Dunia & Peristiwa Sejarah

Ternyata, Ada 10 ‘Manfaat’ dari Penjajahan yang Jarang Disadari!

Kolonialisme atau penjajahan selama ini dianggap negatif sebagai suatu kekejaman yang dilakukan bangsa kuat terhadap negara-negara lemah. Memang, dalam penjajahan selalu terjadi tindak perbudakan yang penuh kekejian. Indonesia pun pernah terbelenggu dalam kolonialisme Belanda selama 350 tahun dan dijajah Jepang selama 3,5 tahun. Namun, dari sudut pandang lain, ternyata juga ada 10 ‘manfaat’ dari penjajahan yang jarang disadari.


10Model pemerintahan

Tak banyak yang menyadari bahwa prinsip pemerintahan baik (good governance) dalam model demokrasi merupakan bawaan dari kekuatan kolonial Eropa. Sebagai bukti, Inggris yang selama ini punya banyak wilayah jajahan di Asia selalu membentuk pemerintahan yang sama dengan pemerintahan di Tanah Air mereka. Begitu pula Prancis yang menanamkan nilai-nilai Liberte, Egalite, Fraternite pada setiap wilayah kolonisasi mereka di benua Afrika.


9Pengobatan modern

Pada abad ke-19, Eropa sudah terdepan dalam pengobatan modern; Inggris menemukan sifat anti malaria pada kina hingga menjadi obat anti malaria satu-satunya yang paling efektif hingga saat ini, sedang Prancis sangat ahli dalam pengobatan tropis setelah membangun koloni di Afrika Utara. Sejak kedua bangsa itu menjadi kolonial, kesehatan masyarakat di semua wilayah penjajahan mereka pun mengalami kemajuan pesat dan diwarisi hingga kini.


8Pertumbuhan ekonomi

‘Koloanialisme’ era modern yang dijalankan China secara besar-besaran di abad ke-21, terutama dalam bidang ekonomi, juga mendatangkan manfaat terhadap pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara Afrika. Seperti di Zambia, ‘penjajahan’ ekonomi yang dilakukan oleh negeri Tiongkok itu telah menciptakan jutaan lapangan pekerjaan baru bagi warga pribumi. Sebagian lainnya juga terangkat dari jurang kemiskinan, berkat investasi China.


7Bahasa internasional

Bahasa Inggris telah dipakai di 106 negara yang kebanyakan adalah bekas jajahannya, sedang bahasa Spanyol digunakan oleh 31 negara, bahasa Arab modern di 58 negara, dan bahasa Prancis di 53 negara di dunia. Fakta ini menunjukkan bahwa kolonialisme telah membentuk bahasa internasional yang secara bersama-sama dipakai oleh hampir sebagian besar negara di seluruh dunia; meski bahasa-bahasa itu selalu dikaitkan dengan bangsa-bangsa imperialis.


6Karya seni modern

Penjajahan Prancis dan Inggris di Afrika telah membawa tampilan seni suku-suku Afrika ke Paris dan London di awal abad ke-20, yang kemudian menjadi inspirasi semua gerakan seni modern. Lalu, apa manfaatnya bagi tanah jajahan? Reruntuhan kuil-kuil di Afrika, hingga benda bersejarah dari Pantai Gading dan Benin itu telah memberikan ilham kepada para arsitek dan inspirasi pada semua orang. Hingga kini, semuanya telah jadi karya seni modern.


5Pengembangan infrastruktur

Jalanan, pelabuhan, rumah sakit, sekolah, dan universitas bekas milik penjajah hingga kini masih digunakan oleh warga pribumi yang dulu pernah dijajah. Dahulu, semua infrastruktur itu memang memberi manfaat bagi penjajah, tapi kini telah berganti memberi manfaat bagi yang dijajah. Negara-negara jajahan tinggal melakukan pengembangan infrastruktur handal itu, karena penjajah membangunnya untuk jangka panjang, sehingga masih bisa digunakan.


4Penaklukkan penguasa lokal

Tidak sedikit penguasa lokal yang selama ini menjajah suatu wilayah, bahkan secara brutal. Namun, dengan kedatangan kolonial, mereka pun takluk, sedang tanah jajahan mengalami pembangunan baru. Kondisi itu terjadi dalam kisah pendudukan Spanyol di Amerika Selatan. Mereka digambarkan sebagai banga Eropa haus darah yang membunuh jutaan rakyat Aztec. Tapi, tak banyak yang menceritakan penjajahan brutal yang pernah dilakukan bangsa Aztec.


3Penciptaan perdamaian

Beberapa kota suku Maya di Amerika Tengah diketahui saling bunuh sebelum kolonial masuk ke wilayah mereka. Hal yang juga terjadi di banyak wilayah jajahan lainnya. Namun, ketika kolonialisme dimulai, mereka pun akhirnya bersatu. Pada awalnya, karena terpaksa harus mengikuti keinginan penjajah, namun kemudian menjadi sebuah keniscayaan demi ingin mengusir penjajah. Kolonialisme terbukti telah menciptakan perdamaian di antara mereka.


2Wisata modern

Journal of Tourism History menyebut imperium telah memberikan kendaraan sempurna bagi pengembangan industri wisata global. Seorang pria bernama James Cook telah memulainya dengan menawarkan paket-paket wisata ke wilayah jajahan, yang menjadi konsep wisata modern. Kini, tanah-tanah jauh bekas jajahan negara Eropa tengah menikmati manfaat dari keeksotisan dan keromantisan negeri mereka yang diperkenalkan oleh para pelaku kolonial.


1Menyelamatkan jutaan nyawa

Tak banyak yang menyadari, ketika para pemimpin negara-negara Eropa mencari wilayah jajahan di Amerika Latin, Afrika hingga ke Asia, ternyata rakyat mereka hidup dalam masa-masa sulit. Prancis pernah merasakan manfaat dari kolonial Spanyol yang membawa bahan makanan ajaib bernama kentang dari negeri jajahannya, Peru, sehingga rakyat mereka pun selamat dari kelaparan. Kini, mereka seharusnya berterima kasih kepada negeri jajahan itu.


 

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.