Dunia Medis

Wah, Ternyata Ada 10 Kegunaan Belimbing bagi Manusia

Meskipun buah belimbing adalah buah yang bisa ditemukan sehari-hari, ternyata buah ini memiliki beragam kegunaan yang bermanfaat untuk tubuh, baik kesehatan maupun kecantikan. Cara menggunakannya pun sederhana, yaitu dengan memakannya langsung atau mengoleskannya pada wajah. Simak sepuluh kegunaan belimbing untuk kehidupan manusia. Semoga bermanfaat, ya.


10Menghaluskan Kulit Wajah/Mengecilkan Pori

kegunaanbelimbing10

Kulit wajah dengan pori-pori yang besar tentu tidak enak dilihat. Dengan pori yang besar, kulit wajah terlihat kasar atau tidak halus. Belimbing bisa digunakan untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah karena kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya. Caranya sederhana saja, cukup dengan memarut belimbing yang sudah matang. Kemudian oleskan parutan tersebut ke wajah dan diamkan 15 menit. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, niscaya akan menghasilkan kulit wajah yang halus.


9Menjaga Daya Tahan Tubuh

kegunaanbelimbing9

Kandungan air dalam belimbing ternyata sangat bermanfaat bagi manusia. Kegunaan belimbing ini berkaitan dengan penggantian ion tubuh yang digunakan saat beraktivitas. Manusia kehilangan ion dan harus diganti agar tidak mengalami penurunan daya tahan tubuh. Dalam hal ini, belimbing bisa diandalkan.


8Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

kegunaanbelimbing8

Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat, belimbing bisa menjadi obat yang manjur. Caranya, gosokkkan belahan belimbing pada wajah dengan perlahan. Biarkan mengering selama satu malam. Setelah itu, jerawat akan matang, mengering, dan hilang dengan sendirinya. Jangan lupa, sebelum menggosokkan belimbing pada wajah, pastikan wajah dalam keadaan bersih. Bukan hanya membersihkan jerawat, kegunaan belimbing yang lain adalah bisa mengurangi minyak berlebih sehingga mencegah munculnya jerawat pada wajah.


7Melancarkan Sistem Pencernaan

kegunaanbelimbing7

Buah belimbing memiliki banyak serat, apalagi jika dikonsumsi dengan kulitnya. Serat dari buah belimbing ini sangat bermanfaat bagi pencernaan manusia. Kandungan serat yang dimiliki belimbing bisa menghindarkan seseorang dari risiko kanker usus karena mampu mengikat bahan kimia di usus besar. Selain itu, dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung serat, sistem pencernaan pun lancar. Katakan no way pada sembelit.


6Menambah Nafsu Makan

kegunaanbelimbing6

Kegunaan belimbing selanjutnya adalah menambah nafsu makan. Hal ini disebabkan oleh kehadiran vitamin A dan retinol pada buah belimbing. Banyak ahli yang meyakini bahwa dua kandungan ini bisa membuat nafsu makan bertambah. Nah, jika Anda merasa tidak ingin mengkonsumsi apa-apa, cobalah belimbing.


5Meningkatkan Kerja Enzim

kegunaanbelimbing5

Kegunaan belimbing selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin B kompleks. Kandungan yang berupa folat, pridoksin, dan riboflavin ini bisa diajak bekerja sama untuk meningkatkan kerja enzim dalam tubuh manusia. Vitamin B kompleks dalam belimbing diyakini mendukung fungsi sintesis enzim tersebut.


4Mencegah Kanker

kegunaanbelimbing4

Kandungan vitamin yang paling banyak terdapat pada belimbing adalah vitamin C. Dalam 100 gr belimbing, terdapat 34,7 mg vitamin C. Jumlah ini bisa memenuhi setengah porsi kebutuhan manusia akan vitamin C. Sementara itu, vitamin C disebut-sebut sebagai antioksidan yang kuat sehingga membantu tubuh untuk melawan infeksi dan radikal bebas.


3Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

kegunaanbelimbing3

Selain vitamin C dan vitamin B kompleks, di dalam belimbing pun terdapat kandungan mineral, kalium, seng, dan besi. Kandungan kalium dalam belimbing ini yang dipercayai bisa menyembuhkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, mengkonsumsi belimbing secara rutin adalah cara sederhana untuk menyembuhkan hipertensi.


2Mengurangi Kadar Kolesterol

kegunaanbelimbing2

Ada pula yang disebut zat pektin terdapat dalam buah belimbing. Zat ini berfungsi mengikat kolesterol jahat dalam tubuh manusia. Dengan berkurangnya kolesterol jahat, tubuh manusia cenderung lebih sehat. Makanlah belimbing untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh kita.


1Mengatasi Gangguan Ginjal

kegunaanbelimbing1

Untuk penderita penyakit ginjal, kegunaan belimbing bisa untuk menyembuhkan. Mengkonsumsi belimbing akan berpengaruh terhadap asam oksalat dimana zat ini mengganggu metabolisme tubuh dan penyerapan makanan.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry