Dunia Medis

Tidak Hanya Untuk Pijat, Ini 10 Manfaat Ajaib Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih sering digunakan untuk pijat maupun kerik. Tidak hanya itu saja, minyak kayu putih sering digunakan untuk menghangatkan bayi. Begitu pula aroma khasnya yang dapat meredakan mual diperjalanan.

Minyak kayu putih yang berasal dari pohon Eucalyptus ini memiliki bentuk daun yang cenderung oval. Daun tersebut dikeringkan, ditumbuk, dihaluskan, dan diekstrak. Ekstrak daun tersebut akan diolah menjadi minyak esensial. Minyak yang diperoleh harus diencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Mulai dari pijat, kerik, hingga aroma terapi ternyata minyak kayu putih memiliki 10 manfaat ajaib ini!


10Menyegarkan bau nafas

Salah satu cara cepat menyegarkan bau nafas selain sikat gigi adalah mengunyah permen. Pada umumnya, permen tersebut mengandung bahan yang dapat memberikan sensasi sejuk dan segar di mulut. Misalnya saja permen dengan kandungan fresh mint.

Minyak kayu putih mengandung antibakteri yang dapat menyegarkan bau mulut. Jika Anda perhatikan, kini minyak putih dijadikan sebagai bahan pasta gigi maupun obat kumur. Minyak kayu putih juga dapat mencegah munculnya plak dan melawan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang.


9Pembersih tangan

Minyak kayu putih juga dapat berfungsi sebagai pembersih tangan atau hand cleanser. Kandungan alaminya mampu membersihkan kotoran dan lemak yang menempel dikulit. Bagi Anda yang telah melakukan aktivitas selama sehari penuh pun dapat menggunakannya sebagai pembersih.

Tidak hanya itu saja, minyak kayu putih dapat dicampurkan ke dalam air untuk mandi. Anda dapat mencampurkannya dengan garam. Selain itu, kandungannya dapat meremajakan kulit kaki dan tangan.


8Memperlancar pernafasan

Kondisi sulit bernafas seperti asma dan sinusitis memang sering dialami oleh sebagian orang. Aroma dalam minyak kayu putih ternyata dapat membantu penderita asma. Minyak kayu putih mengandung senyawa kimia yang dapat ‘memblok’ atau mencegah munculnya gejala asma.

Namun, penggunaan minyak kayu putih untuk memperlancar pernafasan pada penderita asma harus disesuaikan. Hal ini disebabkan karena sebagian penderita asma memiliki kemungkinan alergi terhadap minyak kayu putih.


7Mengusir serangga

Serangga seperti nyamuk sering meninggalkan bekas gigitan yang membuat gatal. Begitu pula dengan lalat yang selalu hinggap di atas makanan dan dapat menyebabkan diare. Kedua serangga tersebut kerap merepotkan manusia karena menyebarkan penyakit.

Akibat efek yang ditimbulkan serangga itulah manusia sering mengusir dan memberantasnya dengan obat nyamuk maupun semprotan serangga. Namun, semprotan pengusir serangga memiliki senyawa kimia yang kuat dan dapat merusak kesehatan. Oleh sebab itu, kini semprotan pengusir serangga berbahan alami sudah tersedia.

Semprotan pengusir serangga tersebut berbahan minyak kayu putih. Semprotan ini diyakini dapat dijadikan sebagai alternatif semprotan serangga berbahan kimia yang sangat keras tersebut.


6Pembersih kain dan karpet

Tidak hanya membersihkan kotoran-kotoran tubuh, minyak kayu putih dapat menghilangkan noda di kain dan karpet. Bahkan, ia dapat melepaskan permen karet yang tiba-tiba menempel di sepatu Anda! Akan tetapi, tidak semua bahan kain dapat digunakan untuk membersihkan. Anda harus melakukan tes atau uji coba terlebih dahulu.


5Mengurangi Jerawat

Jerawat dan komedo yang membandel dikulit seringkali membuat kesal. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Menurut pakar herbalis dan pengarang buku ‘Herbal Medicine’ Andrew Chevallier, minyak kayu putih dapat mengatasi permasalahan kulit yang mengganggu termasuk jerawat.

Jika minyak kayu putih diencerkan, kandungan minyaknya dapat membantu memperbaiki kulit yang luka akibat jerawat sekaligus mencegahnya. Hal ini disebabkan minyak kayu putih mengandung antibakteri yang dapat mengusir munculnya jerawat.


4Pereda nyeri

Minyak kayu putih memiliki sifat analgesik yang alami. Analgesik adalah jenis obat untuk menghilangkan nyeri yang tidak harus menghilangkan aspek kesadaran. Analgesik juga mempengaruhi sistm saraf pusat sehingga manusia mengubah persepsi rasa sakit tersebut.

Minyak kayu putih dapat dimanfaatkan sebagai pereda nyeri yang digunakan dibagian luar tubuh. Minyak kayu putih dapat digunakan untuk meredakan nyeri otot, nyeri saraf, keseleo, arthritis.


3Penghilang bau sepatu

Jika suatu saat nanti Anda menemukan sepatu di rak yang sangat bau, Anda dapat menghilangkannya dengan minyak kayu putih. Encerkan minyak kayu putih dengan air. Basahkan kain lap dengan campuran minyak putih dan air tersebut. Atau Anda dapat memasukkannya ke dalam botol semprotan dan menyemprotnya.

Setelah itu, Anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari. Jika Anda tidak menyukai bau minyak kayu putih, Anda dapat menambahkan pewangi alami yang lain setelah kering. Sepatu Anda kini pun bersih dan bebas bau.


2Mengatasi herpes

Herpes adalah salah satu penyakit yang dapat menular. Herpes adalah penyakit yang dapat menimbulkan peradangan pada kulit kemudian ditandai dengan munculnya gelembung air secara berkelompok. Herpes sendiri menimbulkan gatal-gatal.

Ternyata herpes dapat diatasi dengan menggunakan minyak kayu putih. Campurkanlah minyak putih dengan air hangat. Kemudian, kompres campuran air hangat dan minyak putih tersebut. Letakkan kompresan air diatas kulit yang mengalami herpes. Gatal-gatal akibat herpes dapat reda dan membantu proses penyembuhan.


1Hair Nourishment

Kabar baik jika Anda memiliki rambut yang kering. Campurkanlah minyak kayu putih dan minyak kelapa atau olive oil dan oleskanlah pada rambut Anda. Minyak kayu putih memiliki kandungan alaminya untuk melembabkan rambut. Selain itu, minyak kayu putih dapat mencegah munculnya ketombe.

Beberapa pakar kesehatan rambut juga menggunakan ramuan minyak kayu putih satu jam sebelum mandi. Setelah itu, baru mereka menggunakan shampoo untuk menghilangkan sisa-sisa minyak kayu putih yang masih menempel di rambut. Penggunaan conditioner juga masih diperbolehkan setelah menggunakan minyak kayu putih untuk rambut.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry