Mitos & Legenda

Top 10 Makhluk Mitologi Yunani

Sejak kecil sepertinya memang sudah ditanamkan di benak kita kalau Yunani (Greek) identik dengan Hercules dan juga monster atau makhluk mitologinya. Cerita rakyatnya juga sangat menarik dan melegenda sampai sudah banyak sekali film Hollywood yang bertemakan mitos dari Yunani ini. Untuk artikel yang satu ini, kita akan melihat top 10 makhluk mitologi Yunani.


10Sphinx

monstermitologiyunani10

Sama seperti yang ada di Mesir, Sphinx adalah monster dengan tubuh singa, sayap elang dan kepala wanita yang suka menyergap para pengelana dan memberi mereka teka-teki. Jika salah menjawab maka Sphinx akan menyantap mereka sampai suatu hari si monster bertemu dengan Oedipus yang berhasil menjawab teka-tekinya. Sphinx lalu terjun ke jurang karena berhasil dikalahkan dalam permainannya sendiri.

Teka-teki tersebut yaitu “Apakah yang mempunyai 4 kaki di pagi hari, lalu menjadi 2 di siang hari dan 3 di malam hari?”. Jawabannya akan saya berikan di akhir artikel ini.


9Cyclops

monstermitologiyunani9

Semua pasti sudah tahu dengan raksasa bermata satu pemakan manusia ini. Cyclops mempunyai kekuatan yang hebat dan luar biasa ganas. Kisah paling terkenal tentangnya mungkin terdapat dalam cerita petualangan Odyssey. Singkatnya Odysseus dan awak kapalnya mendarat di sebuah pulau yang ternyata dihuni oleh Cyclops. Raksasa ini lalu memperangkap mereka di dalam gua untuk menjadi lauk makan siangnya. Namun Odysseus berhasil kabur dengan cara bersembunyi di bawah perut domba.


8Chimera

monstermitologiyunani8

Chimera adalah makhluk hybrid antara singa, kambing, dan ular. Selain itu dia juga mampu mengeluarkan api dari mulutnya seperti naga. Menurut legenda, Chimera merupakan ibu dari Sphinx. Hidupnya berakhir tragis setelah dibunuh oleh Bellerophon dengan cara menusukan tombak selagi Ia membuka mulutnya untuk menyulutkan api. Nafas berapi-api dari Chimera melelehkan tombak tersebut dan menyebabkan makhluk ini tercekik dan mati.


7Empusa

monstermitologiyunani7

Tidak seperti makhluk lainnya di dalam artikel ini, Empusa mungkin kurang populer dan tidak tampil di cerita-cerita terkenal. Meski begitu, makhluk ini mempunyai perawakan yang mengerikan, dan juga hasrat yang menggebu-gebu untuk berpesta darah dan daging manusia.

Empusa sering digambarkan sebagai wanita cantik yang suka merayu laki-laki muda yang bepergian sendirian. Saat pemuda itu tidur, wanita cantik ini lalu berubah menjadi makhluk dengan gigi yang tajam, rambut menyala, ditambah dengan sayap kelelawar. Tidak perlu ditanya lagi bagaimana nasib dari pemuda tersebut kemudian.


6Hydra

monstermitologiyunani6

Anda mungkin telah lama mengenal Hydra dari film atau cerita tentang Hercules dimana Ia berhasil membunuh makhluk ini dengan cara memotong semua lehernya dan membakarnya dengan api untuk mencegah kepalanya tumbuh kembali. Di masa jayanya, Hydra adalah monster dengan perawakan seperti ular raksasa yang mempunyai bisa/racun mematikan, bahkan nafasnya pun sangat berbahaya.

Hydra juga memiliki kemampuan untuk menumbuhkan kembali anggota tubuhnya yang terpotong dengan kecepatan seperti halilintar. Dikatakan bahwa tiap kepala yang dipenggal, dua buah kepala akan tumbuh lagi.


5Charybdis & Scylla

monstermitologiyunani5

Meski mereka adalah dua monster yang berbeda, namun mereka begitu identik sehingga tidak mungkin untuk bercerita tentang salah satunya tanpa menyebutkan yang lainnya. Charybdis adalah monster laut yang hidup di bawah batu besar dan seringkali menelan sejumlah besar air. Ini menyebabkan terbentuknya pusaran air raksasa yang mampu menenggelamkan semua kapal di atasnya.

Sama terornya dengan Scylla. Makhluk ini tinggal di sisi berlawanan dan mempunyai kepala yang banyak jumlahnya. Santapannya meliputi pelaut-pelaut yang tidak sengaja berlayar terlalu dekat dengan sarang dari monster ini.


4Minotaur

monstermitologiyunani4

Seekor monster dengan tubuh manusia dan kepala banteng, Minotaur paling diingat atas kerakusannya melahap daging manusia yang tersesat di dalam rumah labirinnya. Sungguh mustahil bagi manusia untuk menemukan jalan keluar dari labirin yang dibangun oleh Daedalus di bawah istana Knossos, rumah dari raja Minos dari Kreta.

Konon anak dari raja Minos yang bernama Androgeus tewas dibunuh di Athena. Sebagai balasannya, raja Minos memutuskan untuk perang dengan Athena dimana Ia akhirnya menang. Sebagai penebusan dosa atas pembunuhan Androgeus, setiap tahun tujuh pemuda dan tujuh gadis Athena dikirim ke pulau Kreta, mereka lalu dilepaskan ke labirin untuk diburu dan dimakan oleh Minotaur.


3Cerberus

monstermitologiyunani3

Cerberus adalah anjing kepercayaannya Hades, penguasa dunia bawah. Rupa dari anjing ini bukan seperti anjing biasa, Cerberus berukuran raksasa dan memiliki tiga buah kepala. Tugasnya yaitu menjaga pintu gerbang masuk menuju dunia orang mati. Dikatakan bahwa makhluk ini hanya membiarkan roh-roh orang mati untuk lewat dan mengkonsumsi setiap manusia hidup yang cukup bodoh untuk mendekatinya.

Mungkin Ia paling dikenal dalam cerita Hercules, konon Hercules bergulat dengan monster ini tanpa menggunakan senjata apapun dan berhasil membawanya ke permukaan hidup-hidup.


2Medusa

monstermitologiyunani2

Makhluk mengerikan dengan kemampuan untuk merubah setiap orang yang menatap wajahnya menjadi batu, Medusa adalah monster paling populer dalam mitologi kuno. Awalnya dia adalah seorang gadis cantik, namun kecantikannya berubah menjadi kemalangannya. Dia diperkosa oleh dewa Poseidon di kuil Athena. Hal ini menyebabkan Athena marah sehingga dia mengutuk Medusa menjadi monster yang kita kenal ini.

Medusa dibunuh oleh Perseus yang ditugasi oleh ayah tirinya untuk membawakannya kepala dari monster ini. Menggunakan perisai cermin yang diberikan kepadanya oleh Athena, Perseus berhasil membunuh Medusa dengan cara bertempur refleksi Medusa di cermin tersebut.


1Typhon

monstermitologiyunani1

Typhon dikenal juga sebagai “Ayah dari semua monster”, jadi sudah jelas makhluk ini menempati nomor satu artikel ini. Dia adalah makhluk paling ganas yang pernah menjelajahi bumi. Ukuran tubuhnya luar biasa besar, kata “raksasa” mungkin masih belum cukup untuknya. Dikatakan bahwa ketika ia berdiri tegak, kepalanya dapat bersentuhan dengan bintang.

Bagian bawah tubuhnya terdiri dari dua ekor ular melingkar yang terus-menerus mendesis. Alih-alih jari, beberapa kepala naga keluar dari tangannya menggantikan jari. Dia juga memiliki sayap yang jika dibentangkan bisa menutupi matahari. Api menyala dari matanya, mengintimidasi setiap makhluk hidup, bahkan para dewa Olympus.

 


Dan ngomong-ngomong, jawaban dari teka-teki adalah manusia. Waktu bayi, kita menggunakan empat ‘kaki’ untuk merangkak, saat tumbuh besar kita lalu menggunakan dua kaki untuk berjalan, dan tiga ‘kaki’ (dengan bantuan tongkat) saat kita telah menjadi kakek-nenek.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • Kim Jeffry

    ADA FREECHIPS 10rb DENGAN MIN. DEPO 20rb BUAT MEMBER BARU AYO GABUNG SEKARANG JG DI 234POKER,COM

    BONUS harian Rp.5.000 setiap hari

    Bonus TurnOver 0.3% dibagi setiap kamis

    Bonus referral 10% Seumur Hidup

    Bonus Jackpot 60 Juta Setiap Hari

    100 % Player v Player

    Support Bank BCA,Mandiri,BRI,BNI

    Support Android dan ioS

    BBM : 58D46088.

  • kok nggak ada Kraken ya gan? Padahal Kraken sering muncul loh di film-film…

    • Sebenarnya, Kraken berasal dari folklore Scandinavian atau Norse, beribu-ribu tahun setelah jaman Yunani 🙂

error: Alert: Content is protected !!