Olah Raga

Wow, 10 Atlet Wanita Indonesia Ini Sangat Berprestasi

Indonesia cukup dikenal di mata dunia dari prestasi para atletnya yang luar biasa. Sebut saja nama Susi Susanti, Liliana Natsir, dan sebagainya. Para atlet ini telah sejak dulu memukau pandangan dengan gaya mereka ketika berada di panggung pertandingan. Merekalah orang-orang yang turut berjasa mengharumkan nama Indonesia. Nah, inilah sepuluh atlet wanita Indonesia yang sangat berprestasi.


10Susi Susanti

atlitwanitaindo10

Siapa yang tidak mengenal Susi Susanti. Wanita yang lahir pada 11 Februari 1971 ini sukses membawa nama Indonesia dalam aksinya di lapangan badminton. Ia menjuarai berbagai pertandingan bergengsi seperti All England, World Cup, dan berbagai kejuaraan lainnya. Meskipun saat ini Susi Susanti telah menggantungkan raket, ia masih dikenang sebagai legenda dalam sejarah perbulutangkisan tanah air.


9Yayuk Basuki

atlitwanitaindo9

Setelah Yayuk Basuki, belum ada petenis putri Indonesia yang mampu bersinar di kejuaraan internasional. Wanita yang lahir pada 30 November 1970 ini telah mencapai ranking 19 dunia menurut Women’s Tennis Association. Yayuk Basuki mulai menjadi petenis profesional pada 1990 dan telah memenangkan berbagai turnamen bertaraf internasional.


8Lindswell Kwok

atlitwanitaindo8

Meskipun masih sangat muda, Lindswell Kwok adalah salah satu atlet wanita Indonesia yang berprestasi. Wanita yang lahir pada 24 September 1991 ini menggeluti olahraga wushu dan namanya telah berkibar baik di nasional maupun internasional. Salah satu prestasi Kwok adalah meraih medali emas dalam Kejuaraan Wushu Dunia di Kanada pada 2009.


7Alexandra Asmasoebrata

atlitwanitaindo7

Wanita yang biasa dipanggil Andra ini lahir pada 23 Mei 1988. Andra meraih gelar MURI sebagai pebalap wanita pertama di Indonesia. Wanita ini memulai kariernya di arena balap pada usia 12 tahun. Ia mengikuti berbagai kejuaraan internasional dan memenangkan beberapa di antaranya seperti 13th World Championship Junior dan 1st China Formula Campus Asian Division.


6Dedeh Erawati

atlitwanitaindo6

Dedeh Erawati adalah pelari gawang 100 m yang lahir pada 25 Mei 1980. Wanita yang berasal dari Sumedang ini telah memenangkan beberapa medali emas SEA Games. Ia juga memenangkan medali perunggu pada 2009 di ajang Asian Athletics Championship yang diadakan di Guangzhou, China.


5Elsa Manora Nasution

atlitwanitaindo5

Wanita yang lahir pada 25 Oktober 1977 ini adalah perenang andal dari Indonesia yang telah berkali-kali mengharumkan nama bangsa. Meskipun saat ini telah pensiun dan tidak lagi aktif di olahraga renang, Elsa tetap dikenang. Ia adalah atlet wanita Indonesia yang pernah memenangkan medali perunggu pada SEA Games 2003. Ia juga mewakili Indonesia dalam ajang olimpiade meskipun belum meraih prestasi.


4Lilyana Natsir

atlitwanitaindo4

Atlet wanita Indonesia yang satu ini masih bersinar hingga kini. Bersama pasangan duetnya yaitu Tantowi Ahmad, mereka melibas para penantang mereka di lapangan badminton. Lilyana dan Tantowi meraih berbagai gelar di ajang bergengsi seperti SEA Games dan Kejuaraan Dunia. Pasangan ini pun pernah membawa pulang medali perak pada Olimpiade Beijing 2008 lalu.


3Irine Kharisma Sukandar

atlitwanitaindo3

Di depan papan catur, Irine Kharisma Sukandar bukanlah lawan yang mudah ditaklukkan. Wanita muda kelahiran Jakarta, 7 April 1992 ini telah mendapat gelar Woman Grand Master pertama di Indonesia. Bukan hanya itu, ia juga meraih International Master pada 2014 lalu dan berpartisipasi dalam berbagai kejuaraan dunia.


2Lis Andriana

atlitwanitaindo2

Mungkin nama Lis Andriana kurang terdengar di telinga masyarakat awam. Sebenarnya, wanita ini adalah atlet paralayang senior yang telah menggondol juara dunia pada 2012 dan 2013. Ia juga memenangkan berbagai medali dalam SEA Games maupun kejuaraan dunia lainnya.


1Sri Hartati

atlitwanitaindo1

Sri Hartati adalah atlet wanita Indonesia yang menggeluti olahraga angkat besi dan angkat berat. Ia memulai latihannya sejak 12 tahun. Setelah latihan yang tidak sebentar, ia berhasil meraih gelar juara dunia yaitu di Kejuaraan Dunia di Puerto Rico pada 2011 dan Norwegia pada 2013.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry