Film dan TV Horror

Top 10 Film Horror Indonesia yang Ter-inspirasi dari Urban Legend

Bagi Anda penggemar film horror, pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa judul film horror yang terkenal di Indonesia. Namun tahukah Anda, ada beberapa dari film horror yang terinspirasi dari kisah nyata? Bahkan film tersebut laris manis di pasaran dan membuat penonton merasakan ketegangan yang luar biasa, tak sedikit yang memberikan pujian. Tak heran bila 10 film horror Indonesia kisah nyata ini begitu dicintai penggemarnya.


10 Hantu Boneka (2014)

Pada tahun 1980-an, terjadi kecelakaan di Jalan Babakan Siliwangi, Bandung menewaskan seorang anak kecil bernama Uci. Saat kejadian Uci tengah menyebrang sembari membawa boneka. Boneka Uci terlempar dan tergantung di sebuah pohon. Konon, jika seseorang melihat ke arah pohon tersebut, akan ada penampakan boneka menggantung yang diyakini sebagai boneka. Kejadian horror tersebut diangkat menjadi sebuah film tentang keluarga pindahan yang selalu dihantui oleh sepasang hantu yang tidak menyukai kehadiran mereka.


Hantu Nancy (2015)

Hantu Nancy merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah nyata di SMA 5 Bandung. Nancy merupakan seorang Noni Belanda yang meninggal bunuh diri. Cerita versi lain mengatakan bahwa Nancy merupakan korban pemerkosaan, ada juga yang menyebut Nancy korban pembantaian yang sangat keji. Film Nancy sendiri menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang melakukan uji nyali yang menyebabkan mereka diteror oleh hantu Nancy.


Ruqyah : The Exorcism (2017)

Film ini diangkat dari pengalaman pribadi seorang pekerja seni yang tinggal di Jakarta pada tahun 2012. Film Ruqyah bercerita tentang Mahisa yang berusaha menolong artis film bernama Asha karena merasa selalu diganggu oleh mahluk halus. Mereka pun berkonsultasi dengan ustad yang menyarankan Asha untuk segera diruqyah agar terbebas dari mahluk-mahluk yang mengganggunya.


Rumah Kentang (2012)

Rumah Kentang berasal dari kisah nyata dari sebuah rumah angker yang berada di jalan Aceh, Bandung. Ceritanya tentang seorang ibu yang tidak sengaja menjatuhkan bayinya ke dalam kuali saat memasak kentang hingga bayi tersebut meninggal dan gentayangan. Orang-orang yang melewati rumah tersebut selalu mencium aroma kentang goreng yang menyengat. Filmnya sendiri berkisah tentang 2 orang gadis yatim piatu yang tinggal di rumah kentang dan sering dihantui oleh penghuni rumah tersebut.


Mata Batin (2017)

Film horror Indonesia kisah nyata ini dirilis pada 30 November 2017. Bercerita tentang seorang gadis yang tinggal bersama adik perempuannya di rumah baru yang jauh dari tengah kota. Rumah tersebut adalah rumah yang pernah mereka tinggali sewaktu kecil. Namun, ada banyak kejanggalan di rumah tersebut di mana sering kali mahkluk tak kasat mata menampakan dirinya.


Rumah Pondok Indah (2006)

Film ini diangkat dari kisah nyata sebuah rumah di kawasan Pondok Indah yang terkenal angker. Filmnya berkisah tentang pengalaman keluarga kecil yang sering dihantui oleh mahluk halus. Dalam kurun waktu 24 jam seluruh keluarga tersebut tewas secara misterius. Peristiwa mengerikan terus berulang, meski rumah tersebut dijual ke pemilik yang baru sekalipun. Keangkeran rumah Pondik Indah semakin menjadi setelah beredar kabar bahwa pedagang nasi goreng yang berada di rumah tersebut menghilang secara misterius.


Hantu Jeruk Purut (2006)

Film ini berfokus pada cerita tiga sahabat anak muda mendatangi TPU setelah mendengar rumor mengenai hantu Pastor yang dapat dilihat jika mereka mengelilingi kuburan sebanyak 7 kali. Karena penasaran, mereka bertiga mencoba mengelilingi komplek tersebut, tetapi tidak bertemu dengan hantu yang mereka cari. Namun, benda-benda di sekitar kuburan mulai bergerak dan menghantui mereka.


Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

Seorang kaskuser bernama Genta mengalami pengalaman mistis penuh misteri setelah kantor tempatnya bekerja pindah ke gedung baru di Yogyakarta. Mulanya Genta membagikan ceritanya di forum Kaskus sebelum merilisnya dalam bentuk novel. Kisah ini kemudian diangkat ke layar lebar dengan persetujuan Keluarga Tak Kasat Mata.


Terowongan Casablanca (2007)

Film ini diangkat dari berbagai cerita mistis yang beredar di Terowongan Casablanca, Jakarta Selatan. Bercerita tentang kisah seorang wanita yang menjadi mahluk mengerikan setelah tewas dibunuh oleh kekasihnya. Pria yang dicintainya tersebut tidak mau bertanggung jawab atas anak yang tengah dikandungnya. Setelah membunuh, mayat korban dikubur di pemakaman Casablanca.  Kejadian tersebut terjadi sebelum terowongan Casablanca dibangun.


Si Manis Jembatan Ancol (1993)

Seorang gadis cantik bernama Siti Ariah menjelma menjadi hantu bernama Mariam setelah diperkosa. Pelaku kemudian membunuh Mariam dan membuang jasadnya ke pinggir laut ancol. Tokoh Siti Ariah tersebut ternyata adalah kisah nyata yang terjadi pada sekitar tahun 1817. Saking melegendanya, kisah Si Manis Jembatan Ancol juga dirilis dalam bentuk sinetron.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of