Teknologi

Wah, Ini 10 Sepeda Motor yang Ternyata Kurang Laku di Indonesia!

Sepeda motor bukan lagi sebuah kebutuhan sekunder atau tersier saat ini, tetapi sudah masuk dalam jajaran kebutuhan primer yang (seolah) wajib dipenuhi untuk menunjang kebutuhan hidup manusia sehari-hari. Meski tidak adanya sepeda motor sebenarnya tidak memengaruhi kelangsungan hidup manusia secara langsung, tetapi ketika kita tidak punya sepeda motor, rasanya seluruh agenda keseharian kita menjadi sulit dikerjakan dan diselesaikan. Kita tidak bisa mencapai suatu tempat yang relatif jauh untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Meski digandrungi masyarakat saat ini, bukan berarti semua tipe sepeda motor menjadi primadona era milenial. Ada loh beberapa jenis sepeda motor yang terbilang kurang laku di Indonesia yang mungkin bahkan tak pernah kamu dengar namanya, seperti daftar tipe sepeda motor di bawah ini.


10Yamaha Tiara S J120Z

Baru dengar? Sekilas, Tiara S J120Z memiliki bentuk bodi yang serupa dengan Satria F150 atau Kawasaki Athlete, sebuah motor kopling dengan bodi yang ramping. Meski mengusung konsep yang sama, ternyata motor ini kurang laku di pasaran Indonesia. Usut punya usut, ternyata tipe motor inilah yang justru menginspirasi kelahiran produk Satria F150.


9Yamaha Lexam

Yamaha Lexam sebenarnya diluncurkan di tahun 2011 namun namanya mungkin tidak terlalu dikenal sebab ternyata peminatnya sangat sedikit meski motor ini memberikan jaminan kualitas pengendaraan yang mulus dengan kenyamanan dan desain bodi yang sporty.


8Yamaha Force F1

Mengunggulkan desain bodi ramping dan lampu utama serta lampu sein yang terang ternyata tak menjadi jaminan bagi Yamaha Force F1 untuk diminati konsumen Indonesia. Lagi-lagi, produk Yamaha masuk dalam jajaran tipe sepeda motor yang kurang laku di Indonesia.


7Yamaha 125zR

Motor ini diperkenalkan di awal tahun 2000-an sebagai motor kopling dengan desain motor bebek. Tipe sepeda motor ini pernah digunakan untuk kepentingan di area drag bike nasional. Harga bekas untuk tipe sepeda motor ini bahkan relatif tinggi di zamannya. Namun sekarang namanya hanya bisa dikenang oleh sebagian orang saja.


6Suzuki RK Cool 110

Ini dia Satria F150 versi CC lebih rendah dan produksi Suzuki. Dirilis sekitar tahun 2002, Suzuki RK Cool 110 ternyata tidak bisa mencapai penjualan yang diharapkan sehingga masuk dalam daftar tipe sepeda motor yang kurang laku di Indonesia.


5Suzuki Arashi 125

Tipe sepeda motor ini masih bisa ditemui meski tak sebanyak motor produksi Suzuki lainnya. Suzuki Arashi yang di-launching pada Maret 2006 ini ternyata tak pernah mencapai target penjualan yang diharapkan dan seolah menjadi refleksi bahwa produk ini belum menjawab keinginan konsumen Indonesia akan tipe sepeda motor bebek sport.


4Kawasaki Edge

Bukan hanya terkenal dengan tipe sepeda motor jantan seperti Ninja, Kawasaki juga bermain di kelas bebek manual dan melahirkan Kawasaki Edge. Ternyata, angan-angan kesuksesan penjualan motor kopling Ninja yang menular pada Edge tidak terwujud.


3Honda Revo AT


Tipe sepeda motor satu ini masih bisa ditemukan pada beberapa kota. Memang jumlahnya juga tidak terlalu banyak. Tipe sepeda motor ini adalah gabungan dari tipe motor bebek dan matic: desain bodi motor bebek tetapi mesinnya matic. Ternyata, inovasi gabungan tersebut tak melahirkan kesuksesan penjualan yang diharapkan.


2Suzuki Spin

Bukan sebuah tipe sepeda motor yang benar-benar tidak laku, Suzuki Spin masih bisa kita temukan di jalanan kota-kota besar. Akan tetapi, motor ini ternyata tak cukup memukau konsumen Indonesia yang mulai melirik tipe moto skuter otomatis. Produksi tipe sepeda motor ini akhirnya berhenti pada tahun 2011 dan tergantikan oleh tipe yang lebih baru seperti Suzuki Nex untuk disaingkan dengan Yamaha Mio dan Honda Vario.


1Honda CS1

Mungkin kamu masih sering melihat motor ini berkeliaran di kotamu dan memang, Honda selalu dicap sebagai produsen motor paling menjanjikan karena terkenal akan kualitasnya yang relatif bandel dan awet. Jadi mungkin kamu akan kaget melihat Honda CS1 ternyata masuk dalam tipe sepeda motor yang terbilang kurang laku di Indonesia karena desainnya yang kurang elegan dan kalah dengan penjualan motor matic keluaran Honda seperti Beat dan Vario.


Wah, meski statusnya sudah berubah jadi kebutuhan primer, toh 10 tipe sepeda motor ini ternyata gagal meraih hati masyarakat. Jauh dari itu, namanya mungkin masih ada yang asing. Kamu paling tidak tahu dengan tipe sepeda motor yang mana nih?

Ngomong-ngomong untuk kamu yang doyan motor, support teman-teman riders Indo di luar negeri yuk agar rider Indonesia semakin terkenal. Follow: https://www.instagram.com/insydermc/

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • Andi Satria

    Diantara yang tahun 2000-an. Cuman Tiara doang yang bukan kayanya.

    • Jacob Ah Jah

      Bener bro Tiara terbatas, soalnya import dr Thailand. Peminatnye banyak yg gak kebagian termasuk ane. Mending Yamaha bikin mesin 2 tak lagi, ane yakin pasti meledak penjualannye. RX King reborn 👍.

  • Wyldan Firdaus

    Kirana from honda mana ??hahaha

  • Adi Kristal

    semua motor Suzi gak laku…
    wkwkwkkkk…

error: Alert: Content is protected !!