Dunia Medis Flora & Fauna Kuliner

Wow! Inilah Daftar 10 Makanan Super Bergizi Di Masa Depan

Seperti apakah definisi makanan bergizi bagi Anda? Apakah makanan dengan kandungan empat sehat lima sempurna, atau makanan tak berlemak dan minim kolesterol? Mungkin, selama bersekolah kita belajar makanan apa saja yang sebaiknya dimakan dan dihindari.

Namun dimasa depan, akan terdapat perubahan perilaku manusia dalam memilih makanannya. Manusia pun akan cenderung memilih makanan organik bebas pestisida dan bahan kimia. Makanan super bergizi ini sendiri dipersiapkan untuk menyuplai kebutuhan nutrisi manusia.

Dalam proses perkembangannya, makanan super bergizi diteliti dan dikembangkan dengan bantuan teknologi. Makanan super bergizi ini sendiri mengandung protein kompleks, antioksidan, polisakarida untuk menstimulasi imun tubuh, dan lain sebagainya.

Lantas, makanan super bergizi apa sajakah yang akan diprediksi menjadi tren konsumsi pangan dimasa depan?


10Chlorella

makananbergizimasadepan10

Chlorella adalah ganggang yang tumbuh di air yang memiliki banyak kandungan klorofil yang berguna untuk kesehatan tubuh. Chlorella dapat membantu mengurangi racun-racun dalam tubuh, mendukung fungsi otak dan hati, dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Chlorella dapat membantu dan mencegah kanker, diabetes, anemia, dan lain-lain. Namun sayangnya, Chlorella tidak dapat dikonsumsi bagi seseorang dengan kondisi fisik tertentu.


9Maca

makananbergizimasadepan9

Maca adalah kelompok tanaman Cruciferous family yang termasuk didalamnya adalah kubis, brokoli, lobak, dan lain-lain. Maca sendiri tumbuh dari akarnya. Saat didalam tanah, Maca memiliki diameter yang lebih besar 2-3 inci dibandingkan dengan lobak. Maca tumbuh di suhu dingin yang ekstrim dari 17o C hingga ( – 10o C).

Karena tumbuh di suhu yang ekstrim tersebut, Maca berpotensi menjadi makanan super bergizi dimasa depan terutama bagi mereka yang tinggal di lingkungan yang dingin.

Maca sendiri digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kesuburan pada manusia dan binatang. Maca yang disebut – sebut sebagai makanan super bergizi ini dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh, kadar oksigen dalam darah, dan libido. Maca juga aman dikonsumsi dan dapat dikombinasikan dengan makanan lain.


8Lidah Buaya

makananbergizimasadepan8

Khasiat lidah buaya ternyata sudah dimanfaatkan sejak zaman Mesir kuno. Lidah buaya juga tidak sulit untuk ditemukan. Seringkali lidah buaya dimanfaatkan untuk kesehatan rambut. Gel dalam lidah buaya ternyata mengandung vitamin, A, C, dan E, selenium, magnesium, kalsium, dan antioksidan.

Tidak hanya untuk kecantikan dan kesehatan rambut saja, lidah buaya juga dapat menangkal penyakit kanker dan jantung. Selain itu, lidah buaya dapat membantu ginjal tetap sehat. Konsumsi lidah buaya saat ini sudah bervariatif dan mengalami perkembangan. Bahkan, lidah buaya sering dikombinasikan dengan coklat dan bee pollen saat dimakan. Bahkan, dibeberapa negara tidak sulit menemukan minuman lidah buaya yang pada umumnya dikombinasikan dengan jeruk dan strawberry


7Bee Pollen

makananbergizimasadepan7

Madu adalah minuman terbaik kedua d dunia setelah ASI. Selain madu, produk lebah lain yang tak kalah bergizi tinggi adalah pollen, propolis, dan royal jelly. Mengkonsumsi secara rutin turunan produk lebah sangat dianjurkan dan direkomendasikan.

Tidak hanya madu, bee pollen juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah. Bee pollen mengandung vitamin B9 dan dua puluh satu macam asam amino yang berguna bagi tubuh. Rasanya pun enak dan tidak ribet untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi turunan produk lebah secara rutin juga dapat membuat tubuh sehat dan meningkatkan usia harapan hidup.


6Goji Berries

makananbergizimasadepan6

Buah Goji Berries memiliki karakteristik umum berwarna merah. Buah ini dapat dikategorikan sebagai buah ‘kering’. Rasanya adalah perpaduan antara buah cranberry dan cherry. Konsumsi goji berries yang dianjurkan adalah 15-45 gram per harinya. Selain dapat dimakan langsung, goji berries juga dapat dijadikan sebagai campuran smoothies dan jus.

Goji berries sendiri memiliki efek ‘terapi’ dan merilekskan tubuh manusia. Bahkan, goji beeries disebut-sebut sebagai buah berry kaya vitamin di seluruh dunia. Buah ini juga cocok untuk dikonsumsi untuk semua kalangan dalam berbagai kondisi fisik. Goji berries juga mengandung lebih dari 21 kandungan mineral sebaik vitamin B.

Konsumsi goji berries pun dapat dikreasikan. Salah satunya adalah dengan membuatnya menjadi selai maupun pendamping roti.


5Coklat

makananbergizimasadepan5

Sebagian besar individu pada umumnya menyuka coklat. Baik sebagai bahan campuran kue maupun es krim. Bahkan, olahan snack coklat batangan yang kini beredar di supermarket dipercaya memiliki kandungan zat tertentu yang dapat mengembalikan suasana hati seseorang.

Coklat memiliki berbagai macam kandungan seperti Zinc, Mangan, Vitamin C, dan lain-lain. Namun, tidak semua orang dapat mengkonsumsi coklat karena dalam beberapa situasi tertentu individu akan alergi jika makan coklat.

Tidak hanya dikonsumsi sebagai cemilan saja, konsumsi coklat kini dapat dikombinasikan dengan sayur. Misalnya Chocolate Tortillas, yaitu makanan dengan campuran lemon, coklat, dan sayuran yang lainnya.


4AFA Blue Green Algae

makananbergizimasadepan4

AFA Blue Green Algae memiliki nama latin Aphanizomenon flos-aquae atau disebut juga dengan Klamath Lake blue green algae. Disebut pula dengan ganggang hijau biru Klamath karena ganggang ini disortir, dipanen, dan dibersihkan di kawasan Klamath bahkan dikonsumsi sejak tahun 1970 an.

AFA Blue Green Algae hidup dilingkungan yang liar dibandingkan dengan Spirulina. Keunggulan AFA blue green algae dibandingkan dengan Spirulina adalah kandungan mineral dan klorofilnya yang lebih tinggi. Kandungan mineralnya yang tinggi dapat membantu proses pembentukan jaringan dalam tulang, gigi, rambut, kuku, kulit, dan organ-organ dalam seperti sistem saraf dan sistem imun pada tubuh.


3Hempseed

makananbergizimasadepan3

Hemp adalah tanaman yang termasuk dalam famili Moraceae. Hempseed merupakan sumber protein yang kopleks. Selain itu, ia mengandung banyak mineral. Sementara daun Hemp, sering digunakan sebagai bahan aneka macam produk kecantikan seperti perawatan kulit dan rambut.

Selama ini, hempseed dapat dimakan langsung seperti makan snack. Hempseed juga dapat dijadikan salad. Bahkan, Anda dapat membuat Hemp Milk dengan campuran susu, vanilla, dan hempseed.


2Spirulina

makananbergizimasadepan2

Spirulina adalah salah satu jenis ganggang yang disebut juga sebagai ‘Queen Protein’. Spirulina memiliki bentuk spiral. Warna hijau spirulina dipengaruhi oleh klorofil, sedangkan warna birunya dipengaruhi oleh phycocyanin. Spirulina memiliki banyak kandungan gizi dan kaya akan manfaat. Sebut saja vitamin A (beta-caroten), B1, B2, B6, E, dan K. Selain itu, ia juga mengandung phycocyanin yang dapat membantu membangun kesehatan tubuh. Kadar protein yang terkandung dalam Spirulina sendiri adalah 65-71 persen.

Spirulina sendiri tidak perlu dimasak. Ia dapat dikonsumsi dengan cara dikombinasikan dengan makanan lain. Misalnya saja salad, smoothies, maupun jus buah.


1Susu Kecoak

makananbergizimasadepan1

Belakangan ini, publik dihebohkan dengan publikasi penelitian yang mengemukakan bahwa susu kecoak mengandung gizi yang tinggi. Susu kecoak tersebut disebut-sebut memiliki kandungan protein yang kompleks, gula, dan lemak.

Publik pasti akan terheran-heran bagaimana bisa kecoak yang merupakan hewan insekta dapat menghasilkan susu. Ternyata, terdapat satu spesies kecoak yang berkembang biak dengan cara melahirkan yaitu Diploptera punctate. Susu kecoak ini sebenarnya adalah kristal-kristal protein yang diberikan induk kecoak untuk bayinya.

Kandungan susu kecoak ini sendiri disebut-sebut memiliki jumlah kandungan energi tiga hingga empat kali lipat dibandingkan dengan susu kerbau dan susu sapi. Susu kecoak ini juga mengandung insulin yang berguna bagi tubuh.

Hingga saat ini, penemuan tersebut masih terus dikembangkan supaya dapat diproduksi dan dikonsumsi secara massal.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of