Unik & Aneh

Wow, 10 Formasi Mozaik Unik dan Spektakuler Ini Ternyata Ada di Indonesia

Mozaik berasal dari bahasa Inggris mosaic yang berarti karya seni yang tersusun atas potongan-potongan kecil material yang akan menjadi indah jika disatukan. Ternyata, prinsip ‘mozaik’ dalam seni ini juga dapat diaplikasikan menjadi sebuah karya visual yang nyata. Misalnya saja sejumlah orang dengan atribut tertentu yang akan membentuk sebuah formasi atau gambar yang justru tampak indah dari kejauhan.

Formasi mozaik sering digunakan sebagai atraksi dan visualisasi. Formasi mozaik pada umumnya melibatkan banyak orang. Tidak hanya untuk membentuk sebuah karya yang indah, mozaik juga dapat digunakan untuk melatih kekompakan dan kerja sama. Ternyata, Indonesia juga memiliki formasi mozaik spektakulernya, lho!


10Bunga Lotus – Undip

Setiap tahunnya, Undip (Universitas Diponegoro) menerima ribuan mahasiswa. Untuk menyambut mahasiswa baru, Undip menyelenggarakan ODM (Orientasi Diponegoro Muda). Pada tahun 2016, ODM memiliki sejumlah atraksi yang menarik. Mulai dari Ethno Carnival yang menampilkan ‘kekayaan’ dan keragaman UNDIP hingga formasi mozaik yang indah.

Formasi mozaik pada ODM Undip 2016 berbentuk bunga lotus. Hebatnya, ODM Undip tahun 2016 ini menggunakan 11 varian warna. Formasi Mozaik bunga lotus ini sendiri merupakan mozaik edisi ke-3 karya mahasiswa-mahasiswi baru Undip.


9Emoticon Senyum – Suporter PSS Sleman

Brigatta Curva Sud (BCS) – suporter PSS Sleman ini mendukung tim sepak bolanya dengan cara yang unik. Mereka merancang formasi emoticon ‘tersenyum’ dengan sangatmenarik. Seperti diketahui bahwa suporter sepak bola dari Sleman dan DIY merupakan salah satu suporter yang terkenal dengan kreativitasnya. Para suporter tersebut memenuhi tribun stadion dengan berbagai macam tanda warna seperti hijau, putih, kuning, dan hitam.


8Gugus Kepulauan Indonesia – UGM

Universitas Gadjah Mada memiliki agenda rutin pelatihan pembelajaran mahasiswa baru yang disebut dengan PPSMB (Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru). Pada tahun 2012, UGM secara resmi menerima 12.800 mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013 dari jenjang pendidikan vokasi, S1, S2, dan S3.

Pada PPSMB tahun 2012 dengan tema ‘Palapa’ ini, sejumlah 9500 mahasiswa bersama-sama melakukan ‘Parade Nusantara”. Parade ini berupa tarian tradisional mahasiswa berupa flashmob dance yang membentuk gugusan kepulauan Indonesia. Tarian parade dan formasi mozaik ini mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).


7NasDem

Pelantikan Dewan Pimpinan Partai NasDem wilayah Lampung pada 8 Oktober 2016 lalu diwarnai dengan berbagai macam atraksi seremonial. Salah satunya adalah dengan membentuk berbagai macam formasi mozaik. Tak main-main, pelantikan Dewan Pimpinan Partai NasDem wilayah Lampung ini membentuk lima formasi mozaik sekaligus secara berurutan.

Formasi mozaik tersebut antara lain formasi lambang partai NasDem, bendera merah putih, wajah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dan wajah Ketua DPW Partai NasDem Lampung Mustafa. Tak ketinggalan, tulisan formasi “Dari Lampung untuk Indonesia”. Formasi mozaik ini mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) yang melibatkan 15 ribu kader dan simpatisan.


6ASEAN – UGM

Formasi mozaik Lambang ASEAN raksasa memenuhi lapangan Grha Sabha Pramana (GSP) pada 23 Agustus 2015 lalu. Formasi mozaik ini dibentuk dari 9500 mahasiswa baru UGM angkatan 2015 dengan menggunakan caping beraneka warna.

Kumpulan mahasiswa-mahasiswa dengan atribut warna yang sesuai dengan tugasnya ini terlihat sangat menakjubkan bila dilihat dari kejauhan. Membuat lambang ASEAN raksasa dalam formasi mozaik dapat dikatakan sulit karena detail tulisan dan lambang seikat padi yang membutuhkan kerja sama untuk membentuknya.


5Makara UI – OKK UI 2015

Pada OKK (Orientasi Kehidupan Kampus) Universitas Indonesia 2015, OKK dikemas dengan serangkaan kegiatan yang menantang dan menyenangkan. Para mahasiswa baru UI ditantang untuk berpikir kritis dan aktif untuk memberikan kontribusinya bagi bangsa. Para maba (mahasiswa baru) UI sangat kreatif dengan membentuk formasi mozaik Makara UI yang keren.


4Peta Indonesia – Perayaan Hari Kebangkitan Nasional ke-100

Pada tahun 2008 lalu, Indonesia genap 100 tahun memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Peringatan ini digelar dengan parade budaya meliputi tari-tarian, nyanyian, marching band, hingga atraksi yang memukau.

Salah satu atraksi yang menarik perhatian publik adalah aksi formasi mozaik yang dilakukan dari tribun penonton di stadion. Terdapat berbagai macam bentuk formasi mozaik yang dipamerkan antara lain bendera Sang Merah Putih, Garuda, wajah (mantan) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan peta Indonesia. Formasi mozaik peta Indonesia ini sangat menarik perhatian karena detailnya yang dapat tersampaikan dengan baik.


3Formasi 68 – Suporter Sepak Bola Yogyakarta

Ada pemandangan unik yang terlihat saat laga pertandingan U-23 Laga Uji Coba Timnas Indonesia vs Tim Brunei Darussalam pada tahun 2013 lalu. Tak hanya kemenangan Timnas Indonesia yang membuat bangga, namun aksi suporter bolanya juga mengagumkan.

Tim suporter bola ini berhasil menunjukkan bahwa suporter bukan pembawa kisruh semata. Mereka juga membuktikan bahwa suporter dapat mendukung tim favoritnya dengan cara kreatif. Salah satunya adalah dengan membentuk formasi mozaik angka 68 ini. Formasi angka ini benar-benar keren. Tak sedikit dari masyarakat yang memujinya.


2Garuda Pancasila – UGM

Sudah menjadi agenda rutin bahwa mahasiswa UGM dari berbagai fakultas dan jurusan bersatu untuk tumbuh dan berproses bersama dalam kegiatan PPSMB (Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru). Pada tahun 2014, para Gamada (Gadjah Mada Muda) – sebutan untuk mahasiswa baru UGM membentuk formasi Garuda Pancasila.

Sebanyak 9133 Gamada UGM berpartisipasi dalam membentuk formasi ini. Untuk membentuk formasi tersebut, para Gamada mengenakan caping berwarna-warni yang dikenakan di kepala. Untuk membuat formasi mozaik dengan jumlah peserta ribuan tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja sama dan kekompakan dalam mewujudkan suksesnya formasi mozaik.

Formasi mozaik Garuda Pancasila ini dapat dikatakan sukses. Detail-detail yang rumit dapat tervisualisasi dengan baik. Tidak hanya itu saja, di belakang formasi mozaik Garuda Pancasila dirancang pula mozaik bendera merah putih sebagai background-nya.


1The Most Mozaic Picture Formation – IPB

Pada 30 Agustus 2016 lalu, IPB berhasil mencetak rekor dunia dengan transisi mozaik tercepat di dunia dengan jumlah formasi terbanyak yaitu tujuh formasi. Hebatnya, mahasiswa IPB yang terlibat dalam aksi mozaik ini hanya membutuhkan waktu 42 detik saja untuk transisi dari satu formasi ke formasi yang lain. Tentu hal yang tidak mudah mengingat peserta mozaik terdiri dari 6.052 mahasiswa baru.

Ketujuh formasi mozaik tersebut antara lain Lambang IPB, tulisan “IPB Kebanggaanku”, tulisan “Ayo Kita Wujudkan”, Gambar Pad bertuliskan 3S, Gambar Indonesia dengan tulisan “Kerja Nyata”, Gambar Satelit Lapan IPB, dan tulisan “Pertanian Semangatku”. Penghargaan rekor dunia ini sendiri diberikan oleh badan pemberi rekor ternama dari Inggris, ‘Record Holder Republic (RHR) Registry of Official World Records.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry