Film dan TV

Wah, 10 Film Adaptasi Novel Ini Gagal Sukses!

Mengadaptasi sebuah novel atau game yang bagus untuk dijadikan film tidak selalu bernasib sama. Meski booming dalam novel, tak sedikit film adaptasi yang gagal karena dianggap tidak bisa mengangkat versi novel ke format layar lebar dengan baik. Apa saja film-film itu? Simak 10 film adaptasi novel yang gagal berikut ini.


10The Pelican Brief

filmnovelgagalsukses10

Film The Pelican Brief diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karangan John Grisham. Novel yang menceritakan tentang misteri pembunuhan dua hakim Mahkamah Agung ini sempat berada dalam daftar best seller New York Times selama beberapa waktu.

Sayangnya, kesuksesan novel tidak berimbas pada kesuksesan film layar lebarnya. Meski dibintangi aktris sekondang Julia Roberts, film Pelican Brief kurang mendapat respon dari masyarakat. Bahkan agregator terkenal, Rotten Tomatoes memberikan nilai 5.5/10 dan IMDB memberi nilai 6.4/10.


9The Da Vinci Code

filmnovelgagalsukses9

Novel The Da Vinci Code demikian terkenal karena mampu membawa suasana mencekam dengan menceritakan pembunuhan di Louvre dan petunjuk dalam lukisan Da Vinci. Novel yang terbit tahun 2003 ini ditulis oleh Dan Brown dan termasuk buku terlaris di seluruh dunia serta diterjemahkan dalam 44 bahasa. Berbagai penghargaan pada novel ini diberikan seperti novel dengan penjualan terbaik di Inggris pada abad 21 serta memenangkan Sense’s of The Year Award tahun 2004 untuk kategori fiksi dewasa.

Tak heran jika kemudian diadaptasi menjadi sebuah film pada tahun 2006 dan diharapkan menuai kesuksesan seperti versi novelnya. Namun, jutaan penggemar novel dibuat sangat kecewa dengan versi layar lebar yang tidak sesuai harapan. Bahkan kritikus film Michael Medved pun memberikan satu bintang untuk film The Da Vinci Code ini.


8Percy Jackson & The Olympians : The Lightning Thief

filmnovelgagalsukses8

Sebagai film yang masuk dalam daftar 10 film adaptasi novel yang gagal, film ini memang kurang diminati masyarakat. Diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Rick Riordan tahun 2005 yang bercerita tentang petualangan dengan kombinasi ala mitologi Yunani, nyatanya versi novel mencapai kesuksesan luar biasa. Dengan penjualan lebih dari 2,7 copy, novel tersebut sukses digelari Young Adult Library Services Association.

Namun sayang, film adaptasinya tidak menuai sukses sebagaimana versi novel bahkan mendapatkan skor negatif yaitu 47 dari Metacritic, 5.3/10 dari Rotten Tomatoes dan 5.8/10 dari IMDB.


7Night in Rodanthe

filmnovelgagalsukses7

Film ini diadaptasi dari novel Night in Rodanthe karangan Nicholas Sparks yang diterbitkan tahun 2002 oleh Warner Book. Berdasarkan kesuksesan versi novelnya secara komersial, pada tahun 2008 ceritanya pun diangkat ke layar lebar. Namun hasilnya jauh di luar dugaan. Film ini hanya meraup $ 84.375.061 di seluruh dunia meski dibintangi aktor sekelas Richard Gere.


6The Postman

filmnovelgagalsukses6

Novel karya David Brin, The Postman menyajikan kisah tentang peradaban. Sebagai novel fiksi ilmiah, The Postman mendapat banyak penghargaan seperti penghargaan John W. Campbell Awards untuk novel fiksi ilmiah terbaik, Best Science Fiction Novel dari Locus Award serta masuk dalam nominasi penghargaan Hugo dan Nebula.

Tak hanya itu, novel The Postman pun laris manis di pasaran dan diterjemahkan dalam 7 bahasa. Kesuksesan novel mengilhami pembuatan film adaptasinya yang disutradarai Kevin Costner dan dirilis tahun 1997. Namun sayang film ini gagal dan mendapat rating buruk. 5.5/10 dari IMDB, 3,8/10 dari Rotten Tomatoes dan julukan sebagai film dengan sentimentalitas palsu dan jingoisme cengeng dari The New York Times.


5The Golden Compass

filmnovelgagalsukses5

Novel karya Philip Pullman yang terbit tahun 1995 ini memenangkan medali Carnegie pada tahun 1996. Mengisahkan seorang gadis yang melakukan perjalanan untuk mencari teman yang hilang serta berhasil menyelamatkan mereka dengan beberapa eksperimen berbahaya, membuat novel ini banyak digemari masyarakat dan sempat diadaptasi menjadi sebuah drama radio oleh BBC.

Diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama ternyata tidak menuai kesuksesan seperti versi novelnya. Bahkan bintang-bintang terkenal seperti Nicole Kidman dan Daniel Craig tidak mampu menerjemahkan isi novel menjadi film yang cukup baik.


4Skipping Christmas (Christmas with the Kranks)

filmnovelgagalsukses4

Skipping Christmas adalah sebuah novel karya John Grisham yang bertemakan komedi. Diterbitkan pada tahun 2001, Skipping Christmas menjadi salah satu novel terlaris dalam daftar The New York Times. Bercerita tentang sepasang kekasih yang memutuskan menghabiskan natal bersama, cerita novel ini pun diangkat ke layar lebar dengan judul Christmas with the Kranks.

Harapan menjadikan film ini sukses seperti versi novel ternyata hanya impian. Film yang disutradarai oleh Joe Roth ini mendapat rating sangat buruk dari para kritikus film.


3The Lovely Bones

filmnovelgagalsukses3

Versi novelnya mengalami kesuksesan hingga terjual lebih dari 1 juta eksemplar dengan cerita serunya tentang seorang gadis remaja yang diperkosa dan dibunuh. Namun versi filmnya yang disutradarai oleh Peter Jackson dan dirilis tahun 2009 jauh dari harapan, bahkan tidak dianggap oleh para kritikus film.


2A Series of Unfortunate Events

filmnovelgagalsukses2

Novel anak yang menceritakan tentang 3 anak kaya yang ditinggal oleh kedua orang tuanya karena tewas dalam musibah kebakaran kemudian tinggal dengan keluarga jauh yang justru berkomplot ingin membunuh mereka karena tergiur dengan kekayaan, langsung menjadi buku favorit anak-anak sejak diterbitkan tahun 1999.

Memenangkan banyak sekali penghargaan diantaranya Nickelodeon Kid’s Choice, Quill Book Award, Nevada Young Readers Award dan sebagainya, novel ini pun diangkat ke layar lebar. Namun sayang, versi film yang dirilis tahun 2004 dianggap gagal total karena tidak tercantum dalam daftar box office meski dibintangi aktor sekondang Jim Carrey.


1New Moon

filmnovelgagalsukses1

New Moon merupakan novel karya Stephenie Meye dari seri Twilightnya. Sejak dirilis tahun 2006, novel ini langsung menduduki posisi pertama dalam daftar USA Today dan New York Times. Tahun 2008, versi novel berhasil meraih angka penjualan lebih dari 5,3 juta eksemplar. Serial yang sangat terkenal di kalangan anak-anak dan remaja ini memenangkan banyak penghargaan dan diterjemahkan dalam beberapa bahasa. Sayangnya, versi film tahun 2009 tidak sesukses versi novel dan menuai banyak review negatif dari pengamat film dan masyarakat.


Nah, itu tadi 10 film adaptasi novel yang gagal. Bagaimana menurut Anda? Adakah film adaptasi novel lain yang Anda tahu?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry