Flora & Fauna

Wah, 10 Tumbuhan Ini Ternyata Paling Langka di Dunia!

Tahukah Anda bahwa tumbuhan juga bisa punah? Penyebabnya bermacam-macam, mulai karena ulah manusia hingga siklus pertumbuhan yang lambat. Padahal, berbagai jenis tumbuhan yang hampir punah ini memiliki bentuk yang sangat unik. Berikut 10 di antaranya:


10Rafflesia Arnoldii

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tumbuhan paling langka di dunia. Bukan hanya langka, flora bernama Rafflesia arnoldii ini juga memiliki ukuran bunga terbesar di dunia. Bobotnya sekitar 12 kg dengan diameter mencapai 100 cm. Bentuknya pun sangat unik lho!


9Amorphophallus Titanum

Bukan hanya Rafflesia arnoldii, tumbuhan lainnya dari Indonesia yang termasuk langka adalah Amorphophallus titanium atau sering disebut Bunga Bangkai. Usia bunga berbau tidak sedap ini bisa mencapai 40 tahun. Namun, ia hanya mekar selama 2 hari tiap 7-9 tahun. Wah, jarang sekali!


8Hura Brasiliensis

Aneh dan berbahaya, itulah julukan yang tepat disematkan kepada tumbuhan langka satu ini. Pasalnya, seluruh bagian batang pohon Hura brasiliensis penuh dengan duri yang tajam dan beracun. Tak berlebihan jika ada yang menamai tumbuhan ini Pohon Neraka. Istilah lainnya adalah Sandbox Tree atau Pohon Kotak Pasir. Anehnya lagi, buah pohon yang matang akan meledak dan dapat melukai orang atau binatang yang berada dalam jarak 100 meter. Itulah sebabnya Hura brasiliensis juga kerap disebut Pohon Dinamit.


7Euphorbia Obesa

Tanaman ini termasuk spesies succulent yang berasal dari Afrika Selatan dan sering pula disebut sebagai tanaman Baseball. Karena bentuknya yang unik tersebut, banyak orang menjadikan Euphorbia obesa sebagai koleksi. Namun, karena pertumbuhannya cenderung lambat dan bijinya sedikit, tanaman ini menjadi langka.


6Anaphalis Javanica

Tumbuhan ini lebih dikenal dengan nama Edelweiss jawa atau Bunga Senduro. Tumbuhan yang memiliki tinggi hingga 8 meter ini umumnya hidup di pegunungan tinggi Indonesia. Bunga Edelweiss biasanya muncul pada April hingga Agustus. Karena banyak dipetik oleh para pendaki gunung, spesies tumbuhan ini semakin langka.


5Tengkawang

Tengkawang merupakan sebutan untuk beberapa tumbuhan dari jenis Shorea suku Dipterocarpaceae. Nama lain tengkawang adalah Borneo tallow nut. Pohon ini hanya tumbuh di Kalimantan. Bijinya biasanya diolah menjadi minyak tengkawang dan digunakan sebagai bahan obat-obatan maupun makanan.


4Welwitschia Mirabilis

Tumbuhan yang sering disebut Onyanga (bawang padang pasir) ini hidup di Namibia. Bentuknya unik karena hanya memiliki dua daun, akar, dan batang. Semakin tua, akarnya akan semakin tebal dan daunnya semakin besar. Welwitschia mirabilis bisa hidup hingga 400 tahun. Namun, keberadaannya sekarang semakin langka.


3Silk Floss Tree

Jenis tumbuhan langka ini hanya tumbuh di hutan tropis dan subtropis Amerika Selatan. Tingginya mencapai 81 kaki. Seluruh cabang dan batangnya dipenuhi oleh duri kerucut raksasa. Fungsi duri ini adalah untuk menghemat air.


2Erysimum Menziesii

Tumbuhan ini hanya berukuran sekitar 15 cm. Daunnya lurus, tebal, dan berbulu. Pada setiap ujung batang, ada bunga-bunga cantik berwarna kuning. Dari bunga ini, ada buah berbentuk panjang dengan tekstur lengket. Tumbuhan langka ini dapat dijumpai di wilayah California dan Monterey.


1Jade Vine Strongylodon Macrobotrys

Tumbuhan ini memiliki bentuk bunga yang unik, yaitu seperti cakar yang menggantung dengan ukuran mencapai 3 meter. Di tempat aslinya, yaitu hutan hujan tropi Filipina, tumbuhan ini semakin langka karena luas hutan semakin berkurang dan perkembangbiakkannya juga sulit.

Jadi, inilah 10 jenis tumbuhan yang kini termasuk sebagai tanaman langka. Yuk, kita jaga flora dan fauna di sekitar kita supaya tidak berakhir seperti tumbuhan ini.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry