Traveling

Sudah Pernah ke 10 Danau Terdalam di Indonesia Ini?

Danau merupakan sejumlah air, bisa tawar atau asin, yang terakumulasi pada suatu tempat yang luas. Biasanya bisa terjadi karena gletser yang mencair, aliran sungai, atau adanya mata air. Biasanya danau digunakan sebagai sarana olahraga maupun rekreasi oleh penduduk sekitar danau tersebut. Di Indonesia sendiri ada banyak danau yang tersebar, mulai dari air tawar hingga air asin. Berikut ini merupakan 10 danau terdalam yang ada di Indonesia.


10Waduk Gajah Mungkur – Jawa Tengah

danauterdalamdiindo10

Waduk Gajah Mungkur merupakan sebuah waduk yang terletak di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Danau buatan ini dibuat demi membendung sungai Bengawan Solo pada tahun 1970. Danau seluas 8.800 hektar ini memiliki kedalaman sekitar 136 meter. Masyarakat memanfaatkan danau ini untuk kebutuhan pengairan seperti PLTA dengan kekuatan hingga 12,4 MegaWatt dan pemasok kebutuhan air minum di seluruh Kota Wonogiri.


9Danau Maninjau – Sumatera Barat

danauterdalamdiindo9

Danau Maninjau merupakan danau yang ada di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau vulkanik ini memiliki ketinggian 461,50 mdpl, sedangkan kedalamannya sebesar 169 meter. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, di danau ini terdapat cekungan yang terbentuk karena adanya letusan Gunung Sitinjau. Hal ini terlihat dari bentuk bukit di sekeliling danau yang menyerupai dinding.


8Danau Segara Anak – Lombok Timur

danauterdalamdiindo8

Danau yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi didengar, terutama bagi para pecinta alam yang sering mendaki gunung di Indonesia. Danau Segara Anak terletak di kawah Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Berada diketinggian 2.000 mdpl, danau ini memiliki kedalaman 190 meter. Ada berbagai jenis ikan yang memang dikembangbiakkan oleh pemerintah semerintah agar bisa menambah daya tarik tersendiri bagi para pendaki Gunung Rinjani yang melintasi danau ini.


7Danau Towuti – Sulawesi Selatan

danauterdalamdiindo7

Danau yang terletak di Sulawesi Selatan ini memiliki kedalaman maksimum sebesar 203 meter dengan luas 56.000 Ha. Saat ini, Danau Towuti telah ditetapkan sebagai kawasan Taman Wisata Alam yang juga dipakai untuk berbagai keperluan, seperti perikanan, PLTA, ekowisata, navigasi, dan sumber air sebagai kebutuhan domestik.


6Danau Ranau – Sumatera Selatan

danauterdalamdiindo6

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Sumatera. Danau ini terbentuk karena adanya gempa besar serta letusan vulkanik dari gunung berapi yang membentuk cekungan besar. Kedalamannya mencapai 229 meter. Jika dilihat secara geografis topografi, Danau Ranau merupakan perbukitan yang berlembah dan memiliki cuaca sejuk.


5Danau Singkarak – Sumatera Barat

danauterdalamdiindo5

Danau yang terletak di dua kabupaten di Sumatera Barat ini, antara Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, memiliki luas 107,8 107,8 km² dengan kedalaman 268 meter. Danau ini merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera. Air danau yang sebagian dialirkan melewati terowongan akan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Padang Pariaman.


4Danau Dibawah – Sumatera Barat

danauterdalamdiindo4

Masih dari Pulau Sumatera, danau ini memiliki kedalaman 309 meter. Danau Dibawah bersama-sama dengan Danau Diatas merupakan danau kembar yang ada di wilayah barat Pulau Sumatera.


3Danau Poso – Sulawesi Tengah

danauterdalamdiindo3

Danau Poso terletak di Provinsi Sulawesi Tengah. Danau ini mempunyai panjang 32 km dan lebar 16 km. Danau ini terletak pada ketinggian 657 meter di atas permukaan laut dan memiliki kedalaman maksimum 450 meter. Danau ini dijadikan sebagai tempat peternakan ikan belut, ikan sidat, dan ikan sogili terbesar di dunia. Selain itu, Danau Poso juga dikelilingi alam perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh.


2Danau Toba – Sumatera Utara

danauterdalamdiindo2

Danau yang satu ini memang begitu populer di Indonesia. Danau vulkanik ini memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, sedangkan keadalamannya maksimum 529 meter. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara karena dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.


1Danau Matano – Sulawesi Selatan

danauterdalamdiindo1

Danau Matano yang berada di Sulawesi Selatan merupakan danau yang memiliki kedalaman sejauh 600 m (1.969 kaki) dan 382 meter di antaranya di atas permukaan laut. Bahkan Menurut WWF, danau ini merupakan danau terdalam di Asia Tenggara serta terdalam kedelapan di dunia. Danau Matano terbentuk dari ribuan mata air sehingga tidak akan pernah mengalami kekeringan. Airnya juga sangat jernih. Danau ini dijadikan sebagai sumber daya alam yang sangat potensial.


Itu tadi beberapa danau terdalam yang ada di Indonesia. Kamu sudah pernah mengunjungi danau yang mana saja?

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.