Dunia & Peristiwa

Tak Sampai 10% Luas Pulau Bali, Inilah 10 Negara Terkecil di Dunia!

Ada lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Menariknya, di antara ratusan negara tersebut ternyata ada beberapa yang memiliki luas negara tak sampai 10 persen dari Pulau Bali yang hanya seluas 5.780 km persegi. Bayangkan saja, betapa kecilnya negara tersebut. Berikut ini daftar 10 negara terkecil di dunia berdasarkan data yang dirangkum World Factbook 2017.


10Malta

Berada di Laut Tengah, Malta merupakan salah satu dari tujuh negara kepulauan di wilayah itu. Luas negara dengan ibukota Valletta ini hanya 316 km persegi saja, namun berpenduduk 416.338 jiwa yang membuatnya menjadi salah satu negara paling padat di dunia. Belum lagi, ada banyak turis asing yang datang berlibur untuk menikmati pantai-pantai dan sejarahnya.


9Maladewa

Dengan luas hanya 298 km persegi, Maladewa pun jadi negara terkecil di benua Asia yang berpenduduk 392.709 jiwa. Selain itu, negara dengan ibukota Victoria ini juga menjadi salah satu negara dengan wilayah yang paling tersebar di dunia, karena ada 1.192 pulau karang di area sekitar 90 ribu km persegi. Namun, wisata pantainya amat populer di Samudera Hindia.


8Saint Kitts and Nevis

Negara ini jadi yang terkecil di benua Amerika, dengan luas hanya 261 km persegi. Berada di Laut Karibia, tepatnya berupa dua pulau di Kepulauan Leeward, Saint Kitts and Nevis dengan ibukota Basseterre dihuni oleh 52.715 jiwa. Dulu negara ini dikenal sebagai pengekspor gula utama selama berabad-abad. Namun, berubah jadi industri wisata dengan hotel dan resor.


7Kepulauan Marshall

Lokasinya ada di kawasan Oceania, tepatnya di Samudera Pasifik dengan luas sekitar 181 km persegi, terdiri atas ratusan pulau kecil yang tersambung dengan 29 karang atol. Namun, 74.539 jiwa penduduk Kepulauan Marshall hanya tinggal di 24 pulau saja. Negara dengan ibukota Majuro ini hidup dari industri kerajinan tangan, kopra, pengolahan ikan dan wisata.


6Liechtenstein

Berstatus sebagai salah satu negara terkaya di dunia dengan pendapatan per kapita 25 ribu dolar AS dan tingkat pengangguran terendah hanya 1,5 persen, ternyata Liechtenstein hanya seluas 160 km persegi dengan jumlah penduduk 38.244 jiwa. Negara kecil di Pegunungan Alpen yang terletak antara Swiss dan Austria ini pun mengandalkan parwisata dan keramik.


5San Marino

San Marino adalah republik tertua di dunia, yang telah berdiri sejak 301 M. Konstitusinya diberlakukan pada tahun 1600, dan juga jadi tertua di dunia yang masih berlaku. Namun, negara ini hanya memiliki luas 61 km persegi yang dikelilingi Italia, dengan penduduk 35.537 jiwa. Meski begitu, mereka masuk negara terkaya di dunia melalui industri wisata dan tekstil.


4Tuvalu

Terdiri dari lima atol dan empat pulau berpenduduk 11.359 jiwa, negara kepulauan ini pun hanya memiliki luas 26 km persegi. Titik tertinggi di Tuvalu yang beribukotakan Funafuti ini hanya 4,5 meter dari permukaan laut, tepat di Samudera Pasifik, Oceania, berada di timur laut Australia. Orang-orang yang berkunjung ke negara ini biasanya datang untuk berbisnis.


3Nauru

Tak hanya jadi negara terkecil di Oceania, Nauru juga merupakan negara kepulauan terkecil di dunia dengan luas hanya 21 km persegi dan jumlah penduduk 9.540 jiwa. Namun, dulunya negara ini terkenal sebagai penghasil fosdat utama dunia pada 1960-1970. Sayang, sumber daya alam itu kini sudah habis, yang mengakibatkan 90 persen penduduknya menganggur.


2Monako

Luasnya hanya 2 km persegi saja. Namun, ada 30.645 jiwa yang menghuni Monako, sehingga menjadikannya sebagi salah satu tempat terpadat dunia. Berada di sisi selatan Prancis yang berbatasan langsung dengan negara tersebut dan Laut Mediterania, Monako memang jadi tujuan favorit bagi miliarder dunia, karena merupakan pusat perjudian dan barang mewah.


1Vatikan

Inilah negara terkecil di dunia, sekaligus memiliki penduduk paling sedikit di dunia. Vatikan hanya seluas 0,44 km persegi dengan jumlah penduduk 1.000 jiwa. Letaknya sepenuhnya di dalam wilayah kota Roma, ibukota Italia. Namun, negara ini selalu ramai dikunjungi orang, karena menjadi pusat ajaran Katolik sedunia yang dipimpin Uskup Agung Roma, yakni Paus.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of