Flora & Fauna

Wow, Inilah 10 Hewan Yang Suka Melakukan Pembantaian!

Dalam dunia hewan, memangsa dan dimangsa adalah hal yang wajar dan biasa terjadi sebagai upaya mereka dalam bertahan hidup didalam rantai makanan, dimana memang para karnivoralah yang selalu mengambil peran sebagai pemangsa.

Selain membunuh mangsanya, ternyata ada juga hewan-hewan yang suka melakukan pembantaian, dengan jumlah korban yang cukup banyak terkadang berakhir dengan tanpa memakan satupun dari korban yang dibunuhnya. Banyak alasan yang menjadi motif dari pembunuhan ini, bahkan hanya untuk sekedar keisengan saja.


10Rubah

Rubah adalah salah satu hewan karnivora yang memiliki penampilan yang lucu, dimana hewan ini sering sekali digambarkan oleh para pembuat komik dan film dengan tampilan yang lucu dan menggemaskan. Dengan tubuhnya yang kecil, rubah pun dikenal sebagai hewan yang mampu bergerak lincah dan berlari cepat.

Namun rubah ternyata memiliki sisi lain yang bakal membuat kalian tercengang. Rubah sangat suka membantai hewan-hewan kecil dan yang biasa menjadi mangsanya. Mereka membunuh mereka dalam jumlah yang cukup banyak dan hanya memakan beberapa dari korbannya, bahkan tidak memakannya sama sekali!

Salah satu pembantaian yang diketahui telah dilakukan oleh rubah adalah terjadinya pembantaian 70 pinguin di Middle Island pada tahun 2006, sebelum musim kawin para pinguin tiba. Pada tahun 2006, diketahui kalau pulau ini memiliki 182 pinguin, dimana serangan rubah ini telah memusnahkan lebih dari 30 persen populasi pinguin.

Dari jumlah korban yang ditemukan, tampaknya para pinguin malang ini telah mati sia-sia karena ulah rubah yang hanya ingin bersenang – senang atau sekedar berolahraga saja. Kejam sekali.


9Burung Hantu

Burung hantu adalah salah satu burung karnivora yang aktif mencari makanan di malam hari. Burung ini pun memiliki kemampuan unik dengan mampu memutar kepalanya mencapai 270 derajat sampai 360 derajat. Banyak jenis dari burung hantu yang menjadi peliharaan, mereka tampak keren seperti pokemon dan bertubuh kokoh seperti elang.

Selain dijadikan peliharaan, burung hantu pun mulai dijadikan sebagai penolong para petani dalam membasmi hama tikus, dimana hewan ini sangat suka sekali memangsa dan membantai tikus. Sebanyak apapun tikus di sawah, burung hantu akan membunuh semua tikus yang bisa mereka temui tanpa memakannya. Burung ini pun mampu mendengar suara tikus hingga jarak 500 meter atau lebih yang menjadikan burung ini sebagai pembasmi alami tikus yang luar biasa.


8Serigala

Serigala adalah salah satu hewan karnivora yang menjalani hidup dalam kelompok yang baisanya berisikan sekitar 5 – 11 anggota. Dengan kecepatan dan koordinasi antar anggota kelompok, Serigala hampir selalu berhasil dalam melakukan perburuan. Hewan ini bisa kita jumpai dipegunungan, padang rumput, hutan, bahkan wilayah bersalju. 

Untuk urusan pembantaian, jangan pernah meragukan para Serigala, sudah banyak sekali berita yang melaporkan pembantaian terhadap hewan – hewan ternak oleh sekelompok Serigala. Salah satunya adalah pemberitaan mengenai pembantaian domba ternak di Idaho. Diketahui kalau kelompok srigala ini telah membantai sekitar 70 domba, lebih banyak dari jumlah yang bisa mereka makan. Selain untuk dimakan, kemungkinan pembantaian ini dilakukan oleh kelompok serigala sebagai kegiatan berolah raga atau bersenang-senang saja.


7Cerpelai

Dengan tubuhnya yang mungil dan lucu, mungkin anda akan sempat berfikir kalau cerpelai adalah hewan jinak yang akan mendekati anda saat anda menawarkan mereka kacang? Tapi jangan sampai kalian mencobanya ya, karena cerpelai adalah salah satu mamalia kecil yang sangat suka membunuh dan membantai hewan lain hanya demi makanan ataupun keisengan saja.

Di Dunadin, New Zealand, cerpelai telah menjadi tersangka utama atas kematian 30 ekor pinguin biru kecil. Dalam autopsi yang dilakukan oleh Department of Conversation (DOC), mereka menemukan kalau para pinguin malang ini diserang dengan gigitan dibagian kepala ataupun leher mereka, sehingga tubuh mereka tetap utuh tanpa luka. Penyerangan ini lebih mirip seperti sebuah pembantaian untuk sekedar berolahraga dan bersenang – senang jika dibandingankan dengan sebuah perburuan makanan.

Cerpelai juga adalah hewan yang dikenal dengan insting alami mereka untuk mencoba menyerang hewan apa saja yang mereka temui, bahkan jika hewan tersebut memiliki ukuran yang lebih besar dari dirinya. Monster kecil yang menakutkan ya.


6Japanese Giant Hornet

Jiwa pembantai pun ternyata tidak hanya dimiliki oleh hewan – hewan berukuran besar, dimana beberapa hewan kecil dalam dunia serangga pun juga memilikinya. Salah satu serangga yang suka membantai ini adalah Japanese Giant Hornet, lebah berukuran besar ini suka menyerang sarang dari lebah madu dan membantai seluruh koloni untuk dijadikan santapan yang bernutrisi tinggi.

Salah satu pembantaian hornet terhadap lebah madu terekam dalam sebuah film dokumenter National Geographic, tampak ada sekitar 30 hornet yang menyerang sarang berisikan 30.000 lebah madu. Dengan jumlah yang tidak mencapai 1% dari lawannya, Hornet mampu membantai kawanan lebah madu ini tanpa mendapat perlawanan yang berarti. Dengan beringas mereka membunuh para lebah madu dewasa dan juga memangsa larva – larva mereka. Sebuah pemandangan yang mengenaskan.


5Anjing Hutan

Pasti banyak dari kalian yang telah mengetahui hewan yang satu ini! Anjing hutan adalah hewan yang menjadi salah satu karakter bintang dalam kartun Wile E. Coyote and The Road Runner di Looney Tunes. Hewan asli Amerika Utara ini masihlah berkerabat dengan anjing rumahan dan serigala. Perbedaan mencolok dari anjing hutan dengan para kerabatnya dapat kita lihat dari bentuk telinganya yang panjang dan lancip, ia pun memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dan ramping dari pada serigala. Dengan tubuhnya yang ramping, anjing hutan mampu mengejar mangsanya dengan kecepatan mencapai 69 km/ jam.

Meski hewan ini tidak sekuat dan segagah serigala, namun hewan ini pun ternyata juga memiliki jiwa pembantai didalam dirinya. Diketahui kalau hewan yang satu ini telah melakukan banyak pembantaian terhadap kalkun di peternakan kalkun di Nebraska  selama tahun 1976-1977. Dari hasil pemeriksaan, telah ditemukan bekas gigitan anjing hutan pada bangkai – bangkai kalkun, dimana hal ini menandakan kalau anjing hutan tidak memakan semua kalkun yang dibunuhnya. Telah ada ratusan kalkun yang dibunuh oleh anjing hutan dalam kurun waktu tersebut, yang cukup memberikan kerugian dan ketakutan bagi para peternak kalkun.


4Simpanse

Simpanse adalah salah satu primata yang memiliki kecerdasan dan mampu meniru tingkah laku manusia.

Di alam liar, simpanse biasanya hidup bersama dalam kelompok dan teritorial tertentu untuk tempat tinggal dan pencarian sumber makanan. Mereka akan sangat agresif sekali jika teritori mereka dimasuki oleh kelompok simpanse lain, yang tak jarang akan menjadi sebuah peperangan tak terelakan yang ganas dan brutal.

Pembantaian pun pasti terjadi didalam peperangan antar kelompok ini, dimana anggota kelompok yang menang akan membunuh dan menyiksa, bahkan memakan anggota kelompok lawan yang masih hidup, baik yang dewasa ataupun bayi mereka. Hal ini tampak sangat mengerikan jika kita terbiasa melihat simpanse yang duduk manis sambil memakan buah – buahan dan jarang sekali memakan daging, terlebih lagi kanibal!


3Macan Dahan

Tidak seperti macan tutul, macan dahan memiliki panjang tubuh yang tidak begitu besar, kurang dari satu meter. Meski hewan ini tampak seperti kucing besar yang gemuk, namun hal ini tidak mengubah fakta kalau macan dahan adalah salah satu karnivora yang suka sekali membantai mangsanya.

Dalam satu peristiwa, macan dahan telah menjadi dalang dibalik pembantaian domba – domba milik warga di Kampung Gamin Hilir, Negri Sembilan, Malaysia. Berdasarkan laporan warga, macan dahan ini telah membantai lebih dari 5 domba dalam satu perburuan, dilaporkan juga kalau domba – domba itu hanya terbunuh yang berarti macan dahan hanya membantai para domba dan tidak memakan semuanya.


2Ikan Biru

Ikan biru (Bukan si Dory loh!) bisa dijumpai hampir diseluruh perairan dunia, baik itu di perairan tropis maupun perairan subtropis. Ikan dengan warna yang sesuai dengan namanya ini dapat tumbuh hingga mencapai 18 cm dan biasa hidup dan berburu mangsa dalam kelompok.

Tidak seperti kebanyakan ikan berkelompok lainnya yang hanya berburu untuk memakan mangsanya, ikan biru sering masuk kedalam gerombolan ikan kecil dan membantai apa saja yang ada disekitar mereka. Mereka bahkan akan menyerang dengan ganas dan liar mangsa mereka tanpa benar – benar memakannya. Diketahui juga kalau ikan ini pernah mengigit tangan nelayan dan mengakibatkan luka yang cukup parah. Benar – benar ikan yang mengerikan.


1Musang Madu

Hewan yang berasal dari keluarga Mustelid ini sangat dikenal oleh banyak orang sebagai hewan yang berani melawan ular dan singa, hal ini dapat kita lihat di banyaknya video yang tersebar diYoutube yang menggambarkan betapa beraninya hewan satu ini menghadapi hewan – hewan yang paling ditakuti oleh manusia tanpa rasa takut. Bukan tanpa alasan, Musang Madu secara alami telah dipersenjatai oleh gigi dan cakar yang tajam serta kulit yang tebal, sehingga ia mampu menyerang mereka dengan fatal dan menahan segala serangan mereka dengan luka yang tidak begitu berarti (Keren kan).

Selain memiliki keberanian yang tinggi, Musang Madu pun ternyata adalah salah satu hewan yang sangat suka membantai. Musang Madu adalah ancaman serius bagi para peternak unggas. Dengan kekuatan dan keganasannya, Musang Madu dilaporkan telah menyerang kandang – kandang unggas milik warga dan membantai sekitar 17 bebek dan 26 ayam. Dan fakta mengejutkan lainnya mengenai hewan ini adalah mereka suka sekali menggali kuburan manusia!

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of