Flora & Fauna

Wah, Ini 10 Jenis Anjing Terpintar yang Ada di Dunia!

Meski sekedar binatang peliharaan, namun anjing ternyata memiliki kecerdasan yang luar biasa. Bahkan menurut Stanley Coren, ahli psikologi dan profesor di Universitas British Columbia di Vancouver, Canada, ada tiga parameter yang menunjukkan bahwa seekor anjing memang pintar, yaitu kecerdasan alami, tingkat adaptasi, serta kemampuan belajar dari manusia. Lalu, mana sajakah yang tergolong anjing pintar? Berikut ini merupakan 10 anjing terpintar yang ada di dunia.


10Anjing Gembala Jerman (German Shepherd Dog)

anjingterpintar10

Seperti namanya, anjing ini berasal dari Jerman dan termasuk dalam ras baru yang ditemukan pada awal abad 19. Mulanya anjing ini dilatih untuk menggiring domba. Namun karena memiliki kekuatan yang baik, patuh, cerdas, dan mudah dilatih, maka anjing ini seringkali digunakan untuk membantu tugas-tugas manusia khususnya tugas dalam bidang militer, kepolisian, dan tim SAR. Kecerdasan anjing ini di atas rata-rata karena mampu belajar dengan cepat. Hanya dengan 5 kali pengulangan materi yang diberikan oleh instrukturnya, anjing ini sudah bisa mengerti.


9Anjing Border Collie

anjingterpintar9

Dulunya digunakan untuk penggiring ternak di perbatasan Inggris dan Skotlandia. Anjing ini digolongkan sebagai anjing terpintar sedunia karena mampu mengenal lebih dari seribu kata dan akrobatik, sehingga mampu melakukan hampir semua olahraga anjing. Border Collie memang atletis dan energik.


8Anjing Pudel

anjingterpintar8

Jenis anjing pudel berasal dari Jerman. Dikenal aktif dan suka bermain dengan air. Jika dilatih dengan baik, anjing ini mampu menguasai beberapa keahlian seperti kepatuhan, keuletan, kemampuan melacak, dan kemampuan menggiring hewan lain. Ciri fisik anjing pudel adalah memiliki bulu keriting dengan warna cenderung putih, hitam, dan coklat.


7Anjing Gembala Shetland (Shetland Sheepdog)

anjingterpintar7

Berasal dari Skotlandia, anjing ini termasuk berukuran sedang dan memiliki variasi warna pada bulunya yang lebat sehingga terlihat sangat lucu. Anjing ini terkenal loyal, mencintai keluarga tuannya, dan cenderung galak pada orang asing. Sifatnya riang, energik, dan mau bekerja keras. Shetland Sheepdog juga mudah dilatih dengan cepat sejak usia dini terutama dalam hal melompat dan mengejar suatu benda.


6Anjing Papillon

anjingterpintar6

Anjing Papillon memiliki tampilan yang lucu karena memiliki kepala berukuran kecil dengan telinga yang bulat dan besar. Anjing asal Perancis ini awalnya hanya dimiliki oleh bangsawan untuk hewan hiasan agar menarik perhatian orang. Dengan tinggi sekitar 8 – 11 inchi, hewan ini termasuk sangat cerdas dan dapat dilatih dengan cepat terutama untuk trik-trik baru. Dengan karakternya yang periang dan ramah, Papillon mudah bersosialisasi dengan anak-anak, anjing lain, bahkan orang asing.


5Rottweiler

anjingterpintar5

Anjing asal Jerman yang berukuran sedang ini awalnya digunakan untuk menggiring ternak dan menarik keranjang yang berisikan hasil pertanian. Namun sekarang anjing ini sering dipakai sebagai anjing pelacak dalam kegiatan militer dan kepolisian. Karakternya yang percaya diri, cenderung merespon sesuatu dengan menunggu, dan kemauan bekerja keras menjadikannya sebagai anjing keluarga dan penjaga rumah.


4Labrador Retriever

anjingterpintar4

Labrador Retriever termasuk jenis gun dog, yaitu merupakan salah satu anjing yang dilatih untuk membantu pemburu. Karakternya pintar, enerjik, dan suka bersahabat dengan manusia. Sehingga seringkali dilatih untuk menuntun orang buta dan pengidap autis.


3Anjing Doberman

anjingterpintar3

Anjing asal Jerman ini terkenal sangat pintar, berhati-hati, serta patuh pada tuannya. Tak heran jika kerap dijadikan sebagai anjing penjaga serta membantu polisi. Dengan postur yang atletis ditunjang fisik yang kuat dan bagus, Doberman termasuk anjing favorit banyak orang. Meski begitu, Doberman adalah hewan yang agresif dan ganas sehingga diperlukan latihan lebih lanjut untuk dapat mengikuti perintah manusia.


2Golden Retriever

anjingterpintar2

Ukurannya cukup lebar dan besar, sehingga sering digunakan sebagai anjing yang membantu pemburu. Karakternya suka bermain air dan sangat mudah dilatih. Sifatnya yang sabar, cenderung ramah terhadap semua orang bahkan orang asing membuatnya cocok dijadikan sebagai anjing peliharaan keluarga, namun tidak cocok sebagai anjing penjaga.


1Anjing Lembu Australia

anjingterpintar1

Dulunya anjing ini digunakan sebagai anjing yang menggiring ternak lembu. Karakter anjing ini tergolong unik karena sangat aktif, cepat merespon, dan cenderung mandiri. Sifatnya sangat patuh dan loyal terhadap tuannya sehingga kerap dipakai sebagai pelindung keluarga dan harta sang pemilik.


Itulah 10 anjing terpintar di dunia. Sejak dulu hewan yang satu ini memang sudah dikenal pintar dan loyal terhadap majikannya. Anjing memang memiliki hubungan yang cukup akrab dengan manusia dibandingkan dengan hewan lainnya. Kamu tertarik untuk memiliki salah satu anjing cerdas di atas?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry