Dunia & Peristiwa

Sudah Kenal 10 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia Ini?

Meskipun wanita seringkali dianggap sebagai pihak yang lemah, ternyata ada juga wanita-wanita yang berpengaruh di dunia. Mereka mengendalikan lembaga-lembaga besar dan berperan dalam pengambilan keputusan yang berdampak pada kehidupan orang banyak. Berikut daftar 10 wanita paling berpengaruh di dunia.


10Michelle Obama

wanitaberpengaruh10

Sebagai seorang ibu negara, Michelle Obama dikenal karena peran suaminya dalam dunia politik di AS. Meskipun demikian, Michelle pun memiliki karya sendiri khususnya untuk memerangi obesitas. Mantan pengacara ini adalah salah satu wanita paling berpengaruh di dunia karena aksi kemanusiaannya.


9Susan Wojcicki

wanitaberpengaruh9

Wanita paling berpengaruh selanjutnya adalah Susan Wojcicki. Ia telah memimpin Youtube mulai 2014. Wojcicki dikenal sebagai wanita yang cerdas dan tangguh dalam menjalankan bisnisnya. Tidak heran, ayahnya adalah seorang profesor di Standford. Susan Wojcicki disebut-sebut sebagai salah satu dari tujuh wanita yang memainkan peran vital dalam teknologi dunia.


8Sheryl Sandberg

wanitaberpengaruh8

Saat ini, Sandberg menjabat sebagai Chief Operating Officer Facebook. Ia mulai bergabung di jejaring sosial ini pada 2008 dan mulai mencuri perhatian hingga menjadi salah seorang direktur di Facebook. Sebelumnya, Sheryl bekerja untuk Google dan diajak oleh Mark Zuckerberg untuk masuk dalam bisnis Facebook. Ternyata, penilaian Zuckerberg tidak salah, Sheryl menjadi salah satu pentolan dalam majunya bisnis tersebut.


7Dilma Rousseff

wanitaberpengaruh7

Presiden Brasil ke-36 ini adalah salah satu wanita paling berpengaruh di dunia. Ia menghadapi banyak tantangan di Brasil dan berusaha untuk menyelesaikan itu dengan baik. Ia mulai menjabat sebagai presiden pada 2011 lalu. Rousseff sebelumnya adalah ekonom dan politikus Brasil yang berpengaruh.


6Christine Lagarde

wanitaberpengaruh6

Wanita ini adalah wanita pertama yang diangkat sebagai Managing Director IMF. Setelah dilantik, Lagarde menghabiskan banyak waktu pada tahun-tahun awalnya untuk mengatasi krisis di berbagai negara. Lagarde pun pernah menjabat sebagai menteri pada masa pemerintahan Nicolas Sarkozy. Oleh majalah Forbes, ia disebut-sebut sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia.


5Mary Barra

wanitaberpengaruh5

Mary Barra adalah perempuan pertama yang menjadi CEO di industri otomotif yaitu General Motors. Ia mulai memimpin industri tersebut pada Januari 2014. Barra pun dinobatkan sebagai manajer krisis terbaik oleh majalah bisnis Fortune dan mendapat gelar sebagai wanita paling berpengaruh di dunia bisnis oleh majalah yang sama.


4Janet Yellen

wanitaberpengaruh4

Wanita bernama Janet Yellen ini adalah perempuan pertama di Amerika Serikat yang menjabat sebagai Ketua Dewan Gubernur Federal Reserve. Seperti diketahui, Janet Yellen adalah seorang ekonom ternama di AS yang juga adalah pengajar di University of California. Ia dan suaminya, George Akerlof, dikenal sebagai pengamat ekonomi yang fokus pada penurunan angka pengangguran.


3Melinda Gates

wanitaberpengaruh3

Bersama Bill Gates, suaminya, Melinda mendirikan sebuah yayasan yang dinamai Bill and Melinda Gates Foundation. Yayasan yang mulai berdiri pada 1998 ini adalah lembaga swasta terbesar yang bergerak di bidang amal. Mereka memfokuskan diri pada perkembangan pendidikan, pembangunan, kesehatan, dan berbagai kegiatan kemanusiaan lainnya. Sebagai pendamping Bill, Melinda tentu sangat berpengaruh dalam pengelolaan yayasan tersebut.


2Hillary Clinton

wanitaberpengaruh2

Prestasinya sebagai wanita pertama di Amerika Serikat yang menjadi senator Amerika Serikat menjadikan Hillary Clinton sebagai wanita paling berpengaruh di dunia saat ini. Setelah itu, ia pun diangkat sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat yang ke-67. Istri mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton ini sebelumnya adalah seorang pengacara.


1Angela Merkel

wanitaberpengaruh1

Wanita ini adalah kanselir wanita pertama yang berkuasa di Jerman. Ia terpilih selama 3 kali berturut-turut dan belum pernah ada kanselir lain di Jerman yang terpilih sebanyak itu. Ia lahir pada 1954 dan memulai masa jabatannya pada 2005. Sebelumnya, ia pernah menjadi menteri dan anggota parlemen. Angela Merkel disebut-sebut sebagai wanita paling berpengaruh di dunia saat ini.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!