Budaya & Literatur Kuliner

Uniknya 10 Gaya Minum Kopi dari Berbagai Negara

Kopi merupakan minuman favorit bagi banyak kalangan. Kopi bukan hanya sekedar minuman biasa. Kopi adalah gaya hidup dan budaya. Hingga kini konsumsi kopi di dunia tercatat 2,25 milyar cangkir setiap harinya. Banyaknya konsumsi kopi per cangkir per hari menandakan bahwa minuman kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling digandrungi.

Jenis dan cita rasa kopi pun beraneka ragam. Mulai dari kopi lokal hingga kopi khas mancanegara. Sebut saja kopi Aceh Gayo, kopi Toraja, kopi Bali Kintamani, dan kopi Jawa. Sedangkan untuk kopi khas mancanegara yang paling populer adalah kopi Espresso, kopi Americano, kopi Vietnam, dan kopi Turki. Hingga saat ini jenis-jenis kopi tersebut masih dicintai dan diburu oleh banyak kalangan, terutama para pencinta kopi. Aroma kopi yang khas dan rasanya yang memanjakan lidah membuat Anda ingin cepat-cepat menyesapnya.

Penyajian minum kopi pun bervariasi. Anda dapat menikmatinya dengan gaya tradisional maupun ngopi asyik ala kafe. Kopi pun dapat disajikan dalam berbagai situasi. Mulai dari minum kopi di pagi hari, ngopi untuk teman bergadang, bahkan menjadi sajian khas ketika bertamu ke rumah kerabat dan keluarga.

Jenis dan daerah penghasil kopi yang beraneka ragam membuat gaya minum kopi menjadi unik dan berbeda-beda. Seperti misalnya untuk sebagian masyarakat Sumatra yang meminum kopi dengan menuangkannya terlebih dahulu pada tatakan gelas atau cangkir. Setelah selesai dituang, barulah kopi diminum dan dinikmati. Perbedaan budaya membuat kebiasaan masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari berbeda pula. Jika Anda setiap hari hanya membuat kopi, menyeduhnya, dan langsung meminumnya seperti biasa, 10 gaya minum kopi unik dari berbagai negara ini patut Anda coba


10Gaya minum kopi dengan ditemani gorengan ala Indonesia

gayaminumkopi1

Kopi adalah salah satu teman asyik saat mengobrol yang tidak boleh terlewatkan. Mulai dari kalangan muda hingga dewasa menyukainya. Dibeberapa daerah di Indonesia, minum kopi sembari kongkow kurang afdol rasanya jika tidak ditemani dengan gorengan. Pisang goreng, singkong goreng, tempe mendoan, dan bakwan adalah teman yang serasi sembari menikmati aroma dan cita rasa kopi.


9Gaya minum kopi di Ethiopia yang melatih kesabaran

gayaminumkopi2

Ethiopia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Tak heran, jika masyarakat Ethiopia menjadikan kopi sebagai minuman favorit mereka. Tidak hanya itu, pecinta dan penggila kopi dari berbagai negara juga penasaran akan cita rasa kopi ini. Jika Anda adalah penggemar kopi instan siap seduh, menikmati kopi ala masyarakat Ethiopia layak Anda coba. Proses penyajian kopi dari hulu ke hilir tidak memakan waktu yang singkat. Dibutuhkan waktu lebih dari satu jam mulai dari memanggang biji kopi, menggilingnya, hingga menyeduh kopi tersebut sampai panas. Bagaimana, menarik bukan?


8Gaya minum kopi simpel ala Jepang

gayaminumkopi3

Bagi Anda yang fleksibel dan mobile, tentu minum kopi dengan cara classic akan menyita waktu dan tenaga Anda. Jika Anda berkunjung ke Jepang, tentu tidak sulit menemukan vending machine di sepanjang jalan. Sebagai negara dengan pelayanan vending machine terbanyak untuk publik di dunia, Jepang juga menyediakan minuman kopi siap saji. Anda tidak perlu khawatir. Kopi yang disajikan dapat berupa kopi panas dan kopi dengan suhu dingin. Anda dapat memilih minuman kopi di vending machine sesuai dengan selera Anda.


7Racikan kopi dan susu ala Yunani membuat gaya minum kopi makin asyik

gayaminumkopi4

Bagi Anda yang bosan dengan “kopi hitam” yang itu-itu saja, Anda dapat mengkreasikan kopi dengan bahan-bahan yang lainnya. Di negara Yunani, minuman kopi paling populer adalah frappe. Frappe adalah kopi dengan campuran susu, gula, dan kopi instan. Susu yang akan dicampur dengan kopi harus sedemikian rupa sehingga tampak frothed up atau berbusa. Kopi yang sudah dimix dihidangkan dalam suhu yang hangat. Anda dapat menambahkan potongan-potongan es hingga penuh pada cangkir Anda.


6Gaya minum kopi sensasional ala Vietnam

gayaminumkopi5

Budaya minum kopi di Vietnam dibawa oleh bangsa Perancis pada abad 1800 an. Jika Anda pecinta rasa manis, Anda dapat mencoba kopi ini. Cangkir kopi atau gelas kopi yang digunakan masyarakat Vietnam cenderung unik. Gelas yang digunakan memiliki filter di dalamnya.Vietnam drip merupakan istilah yang populer digunakan untuk menyebut filter gelas kopi khas Vietnam ini.

Menikmati kopi Vietnam harus dilakukan secara bertahap dan sedikit demi sedikit. Pertama, Anda harus meletakkan bubuk kopi didasar gelas. Kemudian, Anda boleh menekan-nekan filter tersebut hingga ampas kopi tersaring dan tetesan kopi perlahan turun. Masyarakat Vietnam kemudian menuang susu yang sangat manis ke dalam kopi tersebut. Selain itu mereka juga menambahkan potongan-potongan es sesuai selera.


5Gaya minum kopi dengan banyak gula adalah hal yang lazim di Brazil

gayaminumkopi6

Jika sebagian besar pecinta kopi menyukai citarasa kopi asam tanpa gula, namun tidak demikian bagi masyarakat Brazil. Brazil adalah penyuplai 40% komoditi kopi di dunia. Tak heran jika minum kopi di Brazil sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Bahkan kopi dengan campuran susu menjadi minuman wajib sebelum berangkat sekolah bagi anak-anak di Brazil. Masyarakat Brazil gemar menikmati kopi dengan suhu sangat panas, beraroma kuat, dan berwarna gelap dengan banyak taburan gula di dalamnya. Kopi jenis ini disebut dengan cafezhino.


4Gaya minum kopi ala penduduk lokal Italia

gayaminumkopi7

Italia bukan hanya negara dengan kuliner mendunia seperti pizza dan spaghetti saja. Ternyata, sebagian besar masyarakat Italia gemar meminum kopi dan kebiasaan ini telah menjadi gaya hidup turun temurun. Sesekali Anda dapat keluar rumah dan dapat menikmati kopi Italia ala standing at the bar. Menikmati kopi Italia dengan cara tradisional dapat dilakukan dengan cara meminum “un caffee” sembari berdiri dan berbincang di sekitar bar. Jenis-jenis kopi di Italia beraneka ragam pula sesuai dengan daerahnya.


3Nikmati Gaya Minum Kopi Rumahan Ala Masyarakat Kanada

gayaminumkopi8

Pembelian kopi terbanyak untuk dapat dinikamti di rumah adalah kopi traditional hot brewed. Akan tetapi, saat ini terdapat variasi penyajian kopi yang baru yaitu kopi cold brewed. Kopi yang disajikan dalam suhu yang lebih dingin dipercaya memiliki citarasa yang lebih memanjakan lidah. Bagaimana dengan Anda apakah lebih menyukai cold coffee atau hot coffee?


2Gaya minum kopi “jamuan” ala Kuba

gayaminumkopi9

Hampir di setiap rumah di negara Kuba memiliki kopi sebagai minuman sajian bagi mereka yang datang untuk berkunjung. Anda dapat menikmati dan menuang kopi dalam cangkir-cangkir kecil. Terdapat variasi-variasi kopi khas Kuba yang dapat Anda coba. Seperti misalnya Cafeito, Corcadito, dan Colado. Anda dapat memadukan gaya minum kopi Anda dengan mencampurkan susu panas, gula, dan mencampurkan semuanya ke dalam sebuah cangkir.


1Sensasi kayu manis dalam gaya minum kopi Meksiko

gayaminumkopi10

Jika di negara-negara lain pada umumnya menambahkan gula dan susu ke dalam kopi, namun masyarakat Meksiko memiliki gaya minum kopi unik tersendiri. Jenis kopi yang terkenal dan paling banyak disukai di Meksiko adalah Cafe de olla. Kopi yang selesai disaring dengan saringan akan dicampurkan dengan pinochillo, yaitu gula dengan citarasa karamel. Selain itu, Anda dapat menambahkan sebatang kayu manis dalam menikmatinya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry