Budaya & Literatur

Surprise… Inilah 10 Ritual Ulang Tahun Terunik dari Berbagai Negara

Ulang tahun adalah momen yang membahagiakan. Setiap tahunnya, manusia memiliki waktu sehari untuk memperingati hari kelahirannya. Momen ulang tahun dapat digunakan untuk merefleksikan diri menjadi manusia yang lebih baik.

Untuk memperingati hari kelahiran yang terkasih, seringkali kita menyiapkan surprise atau kejutan. Bentuk-bentuk surprise tersebut bermacam-macam. Mulai dari memberi hadiah secara cuma-cuma hingga ‘dikerjain’. Surprise ini nyatanya telah menjadi ritual ulang tahun yang selalu dilakukan.

Tidak hanya surprise, berbagai negara diseluruh dunia memiliki ritual ulang tahun uniknya tersendiri. Belum ulang tahun rasanya jika ritual unik tersebut belum dilakukan. Yuk, simak ritual ulang tahun terunik dari berbagai negara.


10Hadiah di Tempat Tidur

tradisiulangtahun10

Anak-anak di Denmark akan merasakan kebahagiaan saat ulang tahun. Pasalnya, mereka akan menerima hadiah dari kedua orangtuanya. Orangtua akan mengendap-endap dan masuk ke dalam kamar anak. Saat anak tertidur lelap, hadiah-hadiah akan diletakkan di sekitar tempat tidur.

Anak-anak akan terkejut saat bangun tidur keesokan harinya. Pagi hari mereka disambut dengan hadiah-hadiah. Uniknya, masyarakat Denmark juga memasang bendera di depan rumah jika ada yang ulang tahun, lho!


9Menyapu Tangga Bagi Pria Single

tradisiulangtahun9

Menyandang status single di Jerman ternyata merepotkan. Pria yang belum menikah dan berulang tahun ke 30 di Jerman akan melakukan ritual ulang tahun yang unik. Pria-pria tersebut akan diminta untuk menyapu tangga gereja maupun hall yang terdapat di perkotaan. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan ‘seberapa bersih’ mereka kepada gadis-gadis.

Teman-teman dari pria yang berulang tahun tersebut akan melemparkan sampah saat pria tersebut menyapunya. Maka, setiap pria di Jerman yang tiba-tiba menyapu tangga jalanan dan dilempari sampah dapat dipastikan single. Mungkin ritual ini dibuat untuk membantu pria-pria Jerman yang belum menemukan jodoh.


8Tanda di Dahi

tradisiulangtahun8

Di Nepal, seorang anak yang berulang tahun akan diberikan sebuah tanda di dahinya. Tanda di dahi tersebut menyiratkan arti keberuntungan. Tanda di dahi dioleskan dengan olahan yoghurt beras dengan beraneka macam warna.


7Menepuk Punggung dan Menempelnya dengan Sebuah Catatan

tradisiulangtahun7

Sewaktu sekolah, mungkin Anda pernah melihat seorang teman usil yang menempelkan sebuah kertas dipundak teman yang lain. Tulisan tersebut bermacam-macam. Mulai dari “Saya Gila” hingga “Saya Gak Laku-Laku”. Seseorang yang ditempeli sesuatu di punggungnya pada umumnya tidak sadar dan hanya terheran-heran jika melihat orang lain menertawainya.

Ternyata, hal serupa juga dilakukan di Skotlandia. Namun bedanya, hal ini dilakukan sebagai ritual tahun yang masih dilestarikan setiap tahunnya. Seseorang yang berulang tahun akan diberi tepukan hangat dan ditempelkan sebuah kertas berisi harapan dan doa.


6The Pinata

tradisiulangtahun6

Ritual ulang tahun yang satu ini sering kita lihat di film-film. The Pinata adalah salah satu figur yang dapat berupa karakter binatang, badut, atau orang yang terbuat dari tanah liat atau kertas yang dihias. The Pinata berasal dari Meksiko. Pinata disimbolkan dengan kebahagiaan dan keceriaan. Dalam Pinata diisi permen, mainan, atau hadiah.

Anak-anak akan berkeliling dalam pesta di bawah figur Pinata tersebut. Ulang tahun mencapai puncak kala seseorang berhasil memukul Pinata tersebut sehingga banyak hadiah dan permen akan turun layaknya hujan. Tidak hanya di Meksiko, Pinata juga sangat digemari bagi anak-anak yang berulang tahun di Panama.


5Menjewer Kuping

tradisiulangtahun5

Di Indonesia, menjewer kuping dilakukan sebagai bentuk hukuman orangtua terhadap anak yang nakal. Namun di Hungaria, seseorang akan dijewer kupingnya saat membuka kado. Satu per satu orang yang hadir akan membisikkan sesuatu yang biasanya berisi harapan dan doa. Semakin lama seseorang membisikkan doa, maka akan semakin terasa sakit kuping yang dijewer lama.


4Dilempari Tepung dan Telur

tradisiulangtahun4

Ritual ulang tahun dengan dilempari tepung dan telur sering djumpai di Indonesia. Pada umumnya, ritual ulang tahun ini dilakukan oleh remaja dan anak muda. Awalnya, teman-teman mereka akan memberikan ‘surprise’ terlebih dahulu. Bisa membuatnya marah, menyembunyikan sepedanya, hingga berpura-pura menjauhi seseorang yang ulang tahun tersebut.

Setelah surprise diberikan, dimulailah ritual ini. Para remaja dan anak muda akan beramai-ramai mengejar seseorang yang berulang tahun tersebut. Mereka akan melempari tepung dan telur. Seseorang yang berulang tahun akan terlumuri tepung seluruh tubuhnya.


3Menggantung dengan Posisi Terbalik

tradisiulangtahun3

Irlandia memiliki ritual ulang tahun yang unik. Seseorang yang berulang tahun akan ‘digantung’ dengan posisi terbalik. Kepala berada di bawah dan kaki berada di atas. Saat dalam posisi ‘menggantung’ tersebut, kepala akan dbenturkan pelan ke tanah sesuai dengan usianya. Ditambah lagi dengan satu benturan untuk menentukan ‘nasib’.

Hmmm.. kira-kira bagaimana ya jika seseorang yang berulang tahun di Irlandia sudah ‘banyak’ usianya?


2Membenamkan Wajah ke Kue Ulang Tahun

tradisiulangtahun2

Setelah prosesi ‘make wish’ dan tiup lilin, biasanya kue ulang tahun dipotong dan dibagi-bagikan. Namun di Venezuela, setelah acara tiup lilin, teman dan kerabat yang ikut merayakannya tiba-tiba membenamkan wajah seseorang tersebut ke kue ulang tahun.

Tak berhenti sampai disitu saja, kue ulang tahun dilempar-lempar kepada seseorang yang berulang tahun tersebut. Hingga akhirnya bagian wajah, rambut, hingga tubuh berlumuran dengan krim kue. Jadi seseorang yang mengetahui ritual tersebut akan siap sedia untuk ‘kabur’ agar tidak dilempari kue.


1Dilarang Berulang Tahun Tanggal 8 Juli dan 17 Desember di Korea Utara

tradisiulangtahun1

Pemilik hari ulang tahun tanggal 8 Juli dan 17 Desember di Korea Utara dapat dikatakan kurang beruntung. Pasalnya, pada kedua tanggal tersebut masyarakat Korea Utara tidak boleh berulang tahun. Hal ini dikarenakan tanggal tersebut merupakan wafatnya Kim Il- Sung dan Kim Jong-il. Tercatat sebanyak 100.000 penduduk Korea Utara merayakan hari ulang tahun diwaktu yang kurang tepat.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
TentikRula 25 Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rula 25
Guest

Hahaha menyapu tengga bagi para single. Derita jomblo.

Tentik
Guest

Hahahahah ngakak 😀

error: Sorry