Olah Raga

Wow, Inilah 10 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia!

Sepak bola memang menjadi salah satu cabang olah raga yang paling terkenal di muka bumi. Penggemarnya ada di mana-mana; mulai dari anak-anak hingga orang tua, tak hanya laki-laki tetapi juga kaum wanita, dan tidak terbatas ruang dan waktu. Tak salah jika menyebut sepak bola sebagai olah raga yang paling merakyat di seluruh dunia, karena banyak yang menyukai.

Begitu pula di Indonesia, ada banyak sekali penggemar sepak bola fanatik di negeri ini. Untuk mendukung perkembangan sepak bola dan memanjakan penggemarnya di Tanah Air, maka dibangun stadion besar yang kemudian dinamakan Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Nah, ternyata Stadion GBK termasuk dalam 10 stadion sepak bola terbesar di dunia berikut ini.


10Stadion Borg El Arab (Mesir)

Stadion yang berlokasi di kota Borg El Arab dalam wilayah Alexandria, Mesir ini dibuka pada tahun 2007 silam, setelah dibangun sejak tahun 2006. Dengan kapasitas mencapai 86 ribu penonton, Stadion Borg El Arab ini jadi stadion terbesar di Mesi dan yang kedua di Afrika.


9Stadion Gelora Bung Karno (Indonesia)

Inilah stadion kebanggaan bangsa Indonesia, Stadion Gelora Bung Karno atau biasa dikenal Stadion GBK. Dibangun tahun 1960 pada era Presiden Soekarno dengan arsitek Frederich Silaban dan selesai dua tahun kemudian, stadion ini mampu menampung 88.083 penonton.


8Stadion Wembley (Inggris)

Bisa diisi hingga 90 ribu penonton, Stadion Wembley menjadi stadion terbesar di kawasan Britania Raya dan terbesar kedua di Benua Eropa. Stadion yang terletak di London Borought of Bent ini merupakan markas bagi tim nasional sepak bola Inggris saat menjamu negara lain.


7Stadion Rose Bowl (Amerika Serikat)

Pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 1994, stadion ini bisa dibilang paling legendaris di Amerika Serikat. Stadion yang berada di Pasadena, California ini mampu menampung hingga 94 ribu penonton, dan menjadi stadion kedua terbesar di Benua Amerika hingga saat ini.


6Stadion First National Bank (Afrika Selatan)

Lebih dikenal dengan nama Stadion FNB, stadion ini merupakan stadion terbesar di Benua Afrika dengan kapasitas mencapai 94.736 penonton. Stadion ini terletak di Johannesburg, ibu kota Afrika Selatan dan pernah menjadi tempat penyelenggaraan final Piala Dunia 2010.


5Stadion Camp Nou (Spanyol)

Markas klub sepak bola besar asal Spanyol, Barcelona ini dibangun pada tahun 1957, dan lalu diperluas pada tahun 1982, sehingga kini bisa menampung 99.786 penonton. Stadion Camp Nou pun jadi stadion terbesar di Eropa, dan pernah menggelar laga Piala Dunia 1982.


4Stadion Azadi (Iran)

Menjadi stadion kebanggaan masyarakat Iran, stadion ini sempat berganti nama dari Stadion Aryamehr menjadi Stadion Azadi hingga saat ini. Dibangun selama tiga tahun sejak tahun 1970, stadion yang berlokadi di Teheran, Iran ini memiliki kapasitas 100 ribu tempat duduk.


3Stadion Azteca (Meksiko)

Sebagai tanda penghormatan kepada suku bangsa Aztec, maka sebuah stadion di Meksiko yang dibangun pada tahun 1961 diberi nama Stadion Azteca. Stadion berkapasitas 105.064 penonton dibuka tahun 1966, serta pernah menggelar laga final Piala Dunia 1970 dan 1986.


2Stadion Nasional Bukit Jalil (Malaysia)

Memiliki kapasitas 110 ribu tempat duduk, Stadion Nasional Bukit Jalil milik Malaysia yang berdiri pada tahun 1996 ini menjadi stadion terbesar di Asia Tenggara setelah diperluas pada tahun 1998. Stadion ini pun pernah terpilih menjadi venue pertandingan Piala Asia 2007 lalu.


1Stadion Salt Lake (India)

India memang hanyalah negara antah berantah dalam dunia sepakbola internasional, meski saat ini sudah banyak mantan pemain kelas dunia yang berkompetisi di sana. Namun sejak tahun 2011, Stadion Salt Lake yang berada di Kolkata, West Bengal, India menjadi stadion terbesar di dunia kapasitas penonton mencapai 120 ribu kursi. Stadion yang memiliki nama resmi Stadion Yuva Bharati Krirangan berdiri pada tahun 1984 dan sudah tiga kali direnovasi.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry