Budaya & Literatur

Top 10 Buku yang Dilarang Beredar di Sekolah

Dari novel modern sampai buku klasik, berikut adalah top 10 buku yang dilarang beredar di sekolah.


10Twilight

bukuterlarang10

Di tahun 2009, sekolah dasar Santa Sabina College di Australia mencekal novel romantis vampire Twilight. Ternyata para guru khawatir dengan nuansa seksual dan juga supernatural yang ada di novel ini. Mereka beranggapan bahwa Twilight bertentangan dengan ajaran sekolah tersebut. Bahkan, para guru juga mengadakan seminar dengan murid-murid senior untuk membahas novel ini.


9The Catcher in the Rye

bukuterlarang9

Novel klasik The Catcher in the Rye merupakan salah satu karya yang paling banyak ditentang di Amerika sejak dirilis di tahun 1951. Penyebabnya karena novel ini mengupas tema kontroversial tentang pemberontakan anak remaja. Perpustakaan mencekal buku ini karna dinilai mengandung banyak kata-kata kotor, adegan seksual, masalah moral, kekerasan dan okultisme. Pada tahun 1960, seorang guru di Oklahoma dipecat hanya karena dia membahas novel ini pada murid-muridnya.


8The Absolutely True Diary of a Part-Time Indian

bukuterlarang8

Novel karangan Sherman Alexie, The Absolutely True Diary of a Part-Time Indian, berkisah akan seorang remaja Indian asli yang meninggalkan rumahnya untuk belajar di sekolah kaum kulit putih. Para orang tua mendeskripsikan buku ini sebagai buku yang penuh dengan kata-kata atau adegan vulgar dan cabul, dan eksploitasi seksual yang melibatkan anak-anak di bawah umur. Meski sebenarnya novel ini didasarkan oleh pengalaman pribadi sang penulis saat masih remaja, dewan sekolah di Washington menarik buku ini dari kurikulum ajaran sekolah.


7The Fault in Our Stars

bukuterlarang7

Novel yang dipastikan bisa membuat Anda menangis ini bercerita tentang kisah romantis antara dua pasien kanker. Dikarang oleh John Green, novel ini dicekal di 8 sekolah yang tergabung dalam Riverside Unified School District di California. Alasannya? Alur cerita buku ini dianggap terlalu menyedihkan untuk anak-anak sekolah menengah.


6Berlin: The Downfall 1945

bukuterlarang6

Pihak berwenang di salah satu district Rusia, Yekaterinburg, melarang sekolah untuk memiliki buku karangan dua sejarawan Inggris bernama Antony Beevor dan John Keegan. Berlin: The Downfall 1945 sempat memicu kemarahan di Rusia karena mendeskripsikan kejahatan perang yang dilakukan Rusia secara terperinci, seperti misalnya pemerkosaan wanita Jerman. Surat kabar dan media di Rusia mengklain bahwa buku ini hanyalah plot untuk menebar kebencian atau kekecewaan terhadap bangsa Rusia.


5The Adventures of Captain Underpants

bukuterlarang5

Meski termasuk dalam buku seri untuk anak-anak, The Adventures of Captain Underpants malah dicekal di banyak sekolahan di Amerika pada tahun 2012. Buku ini berkisah tentang petualangan dua anak sekolah yang super iseng dan juga seorang superhero bernama Captain Underpants. Buku ini dilarang beredar karena mengajarkan dan mendorong anak-anak untuk tidak mematuhi aturan, dan juga karena banyaknya referensi ke “underwear”.


4And Tango Makes Three

bukuterlarang4

Buku ilustrasi ini dibuat berdasarkan kisah nyata tentang dua ekor pinguin jantan yang diberi sebuah telur untuk dipelihara. Sejak buku ini diliris pada tahun 2005, hubungan sesama jenis antara pinguin ini menimbulkan beragam kontroversi di Amerika dan juga Singapura. Baru di tahun 2015, buku ini dicekal di sekolahan di Venice oleh gubernur barunya bernama Luigi Brugnaro. Dia juga berjanji akan melarang peredaran buku-buku lainnya yang mempunyai tema hubungan sesama jenis, atau gay adoption.


3The Three Little Pigs

bukuterlarang3

Kepala sekolah Park Road Junior Infant School di Inggris, Barbara Harris, memerintahkan pembuangan semua buku yang mempunyai karakter babi dari kelas-kelas untuk anak di bawah 7 tahun. Alasannya karena dia takut kalau hewan ini (babi) menyinggung murid-murid yang beragama Islam. Sekolah ini yang memang mayoritas muridnya adalah Muslim, membuang semua buku klasik anak-anak termasuk The Three Little Pigs, Winnie the Pooh dan Babe.


2In The Night Kitchen

bukuterlarang2

Buku bergambar karangan Maurice Sendak bercerita tentang petualangan seorang anak laki-laki lugu untuk menggapai mimpinya melalui dapur roti. Namun di tahun 1970an, sekolah-sekolah dan juga perpustakaan di Amerika menolak untuk mengisi persediaan bukunya dengan In The Night Kitchen karena banyak memuat gambar tokoh utamanya tanpa busana. Para kritik tidak hanya memprotes hal ini, namun mereka juga mengklaim bahwa buku ini mengandung banyak simbol-simbol yang jika ditelaah maka buku ini sebenarnya bercerita tentang masturbasi.


1Merriam-Webster Dictionary

bukuterlarang1

Aneh tapi nyata, kamus Merriam-Webster yang seharusnya membantu para murid meluaskan kosakata-nya malah dicekal di sekolahan di California. Ternyata hal ini disebabkan karna komplain para orang tua yang berkata bahwa kamus ini memuat definisi akan oral sex. Hal ini memicu kemarahan mereka dan mereka beranggapan bahwa anak-anak seharusnya dilindungi dari bahasa eksplisit seperti ini.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of