Film dan TV

Ups, 10 Film Hollywood Ini Diduga Terpengaruh Film Lain

Ada yang mengatakan bahwa tidak ada yang baru di dunia ini. Apa yang diciptakan bisa jadi adalah pengembangan dari hal-hal yang pernah ada sebelumnya. Hal ini juga berlaku di film. Apakah Anda pernah mengalami perasaan ketika sedang menonton film tertentu dan merasa dejavu? Menurut rumor, memang ada film-film yang sebenarnya mencomot adegan dari film-film sebelumnya entah karena sutradaranya adalah fans berat film itu atau memang karena unsur ketidaksengajaan. Sepuluh film Hollywood ini diduga terpengaruh dengan film-film lainnya.


10Alien (1979) dan Planet of the Vampires (1965)

foto: digitaltrends.com

foto: digitaltrends.com

Kedua film ini memiliki plot yang hampir sama. Hanya saja, para alien di film Alien adalah Auran di film Planet of the Vampires. Tokoh antagonisnya pun menggunakan senjata yang sama, yaitu tubuh kru yang telah dibunuh. Kesamaan lainnya adalah tempat dimana tokoh protagonis di film Planet of the Vampire melakukan investigasi pada pesawat yang hancur.


9The Lion King (1994) dan Kimba the White Lion (1965 – 1966)

foto: lionking.org

foto: lionking.org

The Lion King dianggap sebagai sebuah film animasi musikal yang epic. Film ini terinspirasi dari cerita Hamlet karya Shakespeare dan cerita Musa di Alkitab. Namun, para penonton yang jeli dapat melihat adanya kemiripan antara The Lion King dengan Kimba The White Lion, serial animasi televisi di Jepang. Matthew Broderick, pengisi suara Simba mengatakan bahwa ia bingung dengan peran tersebut karena masa kecilnya akrab dengan menonton Kimba dan mengira bahwa film garapan Disney itu adalah film yang sama. Namun, pihak Disney beberapa kali mengklaim bahwa persamaan di antara keduanya adalah kebetulan semata.


8The Matrix (1999) dan Ghost in the Shell (1995)

foto: gamesradar.com

foto: gamesradar.com

The Matrix ternyata memiliki kembaran film yaitu Ghost in the Shell. Bahkan, Wachowskis, sutradara The Matrix membawa Ghost in the Shell ke produsernya dan mengatakan ingin membuatnya dalam adegan yang nyata. Selain itu, The Matrix juga mengadopsi sifat realitas dan kesadaran dari film garapan Mamoru Oshii ini. The Matrix juga menggunakan visualisasi teks hijau seperti hujan yang menunjukkan kode The Matrix.


7Inception (2010) dan Paprika (2006)

filminspirasidarifilmlain7

Inception ternyata memiliki kembaran dalam bentuk anime. Film Hollywood ini diduga terpengaruh oleh film Paprika garapan Satoshi Kon yang bergenre sama dengan Inception, yaitu thriller sains dimana seorang agen berkelana lewat mimpi untuk menyelesaikan sebuah misi. Bedanya, jika tokoh protagonis di Inception adalah seorang kriminal, di Paprika adalah seorang psikoterapi yang masul ke mimpi para pasiennya untuk menolong mereka.


6The Hunger Games (2012) dan Battle Royale (2000)

filminspirasidarifilmlain6

Film The Hunger Games pun tak lepas dari tuduhan kemiripan yaitu dengan Battle Royale. Film yang diadaptasi dari novel karya Suzanne Collins ini bercerita tentang 24 remaja yang dipaksa untuk bertarung sampai mati demi kesenangan orang-orang kaya dan berkuasa. Collins mengatakan bahwa ide cerita itu berasal ketika ia sedang menonton sebuah pertunjukkan. Namun, banyak orang yang melihat bahwa ide cerita ini memiliki kesamaan dengan film dari Jepang, Battle Royale.


5Reservoir Dogs (1992) dan City on Fire (1987)

filminspirasidarifilmlain5

Reservoir Dogs arahan Quentin Tarantino memiliki beberapa kesamaan dalam plot dengan City on Fire, film dari Hongkong. Bahkan kemiripan dalam kedua film ini menginspirasi lahirnya sebuah film pendek berjudul Who Do You Think You’re Fooling? Dalam film berdurasi 10 menit ini, adegan dan percakapan yang sama di kedua film dibandingkan.


4Dark City (1998) dan Akira (1988)

foto: tehparadox.com

foto: tehparadox.com

Dark City. Film Hollywood ini diduga terpengaruh oleh sebuah film dari Jepang yaitu Akira. Dark City, meskipun tidak terlalu terkenal, memiliki plot yang menarik dan efek spesial yang lumayan. Sayangnya beberapa adegan dalam film itu dipinjam dari film garapan Katsuhiro Otomo, Akira. Seperti diketahui, Akira adalah film anime yang luar biasa. Yang paling menyedihkan adalah ternyata Akira juga terpengaruh oleh film lainnya, menurut pengakuan Otomo.


3The Blair Witch Project (1999) dan Cannibal Holocaust (1980)

filminspirasidarifilmlain3

Film selanjutnya yang mendapat sorotan adalah The Blair Witch Project. Film Hollywood ini diduga terpengaruh oleh Cannibal Holocaust. The Blair Witch Project adalah film horror berdana rendah yang menjadi hits dan inspirasi di genrenya. Namun, banyak orang melihat adanya kesamaan film ini dengan Cannibal Holocaust, sebuah film Italia yang terkenal kejam. Film garapan Ruggero Deodato ini mengambil adegan di hutan Amazon. Seperti The Blair Witch Project, adegan dalam film ini terputus ketika orang yang memegang kameranya terbunuh.


2Black Swan (2010) dan Perfect Blue (1997)

filminspirasidarifilmlain2

Film Hollywood lain yang disebut-sebut terpengaruh dari animator Satoshi Kon adalah The Black Swan. Film horor psikologis ini bercerita tentang seorang balerina yang kehilangan kesadarannya karena memerankan White Swan dan Black Swan. Plot yang sama telah dibuat oleh Kon dalam Perfect Blue, film tentang penyanyi J-pop yang berhalusinasi antara kenyataan dan dunia akting. Aronofsky juga disebut-sebut adalah fan Perfect Blue.


1Transcendence (2014) dan Serial Experiments Lain (1998)

filminspirasidarifilmlain1

Film arahan Wally Pfister, Transcendence juga dilihat memiliki kesamaan plot dengan Serial Experiment Lain, seorang jenius yang menyimpan kesadarannya di sebuah komputer dan merasa berkuasa. Namun, meskipun plot dalam kedua film ini sama, keduanya memiliki gaya bercerita yang berbeda.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry