Dunia & Peristiwa Teknologi

Wow, 10 Helikopter Serbu Militer Ini Jadi yang Paling Canggih di Dunia!

Setidaknya, ada 27 helikopter serbu militer di seluruh dunia sampai saat ini. Namun, dari sekian banyak itu, tentu ada beberapa yang menjadi terbaik dan paling maju di dunia. Nah, berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap kombinasi penilaian unjuk kerja, kecepatan, perlindungan, keuletan, kemampuan daya tembak, dan avionik, didapatkan 10 helikopter serbu militer yang paling canggih di dunia, yang masih dipakai saat ini. Berikut ulasannya.


10Mil Mi-24 Hind (Rusia)

Salah satu helikopter dengan kombinasi fungsi meriam, tempur, dan serbu yang paling dikenal di seluruh dunia ini sekarang dipakai oleh 50 kesatuan udara, meski pun produksi Mil Mi-24 Hind dari Rusia ini sudah dihentikan sejak tahun 1991. Helikopter dengan bodi besar hingga mampu mengangkut 8 penumpang ini dilengkapi meriam kembar 23-mm, serta membawa rudal anti-tank 9M17P Skorpion (AT-2 Swatter) dan 9M114 Shturm (AT-6 Spiral).


9Boeing AH-64D Longbow Apache (Amerika Serikat)

Helikopter empat bilah ini merupakan yang paling canggih dari segi persenjataan milik militer Amerika Serikat selama Perang Teluk. Dilengkapi dengan sistem senjata anti lapis baja, Boeing AH-64D Longbow Apache ini memiliki sebuah meriam M230, serta membawa belasan rudal dan roket. Helikopter yang juga dilengkapi sistem pengendalian kebakaran ini dirancang untuk melaksanakan misi dalam cuaca buruk, serta kondisi siang dan malam.


8Agusta A129 Mangusta (Italia)

Inilah helikopter serbu pertama yang dibuat di Eropa Barat, tepatnya di Italia. Agusta A129 Mangusta memiliki dua tempat duduk dan dua mesin, seta dirancang khusus untuk peran anti-lapis baja. Helikopter ini dilengkapi dengan sebuah meriam 20-mm, dan bisa membawa senapan mesin 12,7-mm, 8 rudal anti-tank TOW-2A, 50 roket Medusa 70-mm atau 81-mm. Versi turunan dari helikopter ini kemudian digunakan oleh Turki, dengan nomor seri T129.


7Denel AH-2 Rooivalk (Afrika Selatan)

Generasi baru dari Denel Aviation di Afrika Selatan ini bisa membawa sejumlah jenis senjata. Denel AH-2 Rooivalk dilengkapi meriam 20-mm Armscor dan membawa 4 x 4 peluncur roket untuk TOW atau rudal anti-tank Denel ZT-6 Mokopa. Helikopter yang dimiliki sebanyak 12 unit oleh militer Afrika Selatan ini juga bisa membawa peluncur roket 70-mm roket biasa jika sedang tidak membawa rudal. Mesin utamanya sama dengan produksi Aerospatiale Puma.


6Z-10 (China)

Diperkirakan, helikopter Z-10 milik China ini sekelas dengan Agusta A129 Mangusta dan Denel AH-2 Rooivalk. Helikopter ini memiliki konfigurasi tempur standar berupa pesawat meriam berbadan sempit dengan kokpit tandem bertingkat. Hanya 2 orang yang bisa duduk; seorang sebagai gunner dan satu lagi pilot utama. Senjatanya adalah meriam 30-mm, serta rudal anti-tank HJ-9 atau HJ-10, rudal udara-ke-udara TY-90, dan selongsong roket biasa.


5Eurocopter Tiger (Prancis dan Jerman)

Eurocopter Tiger merupakan salah satu helikopter serbu militer yang paling canggih di dunia, yang kini dipakai angkatan udara Prancis dan Jerman sejak tahun 2003. Dengan didukung dua mesin turboshaft MTU Turbomeca Rolls-Royce MTR390, helikopter empat-bilah ini memiliki sejumlah senjata utama. Yakni, sepucuk meriam 30-mm, 8 rudal anti-tank, 4 rudal udara-ke-udara jarak pendek, roket 68 x 68-mm, dan serenteng senapan mesin 12,7 mm.


4Mil Mi-28 Havoc (Rusia)

Mampu beroperasi di segala cuaca, baik siang maupun malam, helikopter ini merupakan helikopter tempur murni dengan lapis baja. Mil Mi-28 Havoc ditugaskan untuk menjadi helikopter serbu sejak tahun 2006, tanpa kemampuan sebagai alat transportasi. Helikopter ini sendiri memiliki kecepatan maksimum 320 kilometer/jam, serta dilengkapi meriam 30-mm, 9 rudal M114 Shturm-C, 9 rudal M120 atau M121F Vikhr, dan 9 rudal anti-tank A-2200.


3Kamov Ka-52 Hokum-B (Rusia)

Satu lagi helikopter buatan Rusia yang masuk dalam kategori paling canggih di dunia. Kamov Ka-52 Hokum-B ini merupakan versi 2 kursi dari Ka-50, dan jadi salah satu helikopter serbu tercepat di dunia. Helikopter serbu dengan peran ganda ini sangat kuat di semua cuaca, lincah, dan mampu beroperasi siang-malam. Senjatanya berupa meriam 30-mm dengan 460 butir peluru, 12 rudal anti-tank atau 4 rudal udara-ke-udara, dan beberapa unit roket biasa.


2Bell AH-1Z Viper (Amerika Serikat)

Digunakan korps marinir Amerika Serikat, helikopter ini merupakan versi modern dari AH-1 Cobra. Bell AH-1Z Viper dilengkapi senjata dan perangkat penyintasan paling maju sedunia. Kemampuan rudal udara-ke-udara yang dimilikinya pun sudah terintegrasi penuh. Helikopter bermesin ganda ini memiliki meriam 3-laras 20-mm dengan 750 peluru, rudal anti-tank, rudal anti-kapal, rudal udara-ke-udara, roket 70-mm biasa, hingga bom tak berkendali.


1Boeing AH-64E Apache Guardian (Amerika Serikat)

Didukung kecepatan maksimum 300 kilometer/jam dan dilengkapi persenjataan lengkap, tak heran jika Boeing AH-64E Apache Guardian ini menjadi helikopter serbu militer yang paling canggih di dunia. Helikopter empat-bilah dengan mesin turbo ganda ini memiliki meriam 30-mm, serta membawa 16 rudal AGM-114L Hellfire, 2 rudal anti-tank, 4 rudal AIM-92 Stinger, 2 rudal udara-ke-udara, 2 rudal anti-radiasi, dan selongsong roket 19-tembakan roket Hydra.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of