Budaya & Literatur

Ups, 10 Benda Ini Ternyata Punya Sebutan Khusus Dalam Bahasa Indonesia, Lho

Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan bahasanya. Beratus-ratus bahasa daerah lengkap dengan dialek uniknya membuat Indonesia memiliki warisan lisan dan budaya luar biasa yang patut dijaga. Tak hanya bahasa daerahnya, Bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa juga patut dilestarikan.

Bahasa Indonesia juga memiliki banyak kata yang diserap dari bahasa asing. Baik bahasa Inggris, Arab, maupun Melayu. Penyebutan kata-kata serapan ini sering digunakan karena lebih familiar dan sering didengar. Coba tebak, benda-benda yang sering dijumpai sehari-hari ini ternyata punya sebutan khusus dalam bahasa Indonesia, lho!


10Gawai

Perkembangan teknologi membuat gadget semakin menjamur dan bervariasi . Lantas, apa sih sebetulnya gadget itu? Simpelnya, gadget adalah perlengkapan teknologi dan elektronik yang canggih. Saat mendengar kata gadget, umumnya sebagian besar orang langsung berpikir tentang tablet, smartphone, dan perangkat mobile lainnya.

Ternyata, gadget memiliki sebutan khusus dalam Bahasa Indonesia, lho. Dalam Bahasa Indonesia, gadget disebut dengan gawai. Kata gawai juga merupakan kata baru yang dimasukkan dalam Kamus Bahasa Indonesia selain unggah dan unduh.


9Kudapan

Saat menghadiri berbagai macam acara, tentu kita sering mendapatkan makanan ringan atau snack. Kata snack yang berasal dari Bahasa Inggris ini kemudian sering digunakan untuk menyebut makanan ringan. Tidak hanya gadget, snack juga punya sebutan khusus. Dalam Bahasa Indonesia, snack disebut dengan kudapan.


8Selampai

Kertas tissue sering digunakan untuk berbagai macam keperluan. Baik untuk keperluan toilet hingga kosmetika. Kertas tissue multifungsi ini ternyata punya sebutan khusus dalam Bahasa Indonesia. Kertas tissue disebut dengan selampai.


7Suryakanta

Untuk melihat objek atau benda yang berukuran kecil, kita dapat menggunakan kaca pembesar. Tidak hanya itu saja, kaca pembesar juga bisa dimanfaatkan untuk membuat api jika dipantulkan dengan sinar matahari. Pada tayangan televisi dan film, kaca pembesar sering diidentikkan dengan detektif. Secara lebih spesifik, kaca pembesar dapat disebut sebagai suryakanta dalam Bahasa Indonesia.


6Pelantang

Penyanyi yang akan menyanyikan lagu biasanya menggunakan microphone untuk mengeraskan suara. Dalam bahasa Indonesia, microphone dapat disebut dengan pelantang. Tak hanya microphone saja, perangkat elektronik lain yang berfungsi untuk mengeraskan suara bisa disebut dengan pelantang.


5Terungku

Tak hanya hotel prodeo dan bui, penjara juga punya sebutan khusus dalam Bahasa Indonesia, lho. Penjara mempunyai sebutan lain dalam Bahasa Indonesia yaitu terungku. Jadi, jika suatu saat menemukan kata terungku dalam naskah, cerita, dan berita, itu berarti penjara, ya.


4Dawat

Masing-masing benda memiliki warnanya tersendiri. Baik karena efek alamiah maupun melalui proses pewarnaan buatan. Seperti baju misalnya. Sebelum memiliki beraneka macam model dan tampilan yang indah. Kain yang digunakan mengalami proses pewarnaan terlebih dahulu.

Begitu juga dengan whiteboard yang membutuhkan cairan berwarna supaya dapat ditulis di atasnya. Bahan pewarna, tinta yang digunakan untuk memberikan warna di permukaan benda ini punya sebutan tersendiri, lho. Dalam Bahasa Indonesia bahan pewarna maupun tinta bisa disebut dengan dawat.


3Dangau

Jika suatu saat nanti Anda mengunjungi daerah pedesaan dengan hamparan sawah yang hijau dan luas, perhatikanlah sekelilingnya. Pada bagian tengah atau pinggir sawah pada umumnya terdapat sebuah rumah-rumahan kecil. Rumah-rumahan yang terbuat dari kayu dan bambu ini digunakan para petani untuk berteduh dan beristirahat. Dalam Bahasa Indonesia, rumah-rumahan kecil ini disebut dengan dangau. Atau orang akrab menyebutnya dengan gubuk.


2Birai

Perhatikan jika suatu saat Anda bepergian dan melintasi sebuah jembatan. Pada umumnya, jembatan dilengkapi dengan pagar atau dinding rendah pada sisi-sisinya. Pagar atau tembok pada umumnya setinggi pinggang orang dewasa. Pagar atau tembok ini disebut dengan birai. Tidak hanya pada jembatan saja, pagar dan dinding rendah pada tepian tangga dan perahu juga bisa disebut birai.


1Pengokot

Siapapun pasti akrab dengan perlengkapan alat tulis yang satu ini. Bagaimana Anda menyebutnya? Stappless, stappler, jepretan, atau jebretan? Alat yang berfungsi untuk mengaitkan kertas ini punya sebutan khusus dalam Bahasa Indonesia yaitu pengokot. Namun tampaknya penggunaan kata pengokot kurang populer dan familiar. Coba saja iseng-iseng meminjam atau membeli pengokot di mas-mas tukang fotokopian. Dijamin bingung, deh!


Biar semakin cinta Indonesia, yuk sama-sama belajar Bahasa Indonesia dengan baik dan benar..

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!