Dunia & Peristiwa Sejarah

Wow, 10 Bangunan Megah Ini Dibangun Atas Nama Cinta!

Cinta memang bisa membuat setiap orang mampu melakukan apa saja demi menyenangkan hati orang yang dicintainya. Makanya, tidak salah jika para pujangga pun menyebut bahwa cinta itu buta. Bahkan, ada orang-orang yang rela membangun bangunan raksasa sebagai bukti cintanya. Seperti berikut, 10 bangunan megah ini ternyata dibangun atas nama cinta.


10Kastil Boldt (New York, Amerika Serikat)

Pemilik jaringan Hotel Waldorf-Astoria, George Boldt membangun Kastil Boldt pada 1900 sebagai ungkapan rasa cintanya kepada sang istri, Louise Boldt. Terdapat 120 kamar dengan taman bergaya Italia di kastil yang berada di Heart Island, kawasan Thousand Islands, New York, Amerika Serikat ini. Sayangnya, Louise meninggal pada 1904 sebelum kastil ini selesai.


9Kastil Mystery (Arizona, Amerika Serikat)

Kastil Mystery di kawasan Arizona, Amerika Serikat ini dibangun pada 1930-an oleh seorang pria bernama Boyce Luther Gully untuk menyenangkan hati putrinya, Mary Lou yang sangat menyukai cerita-cerita negeri dongeng dengan kastilnya yang antik. Namun sayangnya, Gully pun meninggal setelah didiagnosa mengidap TBC saat sang putri masih berusia lima tahun.


8Kastil Dobroyd (Yorkshire, Inggris)

Kisah cinta antara pengusaha sukses John Frieden dengan seorang buruh Ruth Stansfield jadi latar belakang dibangunnya Kastil Dobroyd di Todmordern, Yorkshire barat, Inggris ini. Saat Ruth dilamar Frieden, dia pun memberi syarat sebuah kastil. Sayang, setelah menikah pada 1857, cinta mereka malah merenggang, karena Ruth kecanduan alkohol hingga meninggal.


7Kastil Coral (Florida, Amerika Serikat)

Monumen dari batu ini memiliki kisah patah hati dari pria Amerika-Latvia bernama Edward Leedskalnin yang bertunangan dengan Agnes Scuffs pada 1913. Namun, tiba-tiba kekasihnya itu meminta membatalkan pertunangan. Edward yang patah hati akhirnya pergi, dan tinggal di Hamstead, Florida, Amerika Serikat pada 1918. Dia membangun Kastil Coral pada 1920.


6Kastil Swallow’s Nest (Republik Otonom Krimea)

Seorang dokter bernama A K Tobin membeli kasti ini sebagai ungkapan rasa cintanya kepada sang istri. Kastil Swallow’s Nest terlihat sangat megah meski tidak terlalu besar, dibangun di atas tebing dengan hanya memiliki dua kamar tidur menghadap ke Laut Krimea. Lokasinya berada di Republik Otonom Krimea, sebuah republik di Ukraina dengan ibukota Simferopol.


5The Petit Trianon (Versailles, Prancis)

Bangunan megah ini merupakan Istana Versailles yang berada di Versailles, Prancis. The Petit Trianon menjadi bukti cinta Raja Louis XV kepada salah seorang selirnya, bernama Madame de Pompadour. Namun, penerusnya, Raja Louis XVI juga pernah memberikan kastil mungil dengan taman yang luas ini untuk Ratu Marie Antoinette yang meninggal dengan dipenggal.


4Ashton Memorial (Lancaster, Inggris)

Bergaya arsitektur Edwardian Baroque, bangunan mewah ini dibangun di sebuah bukit di Taman Williamson, Lancaster, Inggris. Seorang bangsawan sekaligus jutawan Inggris yang bernama Lord Ashton membangun kastil Ashton Memorial ini untuk istri keduanya, Jessie yang meninggal pada tahun 1904. Bangunan ini kemudian dibuka untuk publik pada 1909.


3Kuil Kodai-Ji (Kyoto, Jepang)

Jika bangunan mewah lainnya dibangun oleh para pria untuk wanita yang dicintainya, maka kuil yang berada di Kyoto, Jepang ini dibangun seorang istri bernama Kita-no-Mandokoro untuk mengenang suaminya, Toyotomi Hideyoshi yang meninggal pada 1598. Setelah itu, dia memutuskan menjadi biarawati dan tinggal di Kuil Kodai-Ji ini hingga meninggal pada 1624.


2Taj Mahal (Agra, India)

Termasuk salah satu kejaiban dunia versi UNESCO, semua orang pun mengetahui bangunan megah ini adalah bukti cinta Kaisar Shah Jahan dari Dinasti Mughal pada selirnya, Mumtaz Mahal. Bangunan Taj Mahal dari batu pualam putih ini berdiri pada 1653 setelah dibangun selama 21 tahun, dan kemudian digunakan sebagai lokasi untuk persemayaman sang selir.


1Candi Prambanan (Yogyakarta, Indonesia)

Indonesia pun punya kisah bangunan yang dibangun atas nama cinta, Candi Prambanan di Yogyakarta. Bangunan ini adalah bukti cinta Badung Bondowoso kepada Roro Jonggrang. Dia diminta untuk membangun seribu candi ketika ingin menikahi gadis itu. Bondowoso pun meminta bantuan jin, namun dia gagal mendapatkan cintanya, karena Roro berlaku curang.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry