Dunia & Peristiwa Traveling

Wow! Ini Nih 10 Masjid Paling Megah di Dunia

Sebagai rumah ibadah, tentu saja umat Islam ingin membangun masjid dengan suasana yang senyaman mungkin dan tampak sangat indah. Alhasil berbagai bangunan masjid yang megah pun berdiri. Bahkan, tak sedikit masjid yang tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi tujuan wisata. Nah, 10 masjid berikuti ini ternyata menjadi paling megah di dunia.


10Masjid Badshahi (Pakistan)

Berada di Lahore, Pakistan, Masjid Badshahi, atau dikenal juga ‘Masjid Kaisar’ ini memiliki keindahan, semangat dan keagungan era Kesultanan Mughal, bergayakan arsitektur Islam dan Mughal. Dengan daya tampung 10 ribu jamaah di ruang utama dan 100 ribu jamaah di halaman, tak salah jika masjid ini jadi masjid terbesar kedua di negaranya dan Asia Selatan.


9Masjid Imam Reza (Iran)

Dinamakan Masjid Imam Reza, di dalam kompleks masjid yang berada di Mashhad, Iran ini terdapat makam Imam Reza, yang merupakan imam Syiah Imamiyah ke-8. Selain itu, ada pula museum, perpustakaan, empat ruang seminar, Universitas Ilmu Islam Razavi, ruang doa, ruang makan, dan bangunan lainnya. Tak heran masjid ini jadi salah satu terbesar di dunia.


8Masjid Faisal (Pakistan)

Masjid ini memiliki kubah berbentuk lancip, dengan empat menara tinggi pada setiap sudut bangunan. Masjid yang terletak di Islamabadad, ibukota Pakistan ini selesai pada 1986 oleh arsitek asal Turki Vedat Dalokay, dengan arsitektur bergaya Asia Selatan, Arab, dan Turki. Pembangunannya dibantu Raja Arab Faisal bin Abdul Aziz, sehingga dimanakan Masjid Faisal.


7Masjid Syeikh Zayed (Uni Emirat Arab)

Sejak awal, masjid yang terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab ini memang telah dirancang sebagai salah satu masjid terindah di dunia. Lantainya saja terbuat dari marmer pualam yang bercorak sangat cantik, dan dilapisi karpet mewah, serta dilengkapi dengan interior lainnya yang megah. Bangunannya pun dipercantik dengan keberadaan menara tinggi dan 82 kubah.


6Masjid Hassan II (Maroko)

Dirancang oleh arsitek Prancis Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygeus, Masjid Hassan II di Maroko ini bergayakan arsitektur Moor, sehingga menjadi salah satu masjid termegah di Afrika. Bangunannya dilengkapi menara masjid setinggi 210 meter, dan dibangun di pinggir Samudera Atlantik dengan pemandangan indah, sehingga seolah-olah mengapung di lautan.


5Masjid Jama (India)

Sebagai masjid utama di kawasan Delhi, India, Masjid Jama, atau dikenal juga dengan nama Masjid-i Jahan-Numa, India ini berdiri pada 1656 pada masa Kaisar Mughal Syah Jehan, yang juga membangun Taj Mahal. Selain dua menara dan tiga kubah yang membuatnya tampak indah, juga ada peninggalan salinan antik Al-Qur’an pada kulit rusa di lemari gerbang utara.


4Masjid Ahmet Camii (Turki)

Disebut dengan Masjid Biru atau blue mosque, masjid terbesar di Istanbul, Turki ini dulunya memang berwarna biru, meski kini sudah tidak lagi. Masjid Ahmed Camii, atau dikenal juga Masjid Sultan Ahmed ini dikelilingi enam menara dengan kubah besar berdiameter 23 meter dan tinggi 43 meter, serta memiliki 260 jendela. Sedang interior berhias kaligrafi yang indah.


3Masjid Al Aqsa (Palestina)

Dengan kubah besar berwarna emas dan bangunan yang didominasi warna biru, Masjid Al Aqsha memang terlihat sangat megah. Masjid di Palestina ini merupakan tempat ibadah utama ketiga bagi umat Islam, setelah Masjid Al Haram dan Masjid Nabawi. Masjid ini juga tercatat dalam perjalanan bersejarah Nabi Muhammad SAW, dikenal sebagai Isra’ Mi’raj.


2Masjid Nabawi (Arab Saudi)

Merupakan masjid kedua yang dibangun Nabi Muhammad SAW, setelah Masjid Quba yang terletak tak jauh di tenggara Madinah, Arab Saudi. Masjid Nabawi jadi masjid kedua terbesar di dunia setelah Masjid Al-Haram di Mekkah. Kemegahannya tampak pada 27 kubah yang dimilikinya, di mana di bawah salah satu kubah itu terdapat makam Nabi Muhammad SAW.


1Masjid Al Haram (Arab Saudi)

Mampu menampung hingga empat juta jamaah, terutama pada musim haji, tak salah jika Masjid Al Haram menjadi masih terbesar di dunia, dengan luas 990,4 hektar. Di dalamnya terdapat bangunan Ka’bah yang menjadi arah kiblat dalam shalat bagi umat Islam di seluruh dunia. Masjid ini memiliki menara pencakar langit dengan 492 tiang berbahar marmer indah.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry