika Utara. Burung ini juga memiliki warna yang menarik untuk dipandang.

Humming bird (burung kolibri) kerap diidentikkan dengan pembawa dan pengantar pesan, keefisienan, optimisme, dan kecantikan. Filosofi humming bird sebagai pembawa pesan cocok dijadikan sebagai brand sebuah sosial media dan ekspedisi pengiriman barang.


5Kuda Laut

hewanbrand5

Kuda laut merupakan spesies yang unik. Dikatakan spesies yang unik karena selama ini kuda laut jantanlah yang mengalami kehamilan dalam berkembang biak, bukan kuda laut betina. Kuda laut diidentikkan dengan percaya diri dan anugerah. Selain itu, kuda laut juga merupakan hewan yang setia dan monogami. Filosofi dan energi positif kuda laut ternyata pernah digunakan sebagai simbol salah satu BUMN milik pemerintah, lho!


4Elang

hewanbrand4

Elang merupakan salah satu jenis burung yang populer di Indonesia. Elang adalah burung pemangsa dan berdarah panas. Selain itu, burung elang adalah burung yang bertanggung jawab dan dengan sekuat tenaga akan menjaga anak-anaknya.

Elang digambarkan memiliki semangat yang tinggi, memiliki kekuatan yang super dalam pertempuran, dan digadang-gadang memiliki visi yang jauh ke depan. Hingga kini elang cukup banyak digunakan sebagai simbol perusahaan-perusahaan yang progresif dan selalu terdepan.


3Buaya

hewanbrand3

Buaya adalah salah satu reptil yang dapat hidup di dua alam yaitu darat dan air. Buaya adalah binatang pemakan daging. Buaya seringkali dikaitkan dengan perlindungan, inisiatif, agresif, berdaya juang, mudah beradaptasi, dan dapat bertahan dalam cuaca apapun. Hingga kini filosofi buaya telah diaplikasikan menjadi sebuah brand produk pakaian dalam pria yang cukup populer di Indonesia.


2Lebah

hewanbrand2

Lebah adalah hewan penghasil madu yang notabene adalah minuman terbaik kedua setelah ASI. Lebah memiliki filosofi “membantu”, penuh konsentrasi, suka membentuk komunitas, berorganisasi, dan subur. Saat ini penggunaan filosofi lebah telah diterapkan pada salah satu merk minimarket di Indonesia.


1Merpati

hewanbrand1

Merpati adalah salah satu hewan yang dapat dikatakan setia. Merpati diidentikkan dengan kasih, pembawa damai, energi yang lembut, dan perdamaian. Merpati sering digunakan sebagai simbol cinta dan pernikahan.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry