Dunia Medis Kuliner

Wah, Ternyata Ada 10 Manfaat Mengonsumsi Coklat

Siapa yang menyukai coklat? Makanan ini digemari oleh banyak orang, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Bentuk penyajiannya pun bermacam-macam, baik dimakan langsung, dalam bentuk cair (minuman), atau sebagai pelengkap, seperti dalam roti coklat, dan sebagainya. Bukan hanya enak, coklat pun memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh. Berikut sepuluh manfaat mengonsumsi coklat.


10Melindungi Otak

manfaatcoklat10

Ternyata, coklat berguna melindungi otak manusia dari cedera setelah mengalami stroke. Menurut penelitian dari para ilmuwan di Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins di Baltimore, Maryland, Amerika, epicatechin yang terdapat pada kakao dan mengandung flavanol harus diberikan kepada penderita dalam waktu 3,5 jam setelah terkena serangan stroke. Epicatechin akan mendorong sel-sel agar bisa membela diri. Namun, senyawa ini sangat sensitif terhadap panas dan cahaya. Jadi, pastikan Anda tidak menghancurkannya saat sedang mengolah coklat.


9Melawan Kanker

manfaatcoklat9

Kanker adalah penyakit yang butuh penanganan medis yang sangat intensif. Ada sebagian orang yang tidak bisa survive setelah mengidap kanker stadium lanjut. Dalam sebuah penelitian, salah satu obat yang ampuh untuk mengobati kanker adalah dark chocolate. Para ilmuwan ini mengatakan bahwa makanan bisa menjadi kemoterapi saat menghadapi kanker. Namun, mengonsumsi coklat pun harus dibarengi dengan berbagai makanan lain yang mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh.


8Melawan Demensia

manfaatcoklat8

Demensia adalah penyakit yang banyak diderita oleh orang-orang berusia senja. Salah satu manfaat mengonsumsi coklat dalam bentuk cair adalah melawan demensia. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mengonsumsi dua cangkir coklat setiap hari akan meningkatkan ketangkasan mental. Flavanol yang terdapat dalam coklat mampu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga mengurangi kemungkinan demensia bagi orang tua


7Mencegah Diabetes

manfaatcoklat7

Banyak yang mengira bahwa coklat adalah makanan manis yang justru akan membuat seseorang kelebihan asupan gula. Sebuah penelitian dari para ilmuwan di Italia merilis kabar baik. Ternyata, dark chocolate bisa memperbaiki cara tubuh untuk memproses gula. Dengan adanya percepatan metabolisme gula darah setelah seseorang mengonsumsi coklat, diharapkan seseorang dapat terhindar dari penyakit diabetes.


6Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

manfaatcoklat6

Manfaat mengonsumsi coklat selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi karena adanya senyawa flavonoid dalam makanan ini. Mengonsumsi coklat bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah dimana hal ini berpengaruh bagi seseorang yang menderita penyakit jantung.


5Menyembuhkan Flu

manfaatcoklat5

Dalam sebuah penelitian di British Thoracic Society yang diadakan pada 2012 ditemukan bahwa bahan kimia yang terdapat dalam buah kakao bisa menghentikan refleks batuk pada flu biasa. Hal ini terjadi karena adanya kemampuan untuk memblokir gerakan saraf sensorik yang dialami seseorang yang menderita flu. Zat kimia tersebut adalah theobromine.


4Mengatasi Kolesterol

manfaatcoklat4

Coklat juga berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Dalam sebuah studi di Journal Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases, mengonsumsi 40 gram produk olahan kakao yang dipadukan dengan 500 ml susu skim setiap hari dalam waktu 4 minggu sangat bermanfaat bagi tubuh. Konsumsi coklat dan susu skim bisa meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Zat yang terdapat dalam coklat dan berjasa memerangi LDL ini adalah polifenol.


3Anti Depresan

manfaatcoklat3

Ketika mengonsumsi coklat, otak seseorang akan bergerak melepaskan endorphin. Senyawa ini akan menciptakan perasaan yang menyenangkan bagi tubuh. Seseorang yang mengonsumsi coklat akan merasa lebih bahagia dan rileks. Kandungan yang terdapat dalam coklat seperti kafein dan theobromine diyakini bisa memperbaiki mood dan mengurangi kelelahan. Jika Anda sedang merasa tertekan, cobalah untuk mengonsumsi sebatang coklat.


2Meningkatkan Gairah

manfaatcoklat2

Manfaat mengonsumsi coklat yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang adalah mampu meningkatkan gairah seksual. Jenis coklat yang berfungsi untuk meningkatkan gairah adalah dark chocolate. Zat yang terdapat dalam coklat dan menyebabkan peningkatan gairah tersebut adalah L-arginin. Dengan kehadiran L-arginin, aliran darah ke organ seksual berjalan dengan lancar.


1Memperlambat Penuaan

manfaatcoklat1

Fungsi flavanol selanjutnya yang terdapat dalam coklat adalah memperlambat proses penuaan. Dengan mengonsumsi coklat, terjadi peningkatan oksigenasi kulit. Menurut para peneliti, mengonsumsi dua batang coklat sehari akan membantu tubuh mengurangi penuaan. Wah, ternyata coklat sangat bermanfaat ya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry