Kuliner

Sudah Mencicipi 10 Makanan Khas Yogyakarta Ini?

Makanan khas adalah salah satu oleh-oleh yang tepat untuk keluarga atau sahabat ketika pulang dari travelling atau berlibur. Yogyakarta adalah salah satu daerah tujuan wisata yang menyimpan banyak kekayaan termasuk kulinernya yang beragam. Jika Anda pernah berkunjung ke Yogyakarta, apakah Anda sudah pernah mencicipi sepuluh makanan khas Yogyakarta berikut?


10Bakpia

makanankhasjogja10

Bakpia adalah makanan khas Yogyakarta yang paling banyak dicari sebagai oleh-oleh. Jika Anda berkunjung ke kota pelajar ini dan ingin membawa buah tangan untuk keluarga atau sahabat, bakpia adalah makanan yang tepat. Kita bisa menemukan bakpia di seluruh penjuru kota Yogyakarta.


9Kipo

makanankhasjogja9

Kipo adalah makanan khas Yogyakarta, khususnya daerah Kotagede. Kipo ditengarai berasal dari kata iki opo (ini apa) yang kemudian menjadi nama dari makanan ini. Kipo adalah semacam jajanan yang terbuat dari tepung ketan dengan isi parutan kelapa dan dialasi oleh daun pisang.


8Gudeg

makanankhasjogja8

Gudeg tentu bukan nama yang asing. Gudeg adalah makanan dari nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan. Rasa gudeg manis dan biasa digunakan sebagai lauk.


7Yangko

makanankhasjogja7

Yangko adalah makanan khas Yogyakarta selanjutnya. Makanan ini terbuat dari tepung beras. Rasanya manis dan kenyal. Biasanya yangko berbentuk kotak dengan warna yang bermacam-macam. Yangko pun memiliki rasa seperti kue moci.


6Geplak

makanankhasjogja6

Geplak terbuat dari daging kelapa yang dicampur dengan gula. Penyajian geplak lebih menarik dengan beragam warna. Bisa dibilang, jajanan ini adalah jajanan yang manis. Bagi orang-orang yang tak terlalu senang dengan rasa manis mungkin kurang tertarik dengan makanan ini.


5Tiwul

makanankhasjogja5

Tiwul adalah makanan khas Yogyakarta, khususnya Gunungkidul. Tiwul terbuat dari singkong dan menjadi makanan pengganti beras bagi penduduk setempat. Penyajian tiwul biasanya dengan kelapa agar rasanya lebih enak. Tiwul pun divariasikan dengan gula merah atau rasa lain.


4Gatot

makanankhasjogja4

Gatot adalah makanan khas yang berasal dari Gunungkidul, Yogyakarta. Gatot juga terbuat dari singkong. Makanan ini biasanya dipadukan dengan tiwul. Warnanya hitam atau coklat dan berasa manis. Teksturnya kenyal dan aromanya sangat khas.


3Jadah Tempe

makanankhasjogja3

Jadah tempe adalah makanan yang terdiri atas jadah dan tempe bacem. Jadah terbuat dari ketan putih. Keduanya bisa dibilang serasi dan seringkali menjadi teman minum teh yang cocok. Selain tempe bacem, jadah pun bisa dimakan bersama tahu bacem.


2Oseng-oseng Mercon

makanankhasjogja2

Jika Anda adalah pecinta cita rasa pedas, cobalah oseng-oseng mercon. Makanan ini terdiri atas campuran daging dan lemak yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa pedas. Bagi yang belum pernah dan baru mau mencoba, siapkan air minum secukupnya ya.


1Cethil

makanankhasjogja1

Cethil terbuat dari tepung sagu. Makanan khas Yogyakarta ini diolah dan dicampur dengan berbagai warna. Pada bagian luar cethil ditaburkan parutan kelapa sehingga rasanya semakin enak. Tidak afdol rasanya berkunjung ke Yogyakarta tanpa mencari cethil.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Pie Susu Bli Man Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Pie Susu Bli Man
Guest

oseng oseng mercon kuliner yang pantang di lewatkan kalau berkunjung ke yogya