Sosial

Tips untuk Membuat Rutinitas Makan Malam di Rumah

Untuk membuat suasana keluarga lebih hangat, setidaknya luangkan waktu beraktivitas bersama. Jadi, kamu bisa menikmati sebuah momen untuk duduk bersama dan berbagi momen spesial satu sama lain.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menyempatkan makan malam bersama sebagai sebuah rutinitas. Meskipun awalnya sulit, kamu bisa merasakan manfaatnya ketika sudah menjadikan hal ini sebagai kebiasaan yang dilakukan setiap hari.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selama makan malam berlangsung, mulai dari berbagi cerita sehari-hari, sampai mencari info harga tiket Sriwijaya Air untuk liburan akhir tahun. Nah, untuk menjadikan makan malam sebagai rutinitas, kamu bisa melakukan tips berikut ini.

5Buat Perencanaan Menu Makan Malam

Setiap membuat makan malam untuk keluarga, mungkin kamu seringkali kesulitan memikirkan kombinasi menu setiap minggunya. Mungkin awalnya menyenangkan saat dilakukan di minggu pertama, tapi mulai membingungkan saat masuk ke minggu berikutnya.

Nah, untuk mengatasi hal ini, ada baiknya kamu membuat perencanaan dengan membuat tabel perencanaan makan malam. Jadi, kalau harus mengulang menu di minggu selanjutnya pun, kamu bisa menambahkan variasi masakan lain yang tidak membosankan.

4Libatkan Semua Anggota Keluarga

Menyiapkan makan malam tidak hanya dimulai saat semua orang sudah duduk di meja makan. Rutinitas ini akan semakin menyenangkan saat kamu melibatkan semua anggota keluarga untuk mulai menyiapkan bahan masakan, mengaduk bahan makanan, sampai menyajikannya di atas meja makan.

Nah, rutinitas ini bisa membuat suasana makan malam jadi lebih hidup. Terlebih lagi, saat si kecil melihat ayahnya mencuci piring atau menyajikan makan di atas meja, akan jadi contoh yang baik dan bisa membuat anak jadi ingin terlibat.

3Luangkan Waktu Beraktivitas

Rencana makan malam tidak akan terwujud sebagai rutinitas jika tidak diupayakan. Semua orang harus membiasakan diri untuk meluangkan waktu beraktivitas dan tiba di rumah tepat waktu saat waktu makan malam tiba. Hal ini biasanya jadi hal paling sulit yang harus dibiasakan karena terhambat oleh lembur di kantor atau perjalanan dinas ke luar kota. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mengakalinya dengan melakukan video call singkat agar suasana makan malam tetap dirasakan bersama-sama.

2Jangan Berekspektasi Makan Malam Sempurna

Makan malam bersama tidak selalu berjalan sempurna. Mungkin saja ada suatu kesempatan saat si kecil rewel dan tidak mau makan. Saat lainnya, mungkin masakanmu gosong sehingga kalian harus menunggu delivery makanan pengganti sehingga waktu makan malam jadi terlambat. Hal-hal seperti ini pasti terjadi, tetapi usahakan untuk tidak menunjukkan rasa kecewa dan selalu memperbaikinya di makan malam selanjutnya.

1Rencanakan ‘Pesta’ Makan Malam di Akhir Pekan

Biasakan diri untuk membuat rencana makan malam yang spesial di akhir pekan. Buat menu masakan spesial atau buat makan malam dengan tema tertentu setiap minggunya. Kamu juga bisa membuat suasana makan malam lebih menyenangkan dengan memakai dekorasi peralatan makan yang menarik.

Nah, beberapa hal tadi bisa membuat rutinitas makan malam jadi lebih menyenangkan. Selain itu, kamu juga bisa menciptakan suasana keluarga jadi lebih hangat dengan menyempatkan waktu berkumpul bersama.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry