Flora & Fauna

Top 10 Species Baru yang Ditemukan di Tahun 2017

Tahu gak sih Anda kalau tiap tahun tuh sebenarnya ada banyak lho species-species baru yang ditemukan di seluruh penjuru dunia. Bayangkan, dalam kurun waktu 12 bulan terakhir saja, ada kira-kira 18.000 species yang baru ditemukan. Terdengar banyak sekali bukan? Namun angka segitu bukan apa-apa lho, karena para peneliti mengira ada lebih dari jutaan species yang menunggu untuk kita temukan. Nah, inilah Top 10 Species yang Baru Ditemukan di Tahun 2017.


10Gryffindor’s Hat (Eriovixia gryffindori)

Mengapa disebut Gryffindor’s Hat? Sudah jelas karena bentuknya sendiri yang menyerupai topi Gryffindor (Harry Potter). Laba-laba ini mungil sekali lho, hanya 2 milimeter panjangnya, dan adalah hewan terkecil yang ditemukan di tahun 2017.


Rose-tinted katydid (Eulophophyllum kirki)

Hanya satu spesimen serangga warna-warni ini saja yang ditemukan. Warnanya membantu dia ber-kamuflase dengan lingkungan hidupnya. Hanya jenis perempuan yang mempunyai warna cantik ini, sementara laki-lakinya memiliki warna hijau.


The indiscriminate rat (Gracilimus radix)

Beda daripada hewan pengerat lainnya yang karnivora, tikus yang ditemukan di Indonesia tercinta ini ternyata omnivora lho. Dia hanya hidup di pulau Sulawesi, dan karena keunikannya, tikus ini ditempatkan pada suatu genus tersendiri.


No eyes, four penises, and many legs (Illacme tobini)

Cacing? Bukan, ini adalah millipedes, yah semacam centipede gitu. Kalau di closeup terlihat panjang, namun total panjangnya hanyalah 20 milimeter. Meski begitu, kaki-kakinya berjumlah 750 pasang lho! Serangga ini ditemukan di Amerika.


A fiery contender (Pheidole drogon)

Mengapa semut ini disebut bengis? Jangan dilihat dari ukurannya, tapi dari perawakannya. Armornya yang runcing mengingatkan penemunya akan Naga kepunyaan Daenerys Targaryen (Game of Thrones) hingga akhirnya mereka memutuskan untuk memberikan nama tersebut untuk semut ini.


Brazilian beauty (Potamotrygon rex)

Entah bagaimana caranya ikan pari ini mampu bersembunyi dari deteksi manusia meski memiliki corak yang terbilang memukau. Sama halnya dengan ikan-ikan lain di sungai Tocantins di Brazil yang baru ditemukan akhir-akhir ini. Panjangnya mencapai 1.1 meter, dan berbobot 20 kilogram.


The inescapable nightmare (Scolopendra cataracta)

Bisa terbenam, bisa berenang, dan bisa juga menyelam. Inilah centipede baru yang ditemukan di Asia Tenggara. Tahukah Anda, species centipede ini adalah yang pertama ditemukan yang mampu menyelam ke bawah permukaan air.


A deathly fruit (Solanum ossicruentum)

Menggabungkan bahasa Latin untuk tulang (ossi) dan berdarah (cruentum), kerabat aneh dari tomat ini memiliki rahasia yang mengerikan. Ketika dipotong, buahnya tidak hanya tampak “berdarah”, tetapi kemudian mengering seperti tulang. Ditemukan di Australia, spesies ini sebenarnya telah diketahui oleh ahli botani selama setidaknya 50 tahun, tetapi baru saja dideskripsikan secara resmi.


The inner daemon (Telipogon diabolicus)

Anda mungkin tidak ingin bersandar terlalu dekat jika ingin menghirup bau anggrek yang baru ditemukan dihutan Kolombia ini, karena jika Anda perhatikan dengan seksama, ada ‘setan kecil’ yang nangkrik di tengah-tengahnya. Sayangnya, meski species ini baru saja ditemukan namun sudah terancam punah.


The deep-sea sock (Xenoturbella churro)

Tanpa mata, tidak ada otak, tidak ada usus, dan tidak ada anus, cacing laut dalam yang aneh ini telah membuat para ahli biologi bingung selama lebih dari 60 tahun. Namun akhirnya species ini masuk juga dalam katalog evolusi, serta digambarkan sebagai spesies baru yang (tampaknya) terlihat seperti churros, yakni camilan dari Spanyol yang lezat.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry