Mitos & Legenda

Ssstt… Masih Single? Ini Dia 10 Mitos Pelancar Jodoh yang Cuma Ada di Indonesia

Jodoh sebenarnya akan datang sendiri tanpa dicari ataupun diminta, semuanya sesuai pada waktunya dan biarkan takdir yang menentukan. Mempercayai mitos-mitos yang beredar dari tempat kita berasal dan secara turun temurun dari nenek moyang kita memang tidak ada salahnya, asal tidak berlebihan yah teman-teman.. Inilah beberapa kepercayaan yang masih di percayai oleh sebagian masyarakat Indonesia.


10Loncat dari atas Jembatan Cinta di Pulau Tidung

Pulau indah yang tidak terlalu jauh dari Ibu Kota ini memiliki Jembatan Cinta yang konon jika kita loncat dari jembatan tersebut maka akan segera bertemu dengan sang jodoh. Wah, kalau mau coba hati-hati yah dan yang pasti harus bisa berenang. Jangan lupa untuk mengajak teman-teman agar lebih ramai dan seru!


9Mencari Kenalan di Pohon Cinta, Kebun Raya Bogor

Teman-teman yang berada di daerah Jabodetabek bisa langsung dicoba nih! Khusus untuk para wanita dan laki-laki lajang saja loh yah. Kalian bisa mengunjungi Kebun Raya Bogor untuk rekreasi sekaligus test keberuntungan, siapa tau bertemu jodoh saat sedang duduk-duduk di dekat Pohon Cinta.


8Makan Cacing di Festival Bau Nyale

Kamu rela nekat? Tenang, kamu ga sendirian. Tradisi asli Lombok ini kebanyakan diikuti oleh warga setempat. Festival unik ini disebut Festival Bau Nyale dan hampir rutin diadakan setiap tahunnya. Warga akan menangkap cacing yang tersembunyi di lubang batu karang. Mitosnya, bila kalian berani memakan cacing nyale hasil tangkapan lomba tersebut kalian bisa segera bertemu dengan sang ‘jodoh’ dan bisa membuat kita awet muda.


7Mandi dan Minum di Sumur Enteng Jodoh

Well, bukan sembarang sumur, Kota Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat memiliki pesona wisata berupa pulau cantik bernama Pulau Karampuang dan memiliki Sumur Jodoh yang dipercaya bisa mempermudah dapat pasangan. Uniknya sumur ini terbagi menjadi 3 bagian karna memiliki air dengan 3 rasa, yaitu rasa tawar, payau dan asin. Penasaran bukan? Umumnya masyarakat mempercayai bahwa seseorang dapat ‘dipermudah’ mendapatkan jodoh setelah minum dan mandi di sumur ini.


6Berendam di Air Terjun

Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai banyak sekali air terjun didalamnya. Beberapa air terjun yang ada di indonesia memiliki beberapa kisah bersejarah dan misteri-misteri lainnya. Ternyata air terjun dianggap sebagai mitos bagi sebagian orang agar dapat segera bertemu dengan kekasih hati. Konon, mencuci muka dan berendam diair terjun dipercaya dapat mempercepat bertemunya jodoh loh. Mau coba?


5Makan Ketan Kuning Pengantin

Tidak diketahui awal mulanya, berebut ketan kuning  di kota Kebumen, Jawa Tengah tiba-tiba menjadi tradisi. Konon makanan tersebut dipercaya dapat membuat enteng jodoh bagi yang memakannya. Namun ketan kuning yang ini bukanlah ketan kuning biasa dan bukan juga ketan kuning sembarangan yang di jual di pasar ataupun diwarung pinggir jalan. Ketan kuning yang ini merupakan ketan kuning milik sepasang pengantin yang baru saja menikah. Ketan kuning biasanya dibuat hanya sepiring saja jadilah siapa cepat dia yang bakalan kebagian. Tradisi berebut ketan kuning ini telah turun temurun dilakukan hingga kini.


4Membasuh Wajah dengan Air Siraman Pengantin

Mitos ini banyak dipercayai oleh masyarakat Jawa. Ibu-ibu yang memiliki anak gadis biasanya akan meminta anak-anak mereka untuk berebut air sisa siraman pengantin tersebut. Hal ini dipercaya dapat membuat wanita tersebut cepat untuk menemukan jodohnya dan menyusul ke pelaminan.


3Menangkap Buket Bunga Pengantin

Melempar buket bunga merupakan salah satu tradisi orang indonesia yang meniru budaya kebarat-baratan. Wanita lajang yang belum mendapatkan jodoh akan berbaris demi menanti buket bunga yang dilemparkan ke arah mereka. Seseorang yang menerima buket bunga tersebut dipercayai akan segera didekatkan dengan jodoh mereka dan menyusul ke pelaminan.


2Mencuri Melati di Keris Pengantin Pria

Pernah dengar? Mitosnya apabila wanita ingin enteng jodoh yang harus ia lakukan adalah mencuri bunga melati di keris pengantin pria. Hm.. Semoga ga ketawan Pengantin wanitanya yah!


1Mencuri Melati di Sanggul Pengantin Wanita

Nah, tidak jauh beda dengan melati milik sang pengantin pria. Mitosnya kalau kamu mencuri bunga melati di sanggul pengantin wanita, kamu akan enteng jodoh. Jadi kalau adat pernikahannya bukan adat Jawa, sepertinya Mencuri Melati di Keris Pengantin Pria dan Mencuri Melati di Sanggul Pengantin Wanita agak sulit yah..


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.