Flora & Fauna

Wow 10 Spesies Ini Baru Saja Ditemukan

Alam ini terdiri atas berbagai jenis makhluk hidup ciptaan Tuhan. Sebagian dari jenis tersebut sudah ditemukan dan diidentifikasi oleh manusia agar mudah dikenali. Namun, ternyata masih ada jenis-jenis spesies yang baru ditemukan oleh manusia. Nah, sepuluh spesies ini baru saja ditemukan.


10R. nicolifera

spesiesbaru10

Apakah Anda bisa membayangkan jika tumbuhan ternyata bisa memakan logam? Mungkin di film-film hal ini bisa kita temukan. Tumbuhan biasanya hanya membutuhkan air dan zat-zat dari dalam tanah untuk bertahan hidup. Namun, tumbuhan bernama R. nicolifera ini ternyata bisa memakan metal. Spesies ini baru saja ditemukan di Filipina. Tumbuhan ini bisa mengumpulkan metal melalui akarnya.


9Jamur

spesiesbaru9

Ada banyak jenis jamur yang bisa ditemukan di dunia ini. Ada yang aman untuk dikonsumsi, ada pula yang beracun. Di sebuah toko bahan makanan di London, ditemukan 3 jenis jamur baru yang belum pernah ada sebelumnya. Untungnya, jamur ini tidak beracun sehingga bisa dikonsumsi. Jamur-jamur baru ini belum dinamai apapun.


8Litarachna lopezae

spesiesbaru8

Sebuah jenis tungau baru ditemukan di Puerto Rico. Setelah spesies ini baru saja ditemukan, ia dinamai Litarachna Lopezae atau Jennifer Lopez. Spesies ini terlihat sangat kecil dalam jumlah yang banyak. Uniknya, nama pemberian ini diambil dari Lopez karena tim peneliti menyukai lagu-lagu Lopez.


7S. saluhensis

spesiesbaru7

Lumba-lumba bermantel ini diberi nama S. saluhensis. Spesies ini baru saja ditemukan di sekitar perairan Australia dan New Guinea. Mantel yang disebut-sebut dimiliki oleh lumba-lumba ini adalah bagian di sirip belakang mereka. Lumba-lumba ini memiliki perbedaan warna antara punggung yang lebih gelap daripada bagian bawahnya.


6Etendeka Round-eared Sengi

spesiesbaru6

Spesies ini baru saja ditemukan di Namibia. Memiliki berat sekitar 0,9 ons, Etendeka yang berbentuk seperti tikus ini memiliki bulu coklat kemerahan. Ia juga memiliki hidung seperti jarum. Untuk mendapatkan spesies ini, dibutuhkan 5.616 jebakan selama beberapa malam. Jadi, bisa dikatakan Etendeka adalah spesies yang cukup jenius.


5A. diversifamilia

spesiesbaru5

Keong atau siput dikenal sebagai hewan hermafrodit. Artinya, mereka bisa melakukan reproduksi sendiri tanpa membutuhkan hewan lain. Peneliti dari Academia Sinica of Taipei menemukan bahwa dua populasi berbeda dari satu spesies keong yang dipisahkan oleh gunung dan sungai di Taiwan sebenarnya adalah dua spesies berbeda. Yang satu memiliki rumah yang lebih besar dan datar.


4Isabel’s Saki

spesiesbaru4

Isabel’s Saki adalah spesies yang baru saja ditemukan di Peru. Spesies sejenis monyet ini memiliki bulu yang sangat tebal dan panjang. Warnanya kebanyakan hitam dan memiliki warna seperti lingkaran di kepalanya. Nama Isabel diambil dari Isabel Grameson Godin des Odonais, seorang aristokrat dari abad ke-18 yang hilang di hutan selama 28 hari dan ditemukan oleh suku Indian.


3Bumba Lennoni

spesiesbaru3

Satu lagi spesies yang dinamai dengan nama artis yaitu Bumba lennoni atau diambil dari nama John Lennon. Spesies ini baru saja ditemukan oleh Fernando Perez Miles yang merupakan penggemar The Beatles. Menurut Fernando, ia telah menunggu sekian lama untuk memberikan nama Lennon kepada spesies yang ditemukannya. Tarantula baru ini memiliki ukuran 1,3 inci.


2Sclerobunus steinmanni

spesiesbaru2

Spesies ini baru saja ditemukan oleh David Steinman, seorang biologis, di Colorado. Binatang kecil ini berwarna emas dan dinamai Sclerobunus steinmanni. Spesies ini tepatnya ditemukan di sebuah tempat di Cave of the Winds.


1Atlantic Coast Leopard Frog

spesiesbaru1

Spesies baru ini adalah sejenis katak berwarna hijau dengan bintik-bintik hitam di sekujur tubuhnya. Hewan ini ditemukan setelah mendengar suaranya yang berbeda dari katak lainnya. Setelah dikonfirmasi dengan analisis DNA, tim peneliti memutuskan bahwa ini adalah spesies baru.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of